Pembunuhan Ilegal Transkrip FPI, Pakar DNA di RS Polri Temukan Banyak Noda Darah di Mobil

Fikrirasy.ID – Pakar DNA di RS Polri Kramat Jati itu diumumkan jaksa atau jaksa dalam sidang lanjutan kasus pembunuhan tidak sah Laskar FPI yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (1 April 2022). Nama ahlinya adalah Irfan Rovik.

Irfan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya menemukan banyak noda darah dalam proses identifikasi dua kendaraan setelah penembakan. Kedua mobil itu milik polisi dan milik anggota FPI Laskar.

Selanjutnya, lembaga penelitian forensik Polri menggunakan darah yang ditemukan sebagai sampel untuk memastikan identitas korban.

“Awalnya kami tim berempat untuk memverifikasi identitas mobil Xenia. Kami menemukan banyak noda darah,” kata Irfan di ruang utama PN Jakarta Selatan.

Baca juga:
Kasus Pembunuhan Ilegal, Ahli Forensik: Tembakan Tembak Tewaskan 4 Unit FPI

Selama proses identifikasi, Irfan belum bisa memastikan apakah noda darah tersebut adalah darah manusia atau bukan. Karena itu, lanjutnya, ada beberapa metode yang digunakan untuk mengetahui sumber noda darah yang ditemukan di TKP.

“Kemudian kami akan melakukan profil DNA individu di dalam mobil setelah darah tersebut diidentifikasi sebagai darah manusia untuk menentukan apakah noda darah tersebut adalah darah manusia,” jelas Irfan.

Setelah menyimpulkan bahwa noda darah tersebut adalah darah manusia, Irfan mengatakan pihaknya sedang membuat profil DNA dari darah tersebut. Akibatnya, noda darah yang ditemukan di kendaraan Xenia milik polisi itu termasuk profil DNA atau individu dari empat orang.

“Hasilnya ada di BAP, ada empat profil DBA yang terpisah dan kami masukkan ke dalam hasil BAP (laporan ujian),” kata Irfan.

Ditemukan dua profil DNA pada noda darah mobil tipe Chevrolet milik Laskar FPI. Namun, Irrfan mengaku belum bisa memastikan identitas korban secara detail dengan mengacu pada sampel darah.

Baca Juga:  Populasi tikus kanguru yang pernah punah sekarang berjumlah ratusan.

Baca juga:
Prajurit FPI Sidang Pembunuhan Ilegal, Ahli, Brigadir Satu Fikri Luka Alami Akibat Benda Tumpul

Tidak ada bukti, seperti DNA komparatif, sampai-sampai tim DNA di rumah sakit polisi tidak bisa memastikan identitas korban.”



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Pembunuhan Ilegal Transkrip FPI, Pakar DNA di RS Polri Temukan Banyak Noda Darah di Mobil

Dari Situs Fikrirasy ID