Pertamax Resmi Jumat 1 April Rp. Dinaikkan menjadi 12.750

Jakarta, CNN Indonesia

PT Pertamina (Persero) kenaikan harga BBM pertamax Mulai 1 April 2022 dinaikkan dari Rp 9.200 per liter menjadi Rp 12.750 ribu. Kesan dibuat di beberapa daerah.

daerah itu; Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, NTT, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

Namun, kenaikan harga tersebut tidak berlaku untuk beberapa daerah lain: Bali dan NTB. Pasalnya, harga Pertamax di wilayah tersebut naik dari Rp9.200 per liter menjadi Rp12.500 per liter.

Pengelola wajib mengikuti Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 5 tentang Formula Harga Dasar Perhitungan Harga Jual Eceran untuk jenis Bahan Bakar Minyak dan Solar yang sedang beredar kenaikan harga. 62 K/12/MEM/2020. melalui pom bensin.

Pelaksana dikutip dalam situs resminya, Kamis (31/3/3): “Pertamina telah menyesuaikan harga bahan bakar umum untuk melaksanakan Permen ESDM No. 62 K/12/MEM/2020.

Arya Sinulingga, mantan Penasihat Khusus BUMN, mengatakan harga keekonomian Pertamax adalah Rp. Saya bilang 14.500. Namun, Pertamina saat ini menjual Pertamax seharga Rp 9.500 per liter.

“Pertamina mensubsidi Pertamax,” kata Arya. “Artinya Pertamina mensubsidi mobil mewah yang menggunakan Pertamax, jadi kami harus mempertimbangkan kembali.”

Menurut Arya, harga BBM Pertamax di Asia Tenggara adalah Rp. Rp 14.000. 15.000. Sementara harga Pertamax Khusus di Malaysia tergolong murah karena pemerintah mensubsidi melalui mekanisme tertentu.

Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral sendiri menawarkan kesempatan untuk mematok harga BBM Pertamax sebesar Rp 16.000 per liter. Pasalnya, harga minyak mentah dunia masih di atas $100 per barel.

[Gambas:Video CNN]

Konflik antara Rusia dan Ukraina, kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan kepala kelompok kerja sama publik-swasta, adalah penyebab utama kenaikan harga minyak internasional. Pasalnya, pasokan ke Uni Eropa (UE) mengalami penurunan akibat terganggunya persediaan minyak mentah dari Rusia dan Kazakhstan akibat kerusakan pipa di Konsorsium Pipa Laut Kaspia.

Baca Juga:  Berakhirnya PPKM Tahap 3 Bagaimana Situasi Corona 19 di Akhir Tahun 2020?

“Mengingat harga minyak Maret yang jauh lebih tinggi dari Februari, maka batas atas harga keekonomian atau bahan bakar umum RON 92 April 2022 akan jauh lebih tinggi dari Rp 14.526 per liter dan bisa menjadi sekitar Rp 16.000 per liter,” jelas Agung. . .

(Agustus)

[Gambas:Video CNN]




Terimakasih Ya sudah membaca artikel Pertamax Resmi Jumat 1 April Rp. Dinaikkan menjadi 12.750

Dari Situs Fikrirasy ID