Penggunaan kendaraan listrik domestik di bandara dan acara G20

GATE merupakan kebanggaan bangsa Indonesia untuk mendukung karena merupakan karya anak negeri.

Jakarta (ANTARA) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dari Menhub mengatakan kendaraan listrik buatan anak Indonesia akan digunakan di dua bandara internasional, yakni Bandara Soekarno-Hatta dan Yogyakarta (YIA). 2022.

Demikian disampaikan Menteri Perhubungan yang menghadiri pembelian kendaraan listrik ‘GATE’ (Gadjahmada Airport Transporter Electric) dari UGM dan LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) yang digelar di Yogyakarta, Sabtu lalu.

Kementerian Perhubungan bersama PT Angkasa Pura I, PT Angkasa Pura II, Gojek dan Grab membeli 6 kendaraan GATE untuk digunakan di Bandara Soetta dan YIA.

“Gerbang adalah sesuatu yang dibanggakan Indonesia dan merupakan karya anak bangsa, jadi harus didukung. Saya akan beli lagi dan mewarnainya. peristiwa G20 nanti di Bali,” kata Budi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Menhub menjelaskan, hal ini disebabkan upaya merespon perubahan iklim melalui pengurangan emisi gas rumah kaca dan perbaikan lingkungan berkelanjutan, yang muncul sebagai perhatian negara ketua G20 di negara ketua G20.

Mobil GATE ini merupakan hasil kajian kendaraan listrik yang bekerja sama dengan LPDP dan Direktorat Riset UGM yang akan digunakan untuk transportasi bandara.

Kendaraan listrik ini dikembangkan pada tahun 2019 dengan konsep kendaraan listrik jenis kendaraan bandara yang mampu menampung 4 hingga 6 orang dengan kecepatan 21 km/jam.

Turut hadir dalam acara tersebut Direktur Umum PP Kagama Ganjar Pranowo, Direktur Perhubungan Udara Novie Riyanto, Presiden Direktur PT AP II M Awaluddin, Wakil Presiden Kerjasama dan Pleno Alumni UGM Suganda.

Baca juga: Pengamat: Mulai 2022, kita akan melihat antusiasme untuk kendaraan listrik.
BACA JUGA: Departemen Perhubungan Siapkan Transportasi KTT G-20
Baca Juga: Menhub Dukung Produksi Sepeda Motor Listrik Anak-anak di Tanah Air

Baca Juga:  Densus 88 Tindak 364 Terduga Teroris Selama 2021, Cara Menggalang Dananya Mengerikan

Reporter: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Klik Dewanto
HAK CIPTA © ANTARA 2021

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Penggunaan kendaraan listrik domestik di bandara dan acara G20

Dari Situs Fikrirasy ID

Leave a Comment