Rute Kereta Api ke Garut, Ridwan Kamil: hanya disetujui oleh Menteri Perhubungan

Fikrirasy.ID.CO, Jakarta – Gubernur Jawa Barat Leadwan Camille Ia mengatakan, seluruh infrastruktur jalur KA dari Bandung hingga Garut sudah siap beroperasi. Ridwan Kamil PT Kereta Api Indonesia President or piti kai Didiek Haryanto dan Bupati Garut Rudy Gunawan naik kereta inspeksi kemarin untuk mengecek kesiapan teknis revitalisasi KA 19,5 km dari Bandung ke Garut pada Kamis, 6 Januari 2022.

“Warga sudah tidak sabar menunggu pembukaan segera. Itulah harapan masyarakat, agar bisa antar Garut sendiri, atau lintas kota, dari Bandung hingga Jakarta. Oleh karena itu, Menhub sungguh-sungguh meminta agar prosedur administrasi segera diselesaikan agar warga dapat menikmati fasilitas yang telah lama ditunggu-tunggu tersebut.”

Sambil menunggu konfirmasi akhir dari Departemen Perhubungan, Ridwan Kamil melakukan pemeriksaan akhir untuk memastikan infrastruktur sudah siap sebelum go live. Dikabarkan jalur kereta api Bandung-Garut sudah 100% siap.

Dia mengatakan masih ada masalah administrasi yang belum terselesaikan. “Ada masalah investasi yang sedang diperhitungkan. Pada umumnya PT KAI hanya beroperasi, namun dalam hal ini juga merupakan bagian dari pemerintah pusat. Jadi bagaimana menghitungnya, itu yang dicari,” katanya.

Masalah administrasi terkait perhitungan investasi ini akan mempengaruhi tarif. Ridwan Kamil menilai kereta api ke Garut itu murah. “Sampai Garut Rp 4.000 sampai Bandung, tapi juga di bawah Rp 10.000 dan Jakarta Rp 40.000. Dibanding repotnya lewat jalan darat dan bayar tol, enak banget,” ujarnya.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Rute Kereta Api ke Garut, Ridwan Kamil: hanya disetujui oleh Menteri Perhubungan

Dari Situs Fikrirasy ID

Baca Juga:  Sri Mulyani mengatakan utang Indonesia naik 10,8%, lebih rendah dari Thailand, Malaysia dan China