5 Cara Kuatkan Dirimu Saat Lamaran Kerja Ditolak

5 Cara Kuatkan Diri Saat Lamaran Kerja Ditolak

fikrirasy.id – 5 Cara Kuatkan Diri Saat Lamaran Kerja Ditolak. Menemukan dan mendapatkan pekerjaan impian kamu itu tidak selalu mudah. Bahkan perjuangan untuk keluar dari pengangguran bisa sangat berliku. Berurusan dengan penolakan lamaran pekerjaan yang berulang kali bisa membuat kita merasa tertekan dan putus asa.

Sebelum menyerah dan semakin menyerah, mari kuatkan kembali. Kamu masih memiliki kesempatan dan harapan untuk bekerja atau mendapatkan pekerjaan impianmu. Sekarang, cobalah menjadi lebih kuat lagi untuk maju.

1. Perbaiki Kesalahan

Pasti ada alasan mengapa lamaran kerjamu ditolak. Mungkin kualifikasimu tidak sesuai atau posisinya tidak tepat untuk dirimu. Bisa jadi karena masih perlu mengasah kemampuan dan meningkatkan kemampuan agar bisa mendapatkan posisi yang diinginkan. Kamu dapat mencoba meminta masukan dan saran dari orang yang lebih berpengalaman. Kamu juga dapat menjalankan intropeksi diri untuk memperbaiki kesalahan yang ada pada dirimu.

2. Kenali kekuatan dan kelemahanmu

Ketika lamaran pekerjaanmu ditolak, Kamu mungkin akan merasa lebih rendah diri. Ibaratnya kamu hanya punya kekurangan dan kelemahan tanpa ada kelebihan. Di sini, cobalah untuk mengenal diri sendiri lebih baik. Kenali kekuatan dan kelemahanmu. Dengan cara ini, Kamu dapat mengetahui aspek mana dari dirimu yang perlu ditingkatkan.

3. Luangkan waktu untuk menenangkan diri

Perasaan sedih, kecewa, bahkan cemas bisa dipicu ketika lamaran kerja berkali-kali ditolak. Di sini kamu bisa mencoba meluangkan waktu untuk menenangkan diri. Lakukan hal-hal yang kamu sukai untuk mendapatkan kembali rasa sejahtera. Beristirahat dari waktu ke waktu untuk istirahat atau istirahat dapat membantu mengisi ulang energimu untuk melangkah maju lagi.

4. Temukan mentor atau panutan

Agar tetap kuat dan tidak patah semangat, Kamu bisa mencoba mencari mentor. Kamu juga dapat mencoba mengikuti jejak modelmu. Ketika kamu merasa tidak bisa menghadapi suatu situasi sendiri, Kamu bisa mencoba meminta bantuan orang lain yang benar-benar bisa memandu mu atau membimbingmu.

Baca Juga:  Ahli Epidemiologi FKM UI Sebut Kasus Omicron Wisma Atlet RSDC Bukan Yang Pertama

5. Minta doa dan dukungan dari orang-orang terdekat

Cobalah untuk meminta doa dan restu yang lebih dari kedua orang tua. Kamu juga bisa meminta dukungan dari orang-orang terdekat dalam hidupmu. Doa dan dukungan dapat membangun semangat untuk membantumu melewati masa-masa sulit dalam memperjuangkan pekerjaan yang kamu inginkan.

Semoga kalian yang saat ini sedang berjuang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan bisa segera mendapatkan kesempatan yang terbaik ya.