Beberapa Bahaya Cahaya Biru untuk Kesehatan yang Harus Anda Waspadai

Risiko kesehatan dari cahaya biru sama sekali tidak ringan. Tertarik pada cahaya biru dapat merusak kesehatan Anda. Di era digital, penggunaan perangkat yang memancarkan cahaya biru, seperti smartphone dan komputer, sudah menjadi keseharian. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara detail bahaya cahaya biru bagi kesehatan kita secara umum.

Apa saja kemungkinan bahaya cahaya biru dan dapatkah filter cahaya biru yang saat ini digunakan pada kacamata dan lensa intraokular benar-benar melindungi mata dari bahaya cahaya biru? Ingin tahu jawabannya? Yuk simak informasi tentang bahaya cahaya biru berikut ini!

Bahaya cahaya biru: apa itu cahaya biru

Sebelum membahas lebih jauh bahaya cahaya biru, mari kita bahas dulu apa itu cahaya biru. Secara umum, cahaya biru merupakan salah satu sumber cahaya buatan yang digunakan saat ini, disebut juga Light Emitting Diode (LED). Karena ukurannya yang kecil, LED dapat digunakan untuk menampilkan berbagai perangkat elektronik, seperti smartphone, laptop, dan TV.

LED ini datang dalam berbagai warna. Namun, dari semua LED konvensional, ia memiliki spektrum cahaya biru (biru), yang biasanya memiliki panjang gelombang sekitar 450-470 nm. Gelombang ini sering disebut sebagai cahaya dengan panjang gelombang pendek, dan seiring waktu emisi cahaya biru dari LED dilaporkan meningkat.

Bahaya Cahaya Biru: Bagaimana Cahaya Biru Mempengaruhi Kesehatan Mata

Dari pemaparan informasi di atas, dapat disimpulkan bahwa paparan sinar biru yang berkepanjangan dapat menimbulkan risiko kesehatan. Seperti disebutkan sebelumnya, LED memiliki spektrum cahaya yang berbeda dari sumber cahaya lainnya.

Cahaya dari LED dapat dilihat langsung dengan mata, yang tentunya berbeda dengan proses membaca tradisional, dimana biasanya anda melihat pantulan cahaya pada buku atau kertas. Lantas, apa saja risiko sinar biru bagi kesehatan mata? Beberapa penelitian telah dilakukan untuk mempelajari risiko cahaya biru terhadap kesehatan mata, seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Bahaya Cahaya Biru: Interaksi Mata-Cahaya Umum

Risiko cahaya biru mempengaruhi kesehatan mata biasanya karena interaksi cahaya dengan mata. Padahal, cahaya dapat merusak mata Anda melalui tiga mekanisme. Yang pertama adalah fotomekanik, kemudian fototermal, dan akhirnya fotokimia.

Baca juga: 7 Keunggulan Tablet Yang Harus Anda Ketahui Dibandingkan Gadget Lain

Peningkatan cepat dalam energi yang diterima oleh epitel pigmen retina (RPE) pada mekanisme pertama atau fotomekanis dapat merusak RPE dan merusak fotoreseptor secara permanen. Sebaliknya, dalam mekanisme fototermal, paparan singkat terhadap cahaya yang kuat (100 ms hingga 10 detik) menyebabkan kerusakan RPE, yang mengakibatkan peningkatan suhu jaringan.

Baca Juga:  Kisah seorang ibu yang ingin mencari jodoh online hingga menjadi bahan ejekan jika mengaku memiliki 7 orang anak

Bahaya Cahaya Biru: Interaksi Mata dan Cahaya Biru

bahaya cahaya biru

Cahaya biru bhaya dapat merusak RPE melalui mekanisme fotokimia yang singkat namun intens. Pigmen rhodopsin memiliki kemampuan untuk menyerap proton, dan kemampuan ini meningkat ketika terkena cahaya biru. Hal ini menyebabkan jumlah proton yang dimiliki oleh sel meningkat melebihi ambang batas, menyebabkan kerusakan sel.

Kerusakan pada sel-sel ini pada mata akhirnya menyebabkan produksi spesies oksigen reaktif (ROS). Akumulasi ROS dapat menginduksi stres oksidatif dan meningkatkan jumlah lipofuscin dalam RPE. Apa itu lipofusin? Lipofuscin merupakan kromofor yang dapat mengganggu suplai nutrisi fotoreseptor dan juga diketahui bersifat fototoksik ketika menyerap cahaya biru. Kondisi ini memperburuk kerusakan retina dan diduga menjadi salah satu penyebab degenerasi makula terkait usia (AMD).

Bahaya Cahaya Biru: Efek Cahaya Biru pada Irama Sirkadian

Bahaya cahaya biru berikutnya berkaitan dengan efek cahaya biru pada ritme sirkadian. Ritme sirkadian atau ritme sirkadian adalah istilah yang digunakan untuk mengatur kebiasaan fisiologis atau aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi ritme sirkadian seseorang.

Beberapa di antaranya adalah faktor intrinsik seperti faktor intrinsik yang dipengaruhi oleh jam sirkadian seseorang. Ritme sirkadian juga dapat dipengaruhi oleh faktor eksternal, salah satunya adalah cahaya biru. cahaya dari Lampu LED atau biru ini sebenarnya bisa mengurangi rasa kantuk dan meningkatkan kewaspadaan. Hal ini mempengaruhi perubahan pola tidur yang berhubungan dengan penurunan sekresi melatonin akibat ESR.

apakah kamu bangun dengan benar?  Ikuti tips ini agar tubuh dan pikiran Anda tetap sehat.
@alexagor melalui Unsplash

Tidak seperti mereka yang cenderung lebih muda, paparan cahaya biru pada orang tua tidak menyebabkan penurunan melatonin seperti yang terjadi pada populasi yang lebih muda. Di sisi lain, penerimaan cahaya biru terlalu rendah. Namun, itu juga dapat menyebabkan gangguan tidur pada orang tua.

Jadi, haruskah saya menghindari bahaya cahaya biru ini selamanya? Ternyata, cahaya biru memiliki manfaat, salah satunya dalam bidang medis. Dalam komunitas medis, cahaya biru dapat digunakan untuk mengobati depresi yang berhubungan dengan gangguan tidur dan gangguan ritme sirkadian. Cahaya biru ini digunakan untuk mengatur ritme sirkadian yang terganggu agar bisa kembali normal. Hasil akhir dari perbaikan ritme sirkadian ini adalah peningkatan fungsi kognitif.

Baca juga: Cara ampuh atasi anak kecanduan gadget!

Coba pengalaman seru menginap di Fikrirasy.ID!

Anda perlu istirahat dari semua kebosanan di masa sulit dan penuh tekanan ini. Tentu ada banyak cara sederhana yang bisa dilakukan sambil jalan-jalan santai atau melakukan perawatan tubuh. liburan di hotel. Mungkin agak sulit untuk mengambil liburan selama pandemi ini. Jadi hanyaliburan di hotel Menghindari keramaian sambil menenangkan diri mungkin bisa menjadi alternatif.

Dalam hal ini, Anda harus memilih hotel yang terpercaya dan bereputasi baik. Salah satu hotel teraman untuk dipilih adalah kotak bobo. Hotel kapsul ini telah menerapkan beberapa aturan yang harus dipatuhi oleh semua orang di area Fikrirasy.ID.

lorong ford bobobox bandung

Aturan-aturan ini termasuk cara memeriksa suhu tubuh Anda. penyelenggara Kewajiban semua pihak untuk menggunakan masker, rajin cuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lainnya; pensanitasi tangan sebelum memasuki area POLONG. Anda harus menggunakan siku Anda untuk menekan tombol. tangga berjalan Atau buka pintunya. Selain itu, bawalah peralatan makan dan salat sendiri.

Untuk kepentingan kesehatan, Fikrirasy.ID juga menyediakan obat-obatan standar yang dapat Anda gunakan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. memukul. Ingin pengalaman yang lebih seru? Coba layanan Fikrirasy.ID. bobocarbine! Kabin Bobo adalah pelarian sempurna dari hiruk pikuk kota. Download aplikasi Fikrirasy.ID Aman dan nyaman di Play Store dan App Store!

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Beberapa Bahaya Cahaya Biru untuk Kesehatan yang Harus Anda Waspadai

Dari Situs Fikrirasy ID