Tunda vaksin booster sebelum kelompok rentan mencapai targetnya

Fikrirasy.ID – Tim LaporCovid-19 Koalisi Warga telah meminta untuk menunda dosis ketiga atau booster vaksin di Indonesia, yang dijadwalkan dimulai pada awal 2022.

Salah satu pendiri LaporCovid-19 Irma Hidayana menjelaskan, masih banyak kelompok rentan, antara lain kelompok yang tidak divaksinasi, lansia, masyarakat adat, dan penyandang disabilitas.

“Yang paling berbahaya saat ini adalah vaksin booster yang tidak kami rencanakan untuk dibagikan secara gratis. Ini sangat berbahaya karena masih banyak kelompok rentan seperti lansia, masyarakat adat, dan difabel yang belum divaksinasi. LBH Jakarta, Jumat (17/2) akhir 2021 12/12/2021) kata Irma dalam memo.

Ia menegaskan, angka vaksinasi nasional yang saat ini memiliki angka vaksinasi primer 72,14% dan angka vaksinasi sekunder 50,91%, belum menjamin herd immunity di Indonesia.

Baca juga:
LaporCovid-19: Banyak pasien virus corona yang terlilit utang berobat karena tidak ditanggung negara.

“Cakupan imunisasi Indonesia cukup besar, dan pemerintah selalu bangga akan hal itu. WHO mengingatkan bahwa pencapaian besar ini bukanlah jaminan bahwa pelaksanaan program vaksinasi akan efektif dalam melindungi rakyatnya sendiri, tetapi kita perlu membuat pasti siapa yang divaksin duluan.”, terangnya.

Menurutnya, tingginya angka vaksinasi tidak merata, hanya 59,14% lansia yang mendapat vaksinasi pertama dan 38,47% mendapatkan vaksinasi kedua.

“Namun, orang yang telah divaksinasi tahu bahwa mereka tidak rentan, tetapi pada kenyataannya, banyak selebriti dan penghibur yang divaksinasi terlebih dahulu,” katanya.

“Jika populasi rentan ini tidak mendapatkan dosis pertama dan kedua, mereka seharusnya tidak menerima vaksin booster terlebih dahulu,” kata Irma.

Bahkan dalam kelompok rentan seperti itu, mereka harus segera divaksinasi karena mereka merasa lebih sakit jika terinfeksi COVID-19 akibat munculnya strain Omicron.

Baca juga:
LaporCovid-19 menyebut oligarki pemerintah semakin mencengkeram rakyat selama pandemi.

“Ini merupakan tantangan yang perlu disikapi sesegera mungkin sebelum Badai Omicron benar-benar melanda Indonesia,” pungkas Irma.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Tunda vaksin booster sebelum kelompok rentan mencapai targetnya

Dari Situs Fikrirasy ID

Leave a Comment