Penguatan struktural hingga hilir memicu optimisme perekonomian Indonesia

Javaforce.com – Pemerintah optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini akan membaik. Hal ini tercermin dari laju pertumbuhan 5,02% lebih tinggi dari laju pertumbuhan nasional (3,51%) pada triwulan IV tahun 2021.

Wakil Presiden BI Dody Budi Waluyo optimistis dengan perekonomian Indonesia yang terus membaik dan program vaksinasi yang sedang berjalan, masyarakat dapat beraktivitas dengan nyaman. Pada tahun 2021 saja, ekonomi tumbuh sebesar 3,69%. Sehingga dia optimistis perekonomian Indonesia akan berada pada kisaran 4,7-5,5%.

Dia mengatakan Senin (14/2) hampir “program vaksinasi dan stimulus kebijakan yang lebih cepat.”

Dody mengatakan struktur ekonomi perlu diperkuat. Misalnya, memastikan penguatan struktur neraca berjalan untuk pengembangan industri hilir yang bernilai tambah, khususnya pertambangan mineral.

Menurutnya, hilirisasi dapat mendukung ekspor dan semakin menghubungkan Indonesia dengan rantai pasok global. Hal ini juga dapat mengurangi ketergantungan pada impor produk bernilai tambah tinggi.

Dia menambahkan, pengembangan industri sumber daya mineral juga akan membantu transisi menuju ekonomi hijau. Apalagi, pemerintah telah berjanji akan memberikan banyak insentif.

Editor: Mohammad Noor Ashkin

Reporter: Romeis Vinekasri



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Penguatan struktural hingga hilir memicu optimisme perekonomian Indonesia

Dari Situs Fikrirasy ID

Baca Juga:  Untuk keselamatan dan keamanan penerbangan