Mengapa Tubuh Kita Butuh Asupan Protein

fikrirasy.id – Mengapa Tubuh Kita Butuh Asupan Protein. Protein adalah suplemen penting bagi tubuh. Dengan cara ini, asupan protein harus dipenuhi secara konsisten. Asupan sumber makanan yang mengandung protein sangat dibutuhkan oleh segala usia, termasuk anak muda hingga orang tua.

Ada berbagai sumber makanan yang mengandung protein, mulai dari protein hewani dan protein nabati. Oya, untuk apa tubuh membutuhkan konsumsi protein? Inilah klarifikasinya.

1. Protein

Protein merupakan salah satu dari tiga makronutrien, menjadi suplemen khusus yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah sangat banyak. MedlinePlus memahami bahwa protein adalah blok struktur yang dapat dilacak di setiap sel dalam tubuh. Protein terbuat dari rantai asam amino.

Saat diproses, varietas makanan berprotein akan dipisahkan menjadi struktur yang kurang kompleks yang disebut asam amino. Tubuh membutuhkan berbagai asam amino dalam jumlah yang cukup untuk menjaga kesehatan.

2. Jenis asam amino

Ada tiga jenis asam amino, khususnya asam amino fundamental, asam amino berlebih, dan asam amino kontingen. Asam amino fundamental tidak dapat dipasok oleh tubuh, sehingga harus didapatkan dari makanan.

Ada sembilan asam amino dasar, khususnya histidin, isoleusin, leusin, lisin, metionin, fenilalanin, treonin, triptofan, dan valin.

Sementara itu, asam amino sepele dapat dibuat oleh tubuh. Asam amino esensial termasuk alanin, arginin, asparagin, asam aspartat, sistein, asam glutamat, glutamin, glisin, prolin, serin, dan tirosin.

Ada juga asam amino kontingen, yaitu jenis asam amino yang dibutuhkan saat Anda lemah atau mengalami tekanan. Asam amino restriktif termasuk, arginin, sistein, glutamin, tirosin, glisin, ornitin, prolin, dan serin.

3. Kenapa tubuh butuh asupan protein?

Diumumkan oleh WebMD, tubuh membutuhkan protein agar tetap sehat dan berfungsi normal. Konsumsi protein yang kurang dari makanan dapat memicu kondisi medis, misalnya hilangnya jaringan otot.

Baca Juga:  Pembalut Mengandung Klorin Apakah Perlu Dihindari

Konsumsi protein dalam makanan sehari-hari membantu tubuh dalam memperbaiki sel dan membingkai sel baru. Protein juga memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak-anak, remaja dan wanita hamil.

4. Kebutuhan protein harian

Kebutuhan protein setiap orang itu unik, bergantung pada berat badan, olahraga yang dilakukan, kondisi kehamilan, dan lain-lain. Sesuai Pedoman Pendeta Kekuatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2019 tentang Anjuran Angka Kecukupan Gizi Bagi Orang Indonesia, rata-rata angka kecukupan protein bagi orang Indonesia adalah 57 gram per hari.

Normal Wellbeing menyebutkan bahwa sangat berarti untuk berkonsentrasi pada bahan lemak sambil memilih sumber protein. Ikan dan unggas tanpa kulit dipandang sebagai keputusan yang lebih disukai daripada daging merah.

5. Sumber makanan berprotein

Asam amino dapat ditemukan di berbagai sumber makanan hewani, seperti telur, ayam, daging, ikan, dan susu. Selain berasal dari produk hewani, asam amino juga dapat ditemukan pada produk nabati, antara lain kacang kedelai dan turunannya, kacang-kacangan dan sayuran.

Produk hewani dan nabati adalah sumber protein yang baik. Namun, mengkonsumsi hanya satu jenis tanaman tidak dapat mengatasi masalah asam amino. Makan bermacam-macam sumber protein sepanjang hari adalah cara paling ideal untuk memenuhi kebutuhan protein harian Anda.

Tubuh membutuhkan asupan protein untuk memperbaiki sel yang rusak dan membentuk sel baru. Protein juga berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan anak-anak, remaja dan wanita hamil. Untuk protein sehari-hari harus terpenuhi, sangat penting untuk mengkonsumsi berbagai macam sumber protein.