9 Makanan Ikan Guppy untuk Pertumbuhan Optimal, Dari Larva Nyamuk hingga Kutu Darah

Fikrirasy.ID – Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan saat beternak guppy adalah pilihan makanannya. Hal ini dikarenakan jenis pakan ikan guppy sangat mempengaruhi pertumbuhan ikan hias tunggal.

Makanan ikan guppy dapat dengan mudah ditemukan di lingkungan seperti jentik nyamuk, cacing darah dan ulat sutera tanpa harus mahal untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ikan guppy. Namun, ada juga makanan ikan guppy yang harus didatangkan langsung dari luar negeri.

Sekarang, lihat daftar umpan untuk guppy untuk pertumbuhan yang dilaporkan di saluran YouTube untuk detail lebih lanjut. Yusuf Gufi.

Ilustrasi ikan guppy.  (Shutterstock)
Ilustrasi ikan guppy. (Shutterstock)

Artemia

Baca juga:
6 Makanan Ikan Beta Cepat Tumbuh Dari Larva Nyamuk Hingga Infusoria

Salah satu makanan terbaik yang bisa Anda berikan kepada orang bodoh adalah Artemia. Hal ini karena Artemia bebas dari kuman dan bakteri yang dapat mengganggu pertumbuhan ikan guppy.

Namun, karena kualitas ini, Artemia cukup mahal. Artemia sendiri terbuat dari telur udang.

Daphnia (Kutir)

Makanan guppy selanjutnya adalah daphnia. Salah satu jenis organisme yang biasanya hidup di genangan air dapat mempercepat pertumbuhan ikan guppy karena kandungan proteinnya yang tinggi.

Sebelum memberikan daphnia guppy, rendam dalam air bersih selama 2 jam untuk mensterilkannya.

Baca juga:
Dari hobi ke Quan Farm, dari ikan beta muda di Pasar Bontang hingga jutawan

kutu air

Masih berbahan dasar udang, Daphnia merupakan makanan ikan guppy yang berasal dari Amerika Serikat. Daphnia biasanya dikirim ke Indonesia dalam bentuk starter, di mana mereka dikembangkan untuk diberikan kepada guppy.

Makanan tunggal ini sangat efektif. Mencampur 20-30 ikan ke dalam benih berumur dua hari akan membiakkan daphnia dewasa, jadi Anda tidak perlu memberi makan guppy selama seminggu.

Baca Juga:  Kapolres Tegaskan Perlu Kerjasama dan Sinergi untuk Capai Tujuan Vaksinasi - GARUDA TV

cacing sutra

Jenis cacing ini baik untuk ikan guppy karena mengandung protein dan lemak yang dibutuhkan untuk proses pertumbuhannya. Namun sebelum itu, Anda harus terlebih dahulu memilih ulat sutera yang sehat dengan cara merendam ulat sutera dalam air selama 24 jam dan mengganti airnya setiap 12 jam.

belut cuka

Cuka belut, atau belut cuka, dapat ditemukan di laut dan danau. Namun, cuka belut juga bisa ditanam dengan cuka sari apel.

Cuka belut bisa menjadi pilihan makanan yang ekonomis untuk guppy, karena betina bisa bertelur 45 ekor setiap 8-10 hari.

Ikan guppy berbagai warna.  (Shutterstock)
Ikan guppy berbagai warna. (Shutterstock)

Ganggang Biru/Spirulina

Kandungan nutrisi Spirulina baik untuk meningkatkan kualitas ikan guppy, seperti meningkatkan pertumbuhan ikan guppy ke level rata-rata dengan mencerahkan warna ikan.

jentik nyamuk

Larva nyamuk adalah salah satu mangsa yang paling mudah ditemukan oleh ikan guppy. Larva nyamuk, meski menjadi musuh manusia, sebenarnya memiliki nutrisi yang dibutuhkan untuk beternak ikan guppy.

cacing darah

Cacing darah adalah larva serangga yang termasuk dalam ordo Diptera (nyamuk) dari jenis Chironomus. Bukan darah manusia, nyamuk tunggal ini biasanya menghisap nektar bunga untuk dimakan.

infusoria

Mangsa guppy berikutnya adalah infusoria, kumpulan organisme bersel tunggal. Infusoria sendiri terdiri dari sekelompok silia dan flagela. Infusoria dapat ditemukan di air tawar dan air asin.

Kontributor: Hilary Sekar Farwestry



Terimakasih Ya sudah membaca artikel 9 Makanan Ikan Guppy untuk Pertumbuhan Optimal, Dari Larva Nyamuk hingga Kutu Darah

Dari Situs Fikrirasy ID