Tidak Ada Rekrutmen CPNS di ‘Kiamat’ Jokowi 2022 Resmi?

Jakarta, CNBC Indonesia – pemerintahan pada tahun 2022 tidak lagi merekrut Organisasi Warga Negara (ASN) atau Pejabat Publik (PNS) dalam Fikrirasy.ID besar. Pasalnya, pemerintah berencana membatasi rekrutmen CPNS sesuai kebutuhan mulai 2022.

Dalam pernyataan tersebut, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengatakan pihaknya masih melakukan komunikasi dan pendataan.Kebutuhan kementerian, lembaga dan pemerintah daerah.

“darahPemerintah berencana menambah jumlah PPPK dan PNS melalui perjanjian bisnis,” katanya.

Pemangkasan penerimaan CPNS merupakan tanda keseriusan pemerintah mengurangi jumlah NIS dan mengganti beberapa jabatan dengan robot. Menurut catatan CNBC Indonesia, isu pengurangan pegawai negeri sipil sudah mengemuka sejak 2016, ketika konsep e-government diterapkan sebagai sistem pelayanan publik yang terintegrasi.

Pemerintah tahu bahwa birokrasi menjadi batu sandungan terbesar selama ini. Hal ini juga dikomentari oleh Presiden Jokowi.

Pada November 2019, Jokowi mengatakan, “Saya telah memerintahkan Menteri PANRB untuk mengganti birokrasi dengan kecerdasan buatan. Jika birokrasi diganti dengan kecerdasan buatan, birokrasi kita akan lebih cepat. Saya yakin.”

Dua minggu setelah pernyataan itu, Jokowi kembali menegaskan keinginannya untuk menciptakan sistem birokrasi yang cepat, sederhana, dan tidak berbelit-belit. Bukan tidak mungkin mengubah posisi struktural dengan robot. Jokowi menilai kecerdasan buatan akan mempermudah pelayanan birokrasi.

Baca Juga:  Dua Kecelakaan Maut, 6 Tewas di Simpang Jambi Sumatera

“Dengan big data yang kami miliki dan jaringan yang kami miliki, kami memutuskan menggunakan AI akan sangat cepat,” katanya.

Menurut data BKN, per 30 Juni 2021, jumlah PNS sebanyak 4,08 juta. Bagian terbesar dari institusi lokal adalah 77%, atau 3,1 juta. Indonesia memiliki jumlah pekerja kontrak (PPK) terbesar di kawasan yaitu 49.000, atau 47.000, atau 95% dari total.

[Gambas:Video CNBC]

(dtk/dtk)


Terimakasih Ya sudah membaca artikel Tidak Ada Rekrutmen CPNS di ‘Kiamat’ Jokowi 2022 Resmi?

Dari Situs Fikrirasy ID