pendidikan Finlandia

Menyelenggarakan pendidikan di negara manapun merupakan kepentingan hampir setiap anggota masyarakat. Mereka ingin hasil pendidikan mereka memiliki kompetensi yang sesuai atau bahkan melebihi harapan mereka. Untuk memenuhi harapan tersebut, banyak negara belajar atau meniru praktik pendidikan yang dianggap baik di negara lain. Finlandia adalah salah satu negara di mana perlu mempelajari berbagai aspek pendidikan, berdasarkan penilaian oleh berbagai organisasi internasional. Hal ini juga berlaku dan relevan dengan kondisi negara kita.

Republik Finlandia adalah negara dengan luas daratan 338.455 km2 dan jumlah penduduk 5,5 juta jiwa. Pendidikan di negeri ini melalui buku Keajaiban Pendidikan: Prinsip dan Praktik Belajar Mengajar di Sekolah Finlandia (Niemi, H., Toom, A. & Kallioniemi, A., 2016) digambarkan menunjukkan keajaiban.

Komunitas internasional tercengang atas keberhasilan pendidikan Finlandia, yang telah ditunjukkan dengan keberhasilan siswanya di berbagai peringkat. Organization for Economic Cooperation and Development (OECD), misalnya, melaporkan hasil penilaiannya. Program Penilaian Siswa Internasional (PISA) menunjukkan bahwa Finlandia selalu menjadi yang teratas dalam matematika, sains, dan membaca. Pendidikan tinggi juga menempati urutan pertama di negara ini, menurut World Economic Forum (2013).

Meskipun beberapa negara lain mengikutinya, Finlandia secara konsisten menempati peringkat di antara negara-negara teratas dalam pendidikan. Pada tahun 2019, UNDP menerbitkan laporan bahwa menurut Indeks Pendidikan di Finlandia, rata-rata jumlah tahun sekolah untuk orang dewasa dan jumlah tahun yang diharapkan untuk pendidikan untuk anak-anak berada di urutan keempat.

Meskipun masyarakat internasional memuji keberhasilan pendidikan Finlandia, orang Finlandia menerima begitu saja. mengapa? Karena masyarakat disana melihat pendidikan sebagai bagian penting dari kehidupan. Peringkat dan persaingan tidak umum dalam sistem sosial mereka. Finlandia hanya dalam 10 tahun terakhir ekspor pendidikan Untuk memasarkan pendidikan mereka.

Keberhasilan pendidikan Finlandia didukung oleh penghargaan terhadap guru sebagai profesi bergengsi. Karena pendapatan guru sama dengan pendapatan dokter, pilihan profesi guru lebih besar daripada pilihan profesi lain. Tak heran jika pilihan mengikuti pendidikannya pun sangat ketat. Titik awal keberhasilan pendidikan Finlandia adalah reformasi pendidikan visioner, kurikulum nasional untuk pendidikan dasar, kerangka kerja yang dikembangkan secara fleksibel oleh guru dengan kurikulum berbasis sekolah, pembelajaran yang membuat siswa dan sekolah belajar. masyarakat. Pendidikan di sana juga sangat memperhatikan mata kuliah, materi dan pembelajaran penelitian. Penggunaan teknologi digital, khususnya Internet, sangat luas dan intensif.

sistem Pendidikan

Struktur sistem pendidikan di Finlandia tidak jauh berbeda dengan negara lain. Ada program pendidikan dini untuk anak-anak, seperti: Pusat penitipan anak), pendidikan prasekolah berlanjut sampai usia 6 tahun. Selama sembilan tahun ke depan, semua anak mengikuti pendidikan dasar (SD dan SMP) dalam sistem sekolah komprehensif, dan tiga tahun berikutnya melanjutkan ke sekolah menengah. Saat ini, pendidikan tinggi dan pendidikan orang dewasa termasuk dalam kategori wajib. Dalam proses pendidikan, tidak ada paksaan dalam belajar, seperti memaksa anak belajar membaca, menulis, dan berhitung sejak dini atau menghukum mereka yang tidak belajar.

Baca Juga:  Puluhan objek luar angkasa diidentifikasi sebagai planet nakal

Untuk menyelesaikan pendidikan dasar 9 tahun, tidak ada penyaringan penerimaan terkait dengan kemampuan akademik (Pelacakan) atau mengelompokkan siswa berdasarkan prestasi (anak sungai). Sebaliknya, setiap kelas dikelola sesuai prinsip inklusi dengan memfasilitasi anak berkebutuhan khusus. Setelah menyelesaikan pendidikan dasar, siswa memilih jalur akademik atau Rukio (semacam sekolah menengah) atau jalur kejuruan atau Amatiophyllitus (Jenis SMK) 3 tahun. Setelah menyelesaikan pendidikan menengah, Anda dapat memasuki pendidikan tinggi dalam bentuk universitas atau politeknik. Amatikor Keakulu (Universitas ilmu terapan).

Pendanaan Pendidikan

Pada dasarnya, sekolah didirikan dan dibiayai oleh pemerintah negara bagian atau lokal, tetapi ada juga lembaga pendidikan swasta. Sekolah swasta berlisensi pemerintah menerima dana pemerintah dengan biaya yang sama dengan sekolah negeri. Dengan cara ini, baik sekolah negeri maupun swasta tidak dapat memungut biaya. Tidak ada proses seleksi untuk masuk ke sekolah tersebut. Proses penerimaan siswa baru di semua sekolah negeri dan swasta adalah sama.

Kelas memiliki tidak lebih dari 20 siswa dan harus diajarkan bahasa asing selain bahasa Finlandia atau Swedia.

Untuk siswa dengan pendidikan dasar sembilan tahun, sekitar 4-11 jam per minggu dikhususkan untuk kelas seni, musik, memasak, pertukangan, bengkel dan tekstil. Suasana kelas dan sekolah santai dan informal. Gedung sekolah dan ruangan interiornya bersih sehingga siswa hanya bisa memakai kaos kaki tanpa sepatu. Bahkan dalam cuaca ekstrim seperti dingin atau hujan, kegiatan di luar ruangan sangat ditekankan.

Kegiatan ekstrakurikuler seperti musik dan hobi lainnya digalakkan oleh sekolah. Membaca merupakan kegiatan yang dirangsang dan biasanya dilakukan (tidak dipaksakan) sejak kecil. Perlu dicatat bahwa Finlandia adalah penerbit buku anak-anak terbesar di dunia. Demikian juga, program televisi berbahasa asing tidak boleh ditayangkan.sulih Fikrirasy.ID, Namun, itu datang dengan teks.

Tidak ada ujian nasional yang mengukur kemampuan individu setiap siswa. Evaluasi pendidikan semata-mata bertujuan untuk memajukan proses pembelajaran dan menjadi tanggung jawab sekolah kepada setiap guru. Fikrirasy.ID penilaian menggunakan rentang 4-10. Pada tahun pertama pendidikan dasar, banyak sekolah yang tidak menerapkan penilaian formal. Sekolah memberikan laporan (laporan) kepada orang tua dua kali setahun pada akhir musim gugur dan akhir musim semi.

Dalam menghadapi siswa yang mengalami kesulitan belajar, sekolah menerapkan proses progresif. Pertama, siswa diberi kesempatan untuk mengulang beberapa kali. Dalam hal pencapaian tujuan penyelesaian tidak berhasil, sekolah memfasilitasi ini melalui bantuan khusus. Karena prestasi akademik yang rendah, sangat jarang guru atau manajemen sekolah menelepon dan mewawancarai siswa dan/atau orang tua.

Setiap sekolah juga memiliki Puskesmas, setiap siswa diberikan makan siang gratis yang bergizi, dan disediakan buku serta bahan belajar. Sekolah juga secara rutin mengadakan field trip gratis. Selama kegiatan, sekolah akan menyediakan akomodasi gratis bagi siswa dan guru jika perjalanan sulit.




Terimakasih Ya sudah membaca artikel pendidikan Finlandia

Dari Situs Fikrirasy ID