Pemkab Muba Perkuat Koordinasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Lahan Gambut

Pemkab Muba perketat koordinasi pengendalian kebakaran hutan dan lahan di lahan gambut
Benny Ernedy, Bupati Muba. foto: spesial

Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) berkomitmen untuk menjaga produktivitas lingkungan dengan melibatkan masyarakat setempat dalam upaya perlindungan lingkungan, khususnya di bidang pencegahan dan penanggulangan karhutla di lahan gambut.

Pj Bupati Muba, Beni Hernedi, mengatakan pemerintah Muba terus mendorong upaya perlindungan lingkungan Muba, khususnya pencegahan hutan dan kebakaran, serta menjaga produktivitas lahan gambut Musi Banyuasin itu sendiri.

“Pemerintah Kabupaten Muba terus mengupayakan perlindungan lingkungan dan relokasi kebakaran hutan dan lahan gambut yang berdampak kebakaran hutan,” kata Beni saat menggelar lokakarya pengendalian kebakaran hutan dan lahan gambut.

Beni mengatakan Kabupaten Muba sangat rawan kebakaran dan kebakaran hutan saat musim kemarau, sehingga perlu meningkatkan koordinasi, komunikasi dan kolaborasi dalam pencegahan dan pengendalian.

Menurutnya, semua pemangku kepentingan harus bersama-sama melakukan tindakan nyata dan nyata, antara lain pengembangan sektor penghijauan, pengembangan hasil penghijauan, dan industri kehutanan yang mengutamakan aspek pengelolaan kehutanan, gambut, dan perlindungan lingkungan.

Pihaknya akan berkolaborasi dalam pembangunan ekonomi masyarakat Kabupaten Muba, termasuk upaya penanggulangan kemiskinan melalui pengembangan program pendampingan, community development, dan penyaluran program CSR.

“Kerjasama pasti meningkat untuk mendorong pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Muba,” ujarnya.

Yuwono Aries, koordinator PUKL Kabupaten Muba, mengatakan workshop ini memberikan informasi tentang maskot Musi Banyuasin, khususnya dalam perlindungan lingkungan dan pencegahan kebakaran hutan dan gambut.

Hal ini juga bertujuan untuk mensosialisasikan kerangka peraturan mengenai larangan penggunaan teknologi pembakaran lahan di perkebunan atau rencana penanaman kembali, pembukaan atau pengolahan lahan pertanian.

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Pemkab Muba Perkuat Koordinasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Lahan Gambut

Dari Situs Fikrirasy ID

Baca Juga:  Dr Terawan Suntikkan Nusantara Vaccine Booster ke Prabowo