Kebijakan ‘diskon’ pemerintah sepanjang tahun 2021 dari mobil ke rumah

zawafos.com – Tahun 2021 masih diselimuti pandemi Covid-19. Pemerintah juga melakukan upaya stabilisasi perekonomian melalui berbagai langkah stimulus ekonomi. Dari sisi permintaan, pemerintah berupaya merevitalisasi dua sektor yaitu otomotif dan real estate yang diharapkan mampu menopang momentum pemulihan ekonomi. Berikut ulasan berbagai ‘diskon’ yang ditawarkan pemerintah untuk tahun 2021.

insentif mobil

Pemerintah telah meluncurkan berbagai langkah stimulus kebijakan mulai dari peraturan pajak penjualan barang mewah (PPnBM) hingga peraturan kendaraan listrik. Pemerintah memberikan konsesi kepada industri otomotif, salah satu industri manufaktur yang paling terdampak pandemi COVID-19.

Sebagai acuan, pangsa manufaktur dalam PDB cukup besar yaitu 19,88%. Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pelonggaran PPnBM dapat meningkatkan daya beli masyarakat dan memberikan daya ungkit bagi perekonomian.

Menurutnya, di masa pandemi, dorongan khusus diberikan kepada industri otomotif di banyak negara di dunia. Malaysia menawarkan diskon 100% pajak penjualan barang mewah (PPnBM) untuk Kendaraan Rakitan Domestik (CKD) dan Diskon hingga 50% untuk CBU (Mobil Rakitan di Negara Asal).

Pemerintah telah menyiapkan insentif pengurangan PPnBM untuk sektor kendaraan cc < 1500 yaitu sedan dan kendaraan bertenaga kategori 4x2. Ini merupakan dukungan pemerintah terhadap pertumbuhan industri otomotif. pembelian lokal Lebih dari 70% kendaraan listrik.

Editor: Stou Suryowati

Reporter: Romeis Vinekasri



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Kebijakan ‘diskon’ pemerintah sepanjang tahun 2021 dari mobil ke rumah

Dari Situs Fikrirasy ID

Baca Juga:  Mengapa NFT Ingin Memecahkan Rekor Termahal