Pemerintah bagi-bagi minyak goreng murah Rp 14.000 per liter

Javaforce.com – Pemerintah berencana mendistribusikan minyak goreng ke masyarakat umum agar harga pasar bisa kembali stabil. Hal ini menyusul perintah Presiden Indonesia Jokowi untuk mengembalikan harga minyak goreng ke harga yang lebih terjangkau masyarakat.

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah akan mendistribusikan minyak goreng murah ke seluruh Indonesia dengan harga Rp 14.000 per liter. “Harganya Rp 14.000 per liter di tingkat konsumen yang berlaku di seluruh Indonesia,” kata Airlangga dalam konferensi pers virtual, Rabu (5/1).

Airlangga mengatakan minyak goreng murah akan didistribusikan selama enam bulan ke depan dengan pasokan 1,2 miliar liter. Program ini akan dievaluasi pada bulan Mei dan dapat diperpanjang. Dia mengatakan, “Volume selama enam bulan 1,2 miliar liter, dan kami membutuhkan anggaran untuk menutupi selisih harga dan PPN sebesar 3,6 triliun rupiah.”

Airlangga menjelaskan, pihaknya akan mengikutsertakan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) saat menyalurkan program tersebut. “Panitia Pengarah telah memutuskan bahwa BPDPKS akan menyediakan dan membayar Rp 3,6 triliun,” katanya.

Airlangga menambahkan, pemerintah akan memastikan stok minyak goreng tersedia dengan harga terjangkau secara nasional. Kementerian Perdagangan (Kemendag) juga telah ditunjuk untuk menyiapkan regulasi mengenai harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng. Sementara itu, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyiapkan tata cara pemungutan dan penyetoran PPN atas selisih harga. ”Penerapan regulasi IRS dan dukungan dari instansi lain, termasuk Kementerian Perindustrian,” jelasnya.

Baca Juga:  Ada kemungkinan pengetatan moneter AS dan rupiah bisa melemah lagi.

Redaktur: Dinarsa Kurniawan

Reporter: Romeis Vinekasri

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Pemerintah bagi-bagi minyak goreng murah Rp 14.000 per liter

Dari Situs Fikrirasy ID