Bagaimana Kanker Bisa Menyebar ke Jaringan Tubuh Lain

fikrirasy.id – Bagaimana Kanker Bisa Menyebar ke Jaringan Tubuh Lain. Penyakit adalah infeksi yang dijelaskan oleh perkembangan sel yang cepat dan tidak terkendali. Sel-sel berbahaya ini dapat merusak sel-sel khas di sekitarnya.

Pada fase awalnya, pertumbuhan ganas biasanya mengisi satu titik. Namun, saat penyakit terus tumbuh dan berkembang, penyakit ini dapat menyebar ke bagian tubuh yang lebih jauh. Oya, bagaimana pertumbuhan ganas bisa menyebar ke jaringan tubuh lain?

1. Sel kanker

Healthline masuk akal bahwa tubuh terbuat dari triliunan sel. Seringkali, sel-sel yang sudah tua atau rusak akan mati dan kemudian digantikan oleh sel-sel baru.

Dalam beberapa kasus, DNA sel dirugikan sehingga sel menjadi aneh. Kerangka yang tidak rentan sebagian besar siap untuk menaklukkan berbagai sel aneh dari kerusakan tambahan.

Jika sistem kebal tidak dapat mengalahkan sel-sel aneh, maka sel-sel aneh terus tumbuh. Pertumbuhan yang tidak terkendali membuat sel-sel aneh menyerang jaringan di sekitarnya. Ada lebih dari 100 jenis penyakit yang diberi nama berdasarkan jaringan atau organ asalnya.

2. Sel kanker dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya

Eksplorasi Penyakit Inggris memahami bahwa area dasar dari susunan sel pertumbuhan ganas dikenal sebagai pertumbuhan ganas esensial. Sel-sel penyakit ini dapat menyebar ke berbagai bagian tubuh. Selain itu, sel-sel yang berbeda dapat berkembang dan membentuk sel-sel pertumbuhan di berbagai bagian tubuh. Diungkapkan oleh Public Malignant growth Foundation, cara paling umum penyebaran sel penyakit ke berbagai bagian tubuh disebut metastasis.

Ketika dianalisis, sel-sel penyakit yang mengisi jaringan baru memiliki kualitas yang sama dengan sel pertumbuhan ganas esensial. Dengan demikian, sel-sel pertumbuhan ganas ini dikenal setara dengan sel-sel penyakit esensial. Misalnya, penyakit payudara yang menyebar ke paru-paru masih disebut kanker payudara metastatik, bukan kerusakan sel di paru-paru meskipun sudah menyebar ke berbagai bagian tubuh.

Baca Juga:  5 Kebiasaan sebelum Sarapan yang Bisa Dongkrak Energi

3. Bagaimana kanker dapat menyebar ke jaringan lainnya?

Berbeda dengan sel biasa, sel penyakit tidak tinggal bersama. Eksplorasi Penyakit Inggris menjelaskan bahwa sel kanker juga dapat membuat zat yang menggerakkan sel penyakit untuk bergerak. Hal ini menyebabkan sel-sel penyakit dapat berkembang di luar tubuh di tempat yang seharusnya.

Sederhananya, menjauh dari sel-sel penyakit dapat menyebar ke berbagai bagian tubuh melalui pembuluh darah atau sistem limfatik. Selain itu, sel-sel ini berkembang membentuk jaringan kanker di berbagai bagian tubuh.

Interaksi saat berpindah ke jaringan tubuh lain sangat rumit dan sel-sel penyakit sebagian besar mengalami kematian. Namun, dalam keadaan tertentu, sel-sel pertumbuhan ganas dapat bertahan sehingga dapat membentuk kanker di berbagai jaringan tubuh.

4. Jenis kanker yang umum mengalami metastasis

Menurut Cleveland Center, ada beberapa penyakit yang paling sering mengalami metastasis, yaitu:

  • Pertumbuhan ganas payudara.
  • Pertumbuhan ganas prostat.
  • Kerusakan sel di paru-paru.
  • Penyakit ginjal.
  • Penyakit tiroid.
  • Penyakit usus besar.
  • Penyakit pankreas.
  • Penyakit tulang.
  • Penyakit jantung.

5. Di mana sel kanker paling sering menyebar?

Pertumbuhan ganas dapat menyebar ke hampir semua bagian tubuh. Meskipun demikian, ada jaringan yang paling sering menjadi tempat penyebaran sel-sel pertumbuhan ganas. Menurut Yayasan Kanker Publik, jaringan ini termasuk tulang, hati dan paru-paru.

Penyakit metastatik memiliki atribut yang mirip dengan pertumbuhan ganas pada jaringan di bawahnya tempat ia berkembang. Akibatnya, terapi penyakit metastatik mungkin bergantung pada area yang mendasari pertumbuhan ganas atau penyakit esensial.

Pertumbuhan ganas dapat menyebar ke berbagai bagian tubuh yang disebut metastasis. Hal ini karena sel penyakit dapat pecah dan menyebar ke jaringan tubuh lain melalui pembuluh darah atau sistem limfatik. Ketika sel-sel ini terbentuk, mereka tumbuh membentuk jaringan pertumbuhan di jaringan baru.