Harga emas dunia naik setelah pertemuan Fed

Fikrirasy.ID – Dalam perdagangan Kamis, harga emas dunia naik lebih dari 1% setelah dolar melemah setelah The Fed memutuskan untuk mempercepat penarikan stimulus era pandemi.

Mengutip CNBC, harga emas pada Jumat (17/12/2021) di pasar spot naik 1% menjadi USD1.795,41 per ounce. Sementara itu, emas berjangka AS naik 1,9% menjadi ditutup pada USD1.798,20 per ounce.

Dollar Index (DXY Index) memperpanjang kerugian pada keranjang saingannya ke level terendah satu minggu, membuat emas senilai dolar AS lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya.

“Pasar emas menyerap efek dari percepatan kontraksi Fed,” kata Suki Cooper, seorang analis di Standard Chartered.

Baca juga:
Emas turun $7.8 USD jelang keputusan Fed

Pada hari Rabu, The Fed mengatakan akan berhenti membeli obligasi era pandemi pada bulan Maret dan meletakkan dasar untuk tiga kenaikan suku bunga pada akhir tahun 2022.

Klaim pengangguran mingguan AS tetap konsisten dengan kondisi pasar tenaga kerja yang ketat, data Kamis yang mendukung klaim untuk suku bunga yang lebih tinggi menunjukkan.

Analis mengatakan emas naik meskipun kemungkinan kenaikan suku bunga di AS, yang meningkatkan biaya peluang memegang logam kuning karena kemungkinan kenaikan suku bunga terbebani sebelum pengumuman Fed.

Bank sentral utama lainnya juga lebih hawkish minggu ini dan pada hari Kamis Bank of England menjadi negara G7 pertama yang menaikkan suku bunga sejak pandemi.

Baca Juga:  Restrukturisasi Kredit Bank Mandiri Rp90 T, Mayoritas Berisiko Rendah

Sementara itu, perak logam lainnya naik 1,5% menjadi $22,39 per ounce dan platinum naik 1,8% menjadi $935.42 per ounce.

Baca juga:
Harga emas meroket hari ini!

Palladium naik 8,3% menjadi $1.728,71 per ounce, setelah jatuh sekitar $300 per ounce dalam lima hari perdagangan terakhir.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Harga emas dunia naik setelah pertemuan Fed

Dari Situs Fikrirasy ID