Menteri Tenaga Kerja Ida Saksi PKB Bridgestone Tire Indonesia

Fikrirasy.ID – Menteri Tenaga Kerja (Menaker), Ida Fauziyah dan Sekjen PHI serta Indah Anggoro Putri dari Kementerian Jamsostek Kementerian Tenaga Kerja menyaksikan penandatanganan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) XIV antara pengusaha dan pekerja PT Bridgestone Ban Indonesia di Karawang. , Jawa Barat, Rabu (12/1). /2022).

Mukiat Sutikno selaku Presiden Direktur PT Bridgestone Tire Indonesia menandatangani PKB XIV untuk periode 2022-2023. Direktur HRGA, Yunus Triyonggo; dan Kepala HRGA, Respati Bayu Aji (President of Management). Selanjutnya Ahmad Lutfi, Ketua PUK SPSI Kantor Pusat PT Bridgestone Tire Indonesia. PUK SPKEP SPSI Bekasi Ketua, PT Bridgestone Tire Indonesia Plant, Zen Mutowali; PUK SPKEP SPSI Karawang, Plant Manager PT Bridgestone Tire Indonesia, Jamaludin Suhri (perwakilan pekerja)

Dalam sambutannya, Ida Fauziyah mengakui penandatanganan PKB tersebut disambut positif. Hal ini karena negosiasi PKB XIV berhasil dalam konteks COVID-19 berkat kerja keras, komunikasi yang efektif, komitmen, pengakuan yang setara dan empati antara manajemen dan serikat pekerja/serikat (SP/SB). 19 Penyakit menular.

“Perlu diingat bahwa kemajuan perusahaan ada di tangan bapak ibu. Untuk itu, jadikan PKB ini sebagai pendorong yang berharga untuk memastikan tercapai dan terpeliharanya hubungan ketenagakerjaan yang harmonis, dinamis dan berkeadilan di perusahaan,” ujarnya. .

Baca juga:
80 korban CPMI dari prosedur deportasi ke Australia tiba di rumah dengan selamat

Menurutnya, PKB pada hakekatnya merupakan kesepakatan antara dua pihak. Karena PKB adalah undang-undang bagi para pihak yang membuatnya, maka kami berharap kedua belah pihak mematuhi dan menjalankan semua hak dan kewajiban yang diatur dalam PKB.

Baca Juga:  Lowongan Kerja Indofood untuk Mahasiswa S1 Terbaru, Daftar sebelum 31 Desember 2021

Apabila terjadi perbedaan pendapat/penafsiran mengenai pelaksanaan PKB di kemudian hari, diharapkan dapat diselesaikan secara musyawarah dan dimenangkan oleh pihak yang berwajib agar tidak terjadi kebuntuan (sengketa) yang menghabiskan tenaga dan menimbulkan kerugian bagi kedua belah pihak. . – Dapatkan solusi untuk kebaikan kolektif Anda sendiri.

Ida Fauziyah bersama Budi Hartawan, Sekretaris Jenderal Binalavotas mengatakan, “Hal ini untuk menciptakan dan membangun suasana hubungan industrial yang harmonis antara pengusaha dan pekerja demi kelangsungan usaha dan produktivitas serta kesejahteraan pekerja.”

Sementara itu, Mukiat Sutikno mengatakan bahwa pembaruan PKB merupakan bentuk upaya bersama buruh-manajemen untuk menjaga keharmonisan hubungan buruh-manajemen dalam menghadapi tantangan era yang dinamis dan kompetitif.

“Untuk Bridgestone, fokus utama kami saat ini adalah untuk tetap kompetitif dan terus meningkatkan produktivitas dan keunggulan kualitas produk kami. Kami percaya ini hanya dapat dicapai melalui hubungan manajemen-tenaga kerja yang harmonis di mana seluruh karyawan bekerja bahu membahu untuk memastikan keberlanjutan perusahaan dalam menghadapi berbagai tantangan pasar di dalam dan luar negeri,” kata Mukiat.

Baca juga:
Sempurnakan Sisnaker, Menteri Tenaga Kerja Luncurkan Portal Layanan Digital SIAPkerja di Bekasi

Sementara itu, Zen Mutowali mengatakan PKB XIV selesai dalam masa berlaku 23 hari meskipun masa negosiasi tiga bulan.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Menteri Tenaga Kerja Ida Saksi PKB Bridgestone Tire Indonesia

Dari Situs Fikrirasy ID