Perry Warjiyo: Sekarang BI bergerak menuju bank sentral hijau.

Penting untuk membangun ekosistem produk keuangan yang berkelanjutan

Jakarta (ANTARA) – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan saat ini BI sedang menuju bank sentral hijau.

“Membangun ekosistem produk keuangan yang berkelanjutan itu penting,” kata Perry Warjiyo dalam acara Kepresidenan G20 Indonesia di Jakarta, Jumat.

Ketersediaan perangkat pasar keuangan hijau, keuangan yang komprehensif dan hijau untuk UMKM, serta ekonomi dan keuangan syariah yang berkelanjutan, merupakan bagian penting dari upaya BI untuk mendukung pengembangan ekosistem hijau Indonesia dengan otoritas terkait.

Dia melanjutkan, otoritas harus mendukung kebijakan insentif dan insentif serta bekerja sama dengan pemangku kepentingan untuk membangun ketahanan infrastruktur, termasuk klasifikasi hijau, layanan validasi, penerbit sertifikat hijau, dan layanan peringkat hijau.

Selengkapnya: BI: Permintaan keuangan hijau memberikan peluang bagi perekonomian Indonesia.

Sementara itu, perbankan dan dunia usaha yang berperan besar di sektor keuangan harus bekerja sama untuk mencapai target penurunan emisi karbon dalam rangka mitigasi risiko perubahan iklim.

“Perbaikan alat dan investasi hijau dapat memainkan peran penting dalam mendorong kemajuan menuju ekonomi hijau yang berkelanjutan dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif,” kata Perry Warjiyo.

Menurutnya, investasi pada produk keuangan hijau yang menyasar energi hijau, transportasi hijau, dan bangunan hijau dapat menciptakan sumber pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja baru.

Ini akan mendukung transisi ke ekonomi dan keuangan yang lebih berkelanjutan dan akan membantu menurunkan emisi gas rumah kaca untuk mendukung Perjanjian Paris 2030 dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB.

Selengkapnya: OJK: Green Taxonomy memberdayakan perangkat yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.
Selengkapnya: OJK Percepat Pengembangan Produk Keuangan Hijau.

Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Risbiani Fardaniah
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Baca Juga:  6.7 Agitasi Gempa Banten, PLN Pastikan Listrik Jawa-Bali Aman

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Perry Warjiyo: Sekarang BI bergerak menuju bank sentral hijau.

Dari Situs Fikrirasy ID