‘Motian in Motion’ (Doc ‘n Roll Festival/BFI) – Berita, ulasan, fitur, dan komentar dari kancah jazz London dan sekitarnya

gerak dalam gerak
(Film disutradarai oleh Michael Patrick Kelly. Aquapio Films. 86 menit. Review oleh Jon Turney)

Pembaruan 5 Januari 2020 melalui Twitter di DocnRoll Fest: “Inggris sekarang akan melakukan penguncian total lainnya, jadi pemutaran perdana publik langsung ini dijadwal ulang … Tanggal baru belum diputuskan dalam beberapa minggu ke depan.”

Paul Mortien. gambar diam dari film

Seorang pria kecil bercelana longgar meninggalkan gedung apartemennya di Manhattan dan mulai berlari kecil menuju Central Park di dekatnya. Dia menceritakan mengobrol dengan juru kamera dan orang yang lewat, kisah-kisah lucu dan pengamatan dari adegan yang lewat. Bagus untuk memotret dan mengedit dengan baik. Anda merasa bahwa Anda bersamanya dalam perjalanan sehari-hari Anda.

Pembuat adegan dari film dokumenter panjang fitur yang hebat ini tentang Paul Motian Ini menunjukkan properti yang lewat. pembuat film Michael Patrick Kelly Dia membangun hubungan dekat dengan subjeknya. Ada beberapa asap di kamera, tapi tidak terlalu banyak. Kebanyakan dari mereka ada di sana. Dan itu memiliki aksesibilitas yang luar biasa. Tidak, ternyata di dalam gedung apartemen. Ini bukan film pribadi tentang Motian. Namun, dalam tuan rumah bagi pecinta jazz, mungkin ada ruang yang lebih penting seperti klub, ruang latihan, studio, dan seminar mahasiswa.

Sebagai potret seorang musisi yang bekerja, tidak ada yang lebih baik dari ini. Motian berhenti tur dengan Notti, yang jarang meninggalkan lingkungan. Dan kamera selalu ada saat Anda pergi makan malam dengan teman band Anda, atau pergi ke sesi rekaman atau mixing. Dan itu berulang setiap kali dia bermain langsung.

Hasilnya adalah sejumlah besar musik luar biasa yang terjalin dengan klip lama untuk memberi Anda gambaran tentang karir master drummer. Bill Evans ke Charles Lloyd dan Keith Jarrett (Belum lagi sponsor. Allo Guthrie Dari Woodstock: “Saya suka musik koboi,” kata Motian sambil tersenyum. Tapi fokusnya adalah pada tahap akhir karir itu. Tagihan Freecell dan Joe Robano, dan di banyak band lain dia kemudian berkumpul atau duduk bersama. Pidato dari pemain dan penggemar seperti Carla Bley, Manfred Eicher dan kritikus Nate Chinen melengkapi gambarannya.

Hasilnya adalah potret kaya musisi yang benar-benar penting. Ini juga masih menyelam jauh ke dalam dunia musik yang tak tertandingi dan surat cinta sinematik ke New York dan klubnya: Iridium, Birdland, Jazz Standard, dan yang terpenting, rumah Motian, Village Vanguard. Akses ke panggung depan dan belakang juga bagus. Jika Anda belum pernah ke Vanguard, film ini akan menghidupkan kembali harapan Anda. Anda juga akan menyesal untuk orang yang tidak sengaja memasuki dapur (alias Ruang Hijau). Dan Motian, Frisell, dan Lovano mengatakan mereka seharusnya bermain lebih lama di set terakhir.

Baca Juga:  10 Film Zombie Barat Terbaik yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Pada akhirnya ada perubahan nada. Setelah beberapa tahun pembuatan film, semuanya tertunda ketika Motian meninggal pada tahun 2011. Kelly melanjutkan wawancara jauh kemudian, dan memberikan komentar ini menandai perubahan dari mengatakan betapa hebatnya seorang drummer menjadi berbicara tentang betapa pentingnya dia. Sedikit yang dikatakan tentang kehidupan pribadinya, tetapi beberapa detail biografi lainnya melengkapi transisi dari potret hidup ke obituari yang sangat terasa. Secara struktural, ini sedikit canggung, tapi begitulah akhirnya kami mendapatkan film yang mencerminkan situasi produksi.

Ini adalah penghargaan yang luar biasa untuk kehidupan musik yang panjang dan karakter kreatif tanpa henti. Tidak semua asosiasi penting ditandai, tetapi film yang lebih panjang diperlukan. gerak dalam gerak Ini menunjukkan ruang lingkup kontribusinya dan seberapa banyak upaya yang dia lakukan untuk menjaga hal-hal menarik sepanjang waktu. Setelah menonton beberapa kali, saya menghabiskan lebih banyak waktu untuk meninjau kembali rekaman lama dengan apresiasi baru dan menemukan rekaman yang belum pernah saya dengar sebelumnya. Ini mungkin akan cukup untuk sisa hidup Anda. Dan film ini menunjukkan bagaimana musik bisa cukup untuk seumur hidup bagi seseorang seperti Paul Motian.

gerak dalam gerak Sebagai bagian dari Festival Film Doc’n’Roll, yang telah ditunda dari November 2020, akan ada pemutaran perdana di London (online) pada 24 Januari pukul 5 sore. Joe Lovano, Bill Frisell dan sutradara Michael Patrick Kelly akan melakukan tanya jawab yang telah direkam sebelumnya yang akan diputar setelah pemutaran. Pertunjukan tambahan diharapkan pada akhir April atau awal Mei di Rock This Town Festival di Cinéma Le Méliès di Pau, Prancis.

Momen Bangga: Ulasan film di atas membuat posting ke 10.000 di LondonJazz News. (Ed.)

Menghubung: gerak dalam gerak di Festival Anjing dan Gulung
Tiket dari BFI



Terimakasih Ya sudah membaca artikel ‘Motian in Motion’ (Doc ‘n Roll Festival/BFI) – Berita, ulasan, fitur, dan komentar dari kancah jazz London dan sekitarnya

Dari Situs Fikrirasy ID