Menhub “Kondisi industri penerbangan akan membaik”

Fikrirasy.ID – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengingatkan aspek keselamatan masih menjadi kendala dalam menghadapi tren penerbangan yang mulai menanjak pasca terjun bebas akibat pandemi Covid-19. Dia mengatakan kondisi pilot menjadi perhatian utama.

Sejak terjadinya pandemi pada awal tahun 2020, Budi mengatakan industri penerbangan mengalami penurunan -20% dibandingkan sebelum pandemi, kontraksi terbesar dibandingkan industri lainnya.

Namun statusnya kini mulai meningkat lagi menjadi 60-70%.

“Perbaikan kondisi ini menggembirakan, tapi bukan tanpa tantangan. Menjaga aspek keselamatan menjadi tantangan. Selain pesawat yang sudah lama tidak beroperasi, kondisi waktu pilot yang sudah lama tidak terbang menjadi perhatian utama, ” kata Menteri Perhubungan Rabu (12/12) dalam keterangannya. /1/2022).

Baca juga:
Menhub Ingin Bandara Kertajati Jadi Pusat Perawatan Pesawat

Ia menjelaskan, semua pihak harus memastikan proses pemulihan industri penerbangan berjalan dengan baik, salah satunya memperhatikan kondisi kru.

“Mereka harus memperhatikan kemampuan mereka, lisensi mereka, status mental, fisik dan kesehatan mereka. Semuanya harus dipersiapkan dengan baik,” katanya.

Menteri Perhubungan telah meminta Asosiasi Pilot Indonesia untuk membantu pemerintah mengingatkan anggotanya bahwa kondisi pilot sangat mempengaruhi keselamatan penerbangan.

“Tetap jaga pikiran, berpikir positif, dan terus berikan dukungan. Ini penting untuk memastikan ekosistem penerbangan kita benar-benar pulih dari pandemi,” imbuhnya.

Baca juga:
Aktivasi Pelabuhan Tanjung Carat, kerjasama dengan pemerintah dan swasta asing



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Menhub “Kondisi industri penerbangan akan membaik”

Dari Situs Fikrirasy ID

Baca Juga:  Bekerja Sama dengan Mitratel, Alita Siap Bantu Operator Tetap di 5G