Kementerian BUMN Mulai Hitung Aset Batubara PLN, Bubar

Jakarta, CNN Indonesia

Kementerian BUMN (BUMN) sedang mempelajari pembongkaran PT. PLN Batubara. Pada tahap awal, pemerintah menghitung aset anak usahanya PT. PLN (Persero) Pertama.

“Kami masih mengkaji secara teknis pembubaran PLN karena secara teknis kami harus menghitung dan menghitung aset,” kata Menteri Komunikasi BUMN Arya Sinulingga dalam rekaman Fikrirasy.ID, Jumat (14). /Satu).

Setelah kajian teknis selesai, BUMN tersebut hanya mencairkan batubara PLN. Arya mengatakan dekonstruksi diperlukan untuk efisiensi.

“Ini karena batubara yang dibeli PLN selama ini masih dari PLN Batubara, artinya PLN Batubara membeli dari pemilik batubara, kemudian masuk ke PLN Batubara kemudian dijual kembali ke PLN,” kata Arya.

Sebab, harga batu bara yang dibeli PLN lebih tinggi dari harga yang ditetapkan produsen. Pasalnya, batu bara PLN pasti akan mengambil margin untuk operasional perusahaan.

“Suka tidak suka, batubara PLN tetap ada marginnya,” kata Arya. “Jadi kami ingin efisiensi dilakukan seperti ini.”

Setelah batubara PLN dibubarkan, PLN dapat membeli tambang langsung dari produsen. Sehingga harga yang harus Anda bayarkan akan lebih rendah dari sebelumnya.

“Dengan cara ini, pemilik batu bara langsung ke PLN dan tidak lagi pakai di tengah-tengah batu bara PLN. Ini efisien,” jelas Arya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Penanaman Modal Maritim Luhut Binsar Panjaitan memerintahkan pembubaran batu bara PLN. Perintah itu dikeluarkan karena krisis pasokan batu bara yang melanda Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) PLN.

“Tidak ada batu bara di atas PLN. Kami minta PLN membubarkan batu bara itu,” kata Luhut beberapa waktu lalu.

Sebagai acuan, pemerintah melarang semua ekspor batu bara pada awal Januari 2022. Larangan itu akan berlaku untuk semua perusahaan selama Januari 2022.

Baca Juga:  Daftar masalah kereta api berkecepatan tinggi dari investasi yang membengkak hingga tanah liat

Namun, sejak Rabu (12/11) lalu, pemerintah membuka kembali kran untuk ekspor batu bara secara bertahap. Beberapa perusahaan yang telah memenuhi kewajiban pasokan batu bara domestik (DMO) telah memperoleh izin ekspor.

[Gambas:Video CNN]

(Eude/Bir)




Terimakasih Ya sudah membaca artikel Kementerian BUMN Mulai Hitung Aset Batubara PLN, Bubar

Dari Situs Fikrirasy ID

Leave a Comment