takut! Korea Utara berhasil meluncurkan rudal yang dipasang di kereta

Jakarta, CNBC Indonesia – Situasi di Semenanjung Korea masih memanas. Kemarin, militer Korea Utara (Korut) menembakkan dua peluru kendali taktis atau peluru kendali yang diangkut dengan kereta api.

Seperti dilaporkan AFP pada Sabtu, 15 Januari 2022, militer Korea Selatan mengatakan telah mendeteksi peluncuran dua rudal balistik jarak pendek pada Jumat, 14 Januari 2022. Insiden itu terjadi beberapa jam setelah Korea Utara menuduh Amerika Serikat memprovokasinya setelah sanksi baru-baru ini.

Kantor Berita Pusat Korea yang dikelola pemerintah Korea Utara mengatakan, “Tes ini untuk memeriksa dan mengevaluasi kemampuan rudal taktis.”

Korea Utara sebelumnya melakukan uji tembak rudal dari kereta api pada September 2021.

“Peluncuran ini menunjukkan kemampuan manuver dan tingkat serangan yang tinggi. Sejumlah masalah dibahas untuk membangun sistem operasi rudal transportasi kereta api yang tepat di seluruh negeri,” tulis KCNA.

Kepala Staf Gabungan mengatakan rudal itu terbang di ketinggian 430 km di ketinggian 36 km.

Ini adalah uji coba rudal ketiga Korea Utara bulan ini. Sebelumnya, Korea Utara meluncurkan rudal pada 5 dan 11 Januari.

Menanggapi tindakan Korea Utara, Amerika Serikat memberlakukan sanksi baru terhadap Korea Utara minggu ini. Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken mengatakan Korea Utara “berusaha mendapatkan perhatian” dengan serangkaian peluncuran rudal.

Menanggapi sanksi AS, Korea Utara menuduh AS sengaja meningkatkan ketegangan antara kedua negara. Seorang juru bicara kementerian luar negeri Korea Utara mengatakan Korea Utara memiliki hak yang sah untuk membela diri.

[Gambas:Video CNBC]

(mikrofon/mikrofon)


Terimakasih Ya sudah membaca artikel takut! Korea Utara berhasil meluncurkan rudal yang dipasang di kereta

Dari Situs Fikrirasy ID

Baca Juga:  Tanah longsor Sumedang mengancam puluhan rumah