5 Manfaat Bunga Bugenvil untuk Kesehatan

fikrirasy.id – 5 Manfaat Bunga Bugenvil untuk Kesehatan. Bunga kertas atau bugenvil merupakan tanaman hias yang sangat terkenal di Indonesia. Tumbuhan yang termasuk dalam keluarga Nyctaginaceae ini memiliki bunga yang subur dengan varietas yang indah.

Selain dimanfaatkan sebagai tanaman hias karena keindahannya, bunga bugenvil juga dapat dimanfaatkan sebagai obat alami.

Bunga bugenvil sebagian besar dikonsumsi dengan membuat teh. Namun, itu juga bisa dimakan mentah, digoreng dengan pemukul, dan digunakan dalam minuman.

1. Kaya akan antioksidan

Penelitian di jurnal Exploration Diary of Restorative Plants melaporkan bahwa bunga bugenvil memiliki kandungan penguat sel yang bagus. Agen pencegahan kanker memainkan peran penting dalam melindungi tubuh dari berbagai penyakit dengan mengurangi kerusakan oksidatif pada komponen sel.

Kandungan agen pencegah kanker akan melindungi sel-sel tubuh dari keterbukaan terhadap revolusi bebas. Dengan perlindungan ini, maka akan mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan penyakit lain yang berhubungan dengan kerusakan sel.

2. Membantu menurunkan kadar gula darah

Sesuai artikel di Diary of Normal Cures, bugenvil mengandung pinitol. Senyawa ini diyakini memiliki efek seperti insulin dan berpotensi dibuat sebagai obat diabetes.

Penelitian yang diterbitkan dalam English Diary of Pharmacology mengungkapkan bahwa pengaturan sementara D-pinitol dapat menurunkan glukosa plasma pada hewan pengerat dengan diabetes.

Campuran ini juga meningkatkan penggunaan glukosa pada kera yang aman terhadap insulin.

3. Dapat meredakan batuk dan radang tenggorokan

Meminum air rebusan dari bunga kertas dipercaya dapat meredakan batuk. Diumumkan oleh DrHealthBenefit, bunga bugenvil memiliki sifat ekspektoran yang dapat membantu cairan tubuh keluar dari saluran pernapasan. Pengeluaran cairan tubuh ini dapat mempercepat penyembuhan luka.

Baca Juga:  6 Makanan dan Minuman yang Ampuh Mengurangi Nyeri Haid

Terlebih lagi, sifat pembasmi kuman bugenvil dapat mengobati sakit tenggorokan yang disebabkan oleh sensitivitas atau infeksi. Sifat disinfektan ini akan membantu mengatasi iritasi dan meringankan area sensitif.

4. Membantu mengatasi masalah pencernaan

Selain bisa mengobati radang tenggorokan dan sakit tenggorokan, ramuan bunga bugenvil bisa mengatasi masalah yang berhubungan dengan lambung. Menurut laman Wellbeing Alerts, campuran aktif dalam daun bugenvil memberikan efek menenangkan dan menenangkan pada perut.

Pola makan yang tidak sehat dan kontaminasi merupakan faktor penyebab masuknya zat yang tidak diinginkan ke dalam tubuh. Mengonsumsi teh bunga bugenvil dapat membantu membuang racun ini. Ini dapat menangani masalah seperti lari dan dapat mempercepat interaksi pemulihan.

5. Dapat digunakan sebagai pembersih kulit

Selain untuk dikonsumsi, bunga bugenvil juga bisa dimanfaatkan untuk pemakaian luar. Air rebusan bunga bugenvil dapat digunakan sebagai bahan pembersih yang dapat menjaga kesehatan kulit Anda.

Dirinci oleh DrHealthBenefit, sifat disinfektannya diyakini mampu membersihkan kulit secara mendalam dan mencegah peradangan kulit.

Bunga bugenvil memiliki berbagai manfaat kesehatan, seperti sebagai penguat sel, mengatasi radang tenggorokan dan sakit tenggorokan, hingga menjadi bahan kimia kulit. Anda bisa mendapatkan manfaat bugenvil dengan meminumnya atau menggunakan pancuran air.