Timnas Indonesia Maju ke Final AFF Suzuki Cup 2020, Kalahkan Singapura Total 5-3

Fikrirasy.ID – Timnas Indonesia melaju ke Final AFF Suzuki Cup 2020 setelah menang 4-2 atas Singapura pada leg kedua semifinal di Singapore National Stadium, Sabtu (25/12/2021) malam. Alhasil, Indonesia memenangkan leg pertama dengan agregat 5-3 setelah bermain imbang 1-1.

Indonesia dengan susah payah mengalahkan Singapura di leg kedua semifinal untuk menang. Setelah kedua tim bermain imbang 2-2, permainan akan dilanjutkan pada perpanjangan waktu hingga waktu permainan reguler berakhir.

Indonesia memimpin melalui kebocoran dari Ezra Walian pada menit ke-11. Menjelang akhir babak pertama, Singapura bermain dengan 10 pemain setelah Safuwan Baharudin diusir keluar lapangan pada menit ke-45+2.

Singapura menyamakan kedudukan pada menit 45+4 melalui Song Eui-young yang sempat ricuh di depan gawang Indonesia usai tendangan bebas Singapura.

Singapura kehilangan pemain lain pada menit ke-67 saat Irfan Fandi diusir keluar lapangan. Gol Indonesia dikawal kiper Nadeo Argawinata.

Kehilangan tujuan ini, tekanan Indonesia meningkat. Arhan pertama mengikat 87 dalam 2-2 menit.

Baca juga:

Saat pertandingan reguler hampir berakhir, Singapura mendapat peluang bagus melalui tendangan penalti di menit ke-89 babak pertama.

Peluang emas Singapura berhasil diblok oleh kiper Nadeo Argawinata setelah tembakan dari kiri Faris Ramli dapat diblok kiper Argawinata yang mengarah ke sepak pojok.

‘ ‘Hatiku akan hancur. Jika kedudukan 2-2 dan Singapura terkena sanksi. Penyelamatan luar biasa Nadeo Argawinata. Ini menarik dan menegangkan. Skor mengikuti satu sama lain. Selamat kepada seluruh pemain yang tampil baik di dua babak semifinal,” kata Presiden PSSI Mochamad Iriawan, dikutip dari laman PSSI.

Skor tetap 2-2 hingga akhir waktu bermain reguler dan pertandingan berlanjut hingga perpanjangan waktu.

Baca Juga:  Total Belanja Dana Desa Diklaim Capai Rp 400,1 triliun, Jokowi: Kenapa Diem? kejutan?

Saat perpanjangan waktu dimulai, Indonesia langsung menyerang. Di menit pertama perpanjangan waktu, Indonesia menang 3-2 berkat gol bunuh diri Shawal Anouard. Egy Maulana Vikri mencetak gol di menit 105+2 untuk memastikan kemenangan 4-2 Indonesia.

Menjelang akhir pertandingan, Singapura kehilangan satu pemain lagi. Kiper Hassan Sunny diusir keluar lapangan pada menit ke-119 karena melakukan pelanggaran sedang terhadap Irfan Jaya dari luar kotak di mana ia harus berhadapan dengan kiper Hassan Sunny.

Itu diberikan kepada striker Ikhsan Fandi untuk menggantikan tempat tujuan Hassan Sunny. Tidak ada gol tambahan yang tercipta hingga akhir pertandingan.

Di babak final, Indonesia akan berhadapan dengan pemenang semifinal antara Thailand dan Vietnam. Thailand menang 2-0 di leg pertama perempat final. Final leg pertama akan digelar pada 29 Desember 2021, dan final leg kedua akan digelar pada 1 Januari 2022.

”Pesanku. Menangkan dua pertandingan di final. Tidak ada masalah jika Thailand atau Vietnam bertemu kami di final. Yang utama adalah fokus dan tidak lengah. Kita pasti bisa,” imbuh Iriawan.

Ini adalah keenam kalinya Indonesia mencapai final. Sebelumnya pada tahun 2000, 2002, 2004, 2010 dan 2016. ”Kami terakhir memenangkan ASEAN pada 1991. Itu juga selama tahap permainan SEA. Dengan pemain dan pelatih yang mumpuni, saatnya kita menjadi yang terbaik,” tutup Iriawan. (Bing)

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Timnas Indonesia Maju ke Final AFF Suzuki Cup 2020, Kalahkan Singapura Total 5-3

Dari Situs Fikrirasy ID