PGN menargetkan membangun 240.000 jaringan gas perumahan dari Jakarta hingga Cirebon

Fikrirasy.ID – Subholding Pertamina Gas, PT PGN Tbk menargetkan untuk membangun 240.000 jaringan gas (Jargas) di wilayah Jabodetabek, Karawang, Cilegon dan Cirebon.

Pada tahun 2022, khusus untuk wilayah DKI Jakarta, PGN berencana membangun sekitar 92.000 SR (Sambungan Rumah) melalui rencana investasi internal.

Selain itu, PGN berencana membangun 62.000 SR melalui kerjasama dengan mitra, sehingga total Jargas yang disebar di DKI pada 2022 diharapkan mencapai 154.000 SR.

Dalam lima tahun ke depan, Provinsi DKI Jakarta akan menjadi salah satu daerah sasaran utama pengembangan jargas dalam negeri.

Baca juga:
Luhut Kirim Tim Khusus ke Arab Saudi, Kumpulkan Komitmen Putra Mahkota Mohammed bin Salman untuk Investasi IKN

“Pelanggan eksisting DKI Jakarta 30.491SR. Penambahan jargas rumah tangga dari DKI Jakarta juga semakin besar setiap tahunnya. Tahun 2021 akan ditambah hingga 100% dan kami rencanakan akan ditambah lagi. Penjualan dan Operasional Direktur PGN Faris Aziz (17 Maret 2022) mengatakan:

PGN berencana membangun infrastruktur gas 4 juta SR pada 2024. Dapat menguntungkan DKI Jakarta dengan basis 1 juta SR per tahun, salah satunya menghemat hingga 20% konsumsi energi rumah bagi masyarakat DKI Jakarta.

Menurut Achmad Muchtasyar, Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN, ada tiga strategi yang digunakan PGN dalam melaksanakan pembangunan jargas perumahan DKI Jakarta.

Yang pertama adalah penetrasi, menambah pelanggan baru di sekitar infrastruktur yang ada. Kedua, kami mengembangkan dengan menambah pelanggan baru dengan menambahkan jaringan pipa utama dari infrastruktur yang ada.

Baca Juga:  Menko: Bank harus membidik usaha kecil potensial untuk meningkatkan peringkat mereka

“Ketiga, melampaui jalur pipa dan menggunakan CNG/LNG untuk menambah pelanggan baru yang jaraknya cukup jauh dari infrastruktur yang ada,” jelasnya.

Baca juga:
Bos kebab Baba Rafi merugi lebih dari Rp 9 miliar atas tuduhan penipuan investasi

Saat ini, PGN sedang aktif melakukan audiensi dengan beberapa kepala daerah Tk II di Jabodetabek, Cilegon, Cirebon dan Karawang. Percepatan pembangunan jalur gas di kawasan dengan target pembangunan jalur gas 1 juta SR per tahun akan membutuhkan dukungan pemerintah kota dan daerah.

PGN mengharapkan dukungan pemerintah daerah berupa perizinan dan kemudahan akses pembangunan infrastruktur gas bumi, termasuk dalam rangka sosialisasi penggunaan gas bumi kepada masyarakat.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel PGN menargetkan membangun 240.000 jaringan gas perumahan dari Jakarta hingga Cirebon

Dari Situs Fikrirasy ID