Presiden mengusulkan tiga arah untuk mencegah penyebaran COVID-19 seperti Eropa

JAKARTA (ANTARA) – Menteri Kesehatan Budi Gundi Sadikin mengatakan Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan tiga arahan kepada para menteri untuk mencegah ledakan kasus COVID-19 seperti yang terjadi di Eropa saat ini.

“Presiden telah meminta dengan jelas di Indonesia agar apa yang terjadi di Eropa tidak terjadi di Indonesia,” kata Perdana Menteri Boudhi dalam konferensi pers di Jakarta tentang perkembangan situasi pandemi COVID-19 di Indonesia yang dipantau secara online. . Senin.

Kedua, Presiden Budi meminta semua pihak untuk tidak lengah dengan protokol kesehatan, terutama saat libur Natal dan Tahun Baru.

Baca juga: Pemerintah berencana larang perayaan tahun baru dan cegah lonjakan kasus.

Profesor Budi mengatakan, “Ketiga, kita perlu memantau dengan baik bagaimana mutasi yang diimpor dari luar negeri dan mutasi yang terjadi di Korea dipindahkan oleh laboratorium pengurutan genom.”

Menkes menyebutkan, saat ini telah ditemukan lebih dari 25 mutasi Delta di Indonesia, baik turunan primer maupun sekunder dari mutasi Delta.

Sebelumnya, Profesor Wiku Adisasumito, Juru Bicara Gugus Tugas (TF) Corona 19 menjelaskan, pemerintah telah menerapkan beberapa strategi untuk mencegah lonjakan jumlah kasus terkonfirmasi di akhir tahun.

Beberapa di antaranya adalah pemberlakuan aturan perjalanan baru untuk memastikan orang yang bepergian dalam keadaan sehat dan terlindungi dari risiko penyebaran virus corona, serta penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 yang akan diterapkan di seluruh Indonesia. 24 Desember.

Selain itu, penguatan pengawasan masyarakat terhadap pelaksanaan protokol kesehatan di fasilitas umum, penghapusan libur Natal dan Tahun Baru bersama, serta larangan libur akhir tahun bagi pejabat negara, TNI-Polri, pegawai BUMN, dan masyarakat sipil.

BACA JUGA: Menkes Yakin Vaksin Indonesia Bisa Tangani Strain Baru COVID-19

Baca Juga:  Airlangga: RI mendukung komitmen kita untuk transisi energi melalui teknologi hijau.

Baca Juga: Menkes: Masyarakat Disiplin Pastikan Kehidupan Kembali Normal

Reporter: Aditya Ramadhan
Redaktur: Endang Sukarelawati
HAK CIPTA © Antara 2021

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Presiden mengusulkan tiga arah untuk mencegah penyebaran COVID-19 seperti Eropa

Dari Situs Fikrirasy ID

Leave a Comment