Peringatan BMKG: Peringatan badai petir di beberapa wilayah Indonesia

Hujan dan kilat diprakirakan di Aceh, Riau, Sumatera, Jambi, Benkulu, Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Gorontalo, Maluku, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, dan Papua Barat.

Jakarta (ANTARA) – Badan Meteorologi, Iklim, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini kemungkinan hujan kilat/petir di beberapa wilayah Indonesia pada Selasa (4/1).

Menurut informasi peringatan dini yang dipantau di laman www.bmkg.go.id, Aceh, Riau, Sumatera, Jambi, Bengkulu, Lampung, dan Barat diperkirakan akan diguyur hujan dan kilat di Jakarta pada Senin malam, Senin (3/1). Jawa, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Gorontalo, Maluku, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua dan Papua Barat.

Di Aceh, BMKG memperkirakan potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di Gayo Lues, Aceh Timur, Lhokseumawe, Bireuen, Aceh Utara, Langsa, Aceh Tamiang, Aceh Tenggara, dan sekitarnya.

Untuk Riau, berpotensi hujan sedang hingga lebat pada sore atau malam hari dan dini hari yang berpotensi membawa petir dan angin kencang ke sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Kota Dumai, dan Kabupaten Bengkalis.

Di Sumatera bagian utara, hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang dapat terjadi di beberapa wilayah pantai timur, lereng timur, daerah pegunungan dan pantai barat, sehingga berpotensi menyebabkan banjir dan tanah longsor.

Potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang pada sore hari di OKU, OKU Timur, OKU Selatan, Ogan Ilir, Muara Enim, Prabumulih, PALI, Lahat, Pagaralam di Sumatera Selatan, Wilayah Empat Lawang, Musi Rawas , Musi Rawas Utara dan Musi Banyuasin. Sedangkan di wilayah OKI, Ogan Ilir, Muara Enim, Prabumulih, PALI, Lubuklinggau, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Musi Banyuasin, Banyuasin, dan Palembang berpotensi terjadi hingga dini hari nanti.

Jambi berpeluang hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang pada malam dan dini hari di Kabupaten Batanghari, Kabupaten Saroranggun, Kabupaten Tebo, Kabupaten Muaro Jambi, Kota Jambi, Kabupaten Meerangin, dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur. pagi.

Di Bengkulu berpotensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Bengkulu Utara, Seluma, dan Muko-Muko.

Lampung berpeluang mengalami badai petir disertai kilat dan angin kencang pada siang, malam, dan dini hari di Tuba, Lampura, Lambar, Lamteng, Pesibar, Way Kanan, Tubabar, Mesuji.

Di Jawa Barat, potensi hujan/petir disertai kilat dari sore hingga malam berpotensi terjadi di Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Sukabumi.

Jawa Timur berpeluang hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di Kota Malang, Lumajang, Jember, dan Banyuwangi pada sore dan malam hari.

Bali kemungkinan akan mengalami kilat/petir dan angin kencang dalam waktu singkat di Bali Tengah dan Timur, dan gelombang tinggi 2m atau lebih di Samudra Hindia Selatan Bali. .

Kalimantan Barat, kilat/petir dan kemungkinan hujan disertai angin kencang dalam waktu singkat. Beberapa kabupaten/kota diperkirakan hujan: Sanggau, Melawi, Sanggau, Kapuas Hulu, Sambas, Bengkayang, Landak, Sekadau, dan Sintang.

Potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang pada sore/malam hari di wilayah Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu, dan Kotabaru, serta dari malam hingga dini hari di wilayah Balangan dan Tabalong.

Baca Juga:  Pelatih Biliar Jewered & Diusir, Sumut akan melaporkan Edy Rahmayadi ke polisi.

Potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di wilayah Kalimantan Tengah, Kotawaringin Barat, Lamandau, Sukamara, Kotawaringin Timur, Seruyan, Katingan, Gunung Mas, Kapuas, Palangka Raya, Murung Raya, dan Barito Utara. BMKG juga mengimbau warga Kalteng untuk waspada dan waspada terhadap dampak bencana seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, petir/petir dan pohon tumbang.

Potensi hujan badai/petir pada pagi hari di Kalimantan Timur, Babulu, Kelay, Bengalon, Batu Ampar, Kongbeng, Muara Ancalong, Penajam, Bongan, Muara Pahu, Muara Muntai, Sebulu, Muara Wahau, Tana Grogot . Dan di daerah Sangatta pada siang hari.

Kalimantan Utara, Pujungan, Sungai Boh, Kayan Hilir, Malinau Selatan Hilir, Malinau, Bahau Hulu, Krayan, Krayan Selatan Wilayah hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang pada sore dan malam hari, Malinau Selatan Hulu, Malinau Selatan, Tulin Onsoi dan sekitarnya.

Potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Gorontalo, Boliyohuto, Tillamuta dan Asparaga.

Maluku, Maluku Barat Daya Kabupaten Maluku Tengah, Wilayah Maluku Tenggara, dengan potensi hujan sedang dan badai petir.

Potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di Maluku Utara, Maba, Buli, Weda, Wasile, Subaim dan sekitarnya pada sore atau malam hari.

Sementara itu, di Sulawesi Barat berpeluang hujan sedang hingga lebat dari Kabupaten Mamuju (Mamuju, Sampaga dan Kalukku) dan Mamuju Tengah pada pagi hingga sore hari, disertai kilat/petir dan angin kencang.

Hujan sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang siang malam di kota Sulawesi Tengah, Palu, Sigi, Donggala, Parimo, Poso, Touna, Tolitoli, Buol, Morowali, Morowali Utara, Banggai, Banggai Laut dan Banggai Islands.

Potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang pada siang hari berpotensi terjadi di wilayah Sulawesi Tenggara, Konawe Utara, Kolaka, dan Kolaka Utara.

Potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di Sulawesi Utara, Manado, Tomohon, dan Minahasa.

Potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah NTB, Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Utara, Lombok Timur, Sumbawa Barat, Sumbawa, Bima, siang di Dompu, Bima , Bima dari subuh hingga subuh.

Nusa Tenggara Timur, Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Ende, Flores Timur, Sikka, Lembata, Alor, Sumba Timur, Sumba Barat, Sumba Tengah, Sumba Barat Daya, Belu, TTU, Malaka, TTS, Kabupaten Coupang , Kota Kupang.

Di Papua, dataran tinggi Papua Tengah, berpotensi hujan sedang hingga lebat.

Potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di Papua Barat, Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Tambrauw, Manokwari, Manokwari Selatan, Raja Ampat, Fakfak, Teluk Bintuni, dan Teluk Wondama.

Selengkapnya: BMKG Keluarkan Peringatan Dini Potensi Hujan disertai Petir dan Angin.

Selengkapnya: BMKG: Waspadai peningkatan sambaran petir saat puncak musim hujan.

Baca Selengkapnya: Banyak kota besar di Indonesia diperkirakan akan diguyur hujan disertai petir.

Reporter: Ranga Pandu Asmara Zinga
Editor: Andi Jauhary
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Peringatan BMKG: Peringatan badai petir di beberapa wilayah Indonesia

Dari Situs Fikrirasy ID