Sejarah Hari Korps Marinir Wanita 5 Januari

Sejarah Hari Perempuan, foto: http://kominfo.jatimprov.go.id/
Hari ini, 5 Januari 2022, kami Hari Wanita Angkatan Laut 59. Tahukah kamu? sejarah dari ulang tahun ini?

Sejarah Hari Korps Marinir Wanita

Sejarah Hari Korps Marinir Wanita, foto: setkab.go.id

berdasarkan Website Resmi Pemkab Buleeng, sejarah Hari Perempuan Angkatan Laut (KOWAL) dimulai tepatnya pada tahun 1963 dengan pemberian hak dan kehormatan kepada perempuan di militer.

Hari Kowal Itu diperingati pada tanggal 5 Januari setiap tahun. Dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia, pejuang wanita lahir dengan jejak sejarah yang terukir dengan tinta emas.

Selain berperan penting dalam bidang sosial, budaya dan pendidikan, wanita Pria hebat ini juga berperan penting dalam politik dan militer.

Nah, KOWAL telah menjadi pelopor emansipasi wanita di bidang militer yang sebelumnya hanya diidentikkan dengan laki-laki.

Sejak hari itu diundangkan pada tahun 1963, perempuan telah diberikan hak, tugas dan kehormatan yang sama dengan laki-laki untuk berpartisipasi dalam pendidikan. militer, yaitu dengan bergabung dalam organisasi TNI Angkatan Laut (TNI-AL).

Laksamana Gig Jonias Mozes Sipasulta dari TNI-AL, dikutip dalam laman Armtar Info Historia Buletin Sejarah TNI AL (2018), menyebutkan bahwa TNI AL dibentuk bersamaan dengan berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia. NKRI) 1945.

Oleh karena itu, wajar jika TNI-AL merasakan jatuh bangun perjalanannya ke NKRI ketika mendedikasikan dirinya untuk negara dan negara. Saat itu, perempuan masih dipandang sebelah mata karena dianggap tidak memiliki potensi di militer.

Pada bulan Juli 1961, beberapa perwira staf pendidikan TNI-AL pergi ke Komando Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat di Bandung untuk belajar tentang Korps Wanita (KOWAD), lahir pada tanggal 22 Desember 1960.

Melalui proses belajar kurang dari setahun, saya mempersiapkan diri untuk pembentukan Tentara Wanita (KOWAL).

Pada tanggal 26 Juni 1962, Laksamana TNI RE Martadinata, Laksamana TNI RE Martadinata, Menteri/Panglima Angkatan Laut mengeluarkan SK pembentukan KOWAL untuk memberikan hak, kewajiban, dan kehormatan kepada seluruh wanita Indonesia yang ingin bergabung dengan militer.

Keanggotaan awal KOWAL terdiri dari 12 wanita yang menjabat sebagai mahasiswa penuh waktu pada tanggal 5 Januari 1963, yang sampai sekarang masih diperingati sebagai Hari Wanita Angkatan Laut atau KOWAL (BRP).

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Sejarah Hari Korps Marinir Wanita 5 Januari

Dari Situs Fikrirasy ID