Pekan depan, Republik Rakyat Demokratik Korea dan pemerintah akan segera menetapkan jadwal pemilu 2024.

Fikrirasy.ID – Pemerintah dan DPR belum menetapkan tanggal pemilihan umum 2024, tetapi Ketua DPR Ahmad Doli Kurnia memastikan jadwal pemilihan akan dibahas minggu depan.

Keputusan akan diambil melalui rapat tingkat kerja antara Komite II, Pemerintah, dan penyelenggara pemilu KPU dan Bawaslu.

“Minggu depan kita akan bekerja sama untuk menentukan timeline dan tahapan pilkada,” kata Doli, Senin (17 Januari 2022) di Gedung DPR Senayan, Jakarta.

Untuk diketahui, Komisi II sebelumnya menargetkan jadwal pemilu ditentukan terlebih dahulu sebelum dilakukan uji kelayakan dan kesesuaian calon anggota KPU dan Bawaslu baru. Tapi Doli membenarkan. Tes Layak dan Patut Anggota baru tidak mempengaruhi keputusan tanggal pemungutan Fikrirasy.ID.

Baca juga:
Jadwal Pemilu Belum Ditentukan KPU, Pengamat: Indonesia Dipimpin Pj Presiden?

“Intinya seperti yang saya bilang tadi, saya minta pemerintah berintegrasi dengan penyelenggara. Itu antara Mei-Februari, jadi antar penyelenggara,” kata Doli.

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan II Saan Mustopa menginginkan Pilkada 2024 segera diagendakan. Dengan cara ini, diharapkan spekulasi lanjutan bisa terbantahkan.

“Untuk menghindari spekulasi dari luar bahwa nanti akan ada pengunduran diri di masa kepresidenan, misalnya. Ketika pemilihan presiden 2024 diputuskan, jabatan publik akan terbantahkan,” kata Saan di kompleks parlemen Senayan. , Selasa (11/1/2022).

Saan mengatakan Komisi II saat ini sedang rapat dengan Kementerian Dalam Negeri, bersama KPU dan Bawaslu, untuk menentukan jadwal pemilu.

Dikatakannya, Komite II terlebih dahulu akan menggelar rapat internal. Rapat internal akan dijadwalkan untuk membahas dengan KPU dan pemerintah.

Baca juga:
Jadwal Pilkada 2024 Belum Ditentukan, PKB: Karena Rumit dan Agak Rumit

Sementara itu, Wakil Ketua Komite II Luqman Hakim mengatakan, Dewan II menargetkan akan diberikan jadwal pemilihan sebelum Dewan II melakukan uji kelayakan dan kepatutan calon anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027. Kesesuaian dan uji kelayakan ditargetkan selesai pada Februari.

Baca Juga:  Piala AFF 2020: Vietnam ditahan di Indonesia, puji Park Hang-seo



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Pekan depan, Republik Rakyat Demokratik Korea dan pemerintah akan segera menetapkan jadwal pemilu 2024.

Dari Situs Fikrirasy ID