6 masakan khas Batak dengan cita rasa yang unik dan menggoda, ada yang mirip dengan Pecel Lele.

Fikrirasy.ID – Indonesia dikenal dengan banyak makanan khas lokal yang sangat lezat. Termasuk makanan khas Batak yang bisa Anda temukan saat berkunjung ke Sumatera Utara. Kami merekomendasikan makanan khas Batak yang bisa Anda cicipi di Tanah Batak!

1. Thomber

Thomber.  (memasak tv)
Thomber. (memasak tv)

Tombur adalah salah satu makanan khas Batak yang berasal dari Tapanuli. Hidangan tradisional yang dibuat dengan cara membakar ikan lele atau ikan nila. Ikan bakar pedas ini kemudian disajikan dengan nasi hangat dan sambal matah. Penyajiannya mirip dengan lele penyet atau pecel lele.

2. Ikan Mas Arsik

Baca juga:
4 Makanan yang Diperkaya Libido untuk Meningkatkan Kekuatan

Ilustrasi ikan Arsik. [Akun IG inayulyant]
Ilustrasi ikan Arsik. [Akun IG inayulyant]

Memperkenalkan makanan khas Batak Medan, Sumatera Utara. Makanan ini setara dengan menggunakan ikan mas sebagai bahan utamanya. Ikan mas direbus dan diproses dengan bumbu kuning yang berasal dari berbagai rempah-rempah yang hangat dan kuat. Makanan ini telah menjadi simbol budaya kuliner di Batak.

3. Dali Ni Horvo

Dali Ni Horbo, masakan khas Batak.  (Instagram/@dapursikongok)
Dali ni horbo, masakan khas Batak. (Instagram/@dapursikongok)

Makanan khas Batak ini biasanya terlihat seperti tahu, namun sebenarnya adalah susu kerbau yang kental. Makanan bataktoba yang paling banyak dicari ini memiliki cita rasa yang unik dan khas. Sangat jarang menemukan hidangan eksotis yang sedikit pahit namun menggugah selera. Hidangan ini bisa Anda temukan di sekitar wilayah Porsea, Laguboti dan Balige.

4. Membran Miego

Mie gendang telinga. [Hops.id]
Mie gendang telinga. [Hops.id]

Mie Gomak adalah masakan berkuah yang rasanya khas Batak Toba atau sering disebut Spaghetti Batak. Bahan utamanya adalah mie stik yang direbus dengan kuah santan kuning yang sudah dibumbui. Dalam penyajiannya, mie tympanum biasanya ditambahkan bersama telur rebus.

Baca juga:
Tipat Cantok, makanan khas Bali mulai dari Rp 5000

5. bekerja

Baca Juga:  Itu bisa membuat Anda merasa buruk. Berikut 5 pertanyaan yang harus dihindari saat mengobrol.

Saksang adalah makanan khas Batak non halal yang biasa disajikan di berbagai acara adat masyarakat Batak. Memasak dengan paduan rempah-rempah seperti andaliman memberikan rasa yang lebih kaya dan gurih pada daging babi.

6. Naniura

Naniura adalah makanan khas Batak Toba yang sangat unik. Suatu bentuk tuna mentah yang dimasak tanpa api. Cincang halus tuna, keluarkan dari sisik, dan rendam dengan air jeruk nipis dan bumbu seperti andaliman, bawang merah, bawang putih dan dedak kecap. Rasanya lebih enak dari sashimi karena dibumbui dengan bumbu yang lengkap. Wah, sashimi Indonesia yang satu ini wajib dicoba!



Terimakasih Ya sudah membaca artikel 6 masakan khas Batak dengan cita rasa yang unik dan menggoda, ada yang mirip dengan Pecel Lele.

Dari Situs Fikrirasy ID

Leave a Comment