Menteri Perhubungan: Indonesia telah terpilih kembali sebagai anggota Dewan Direksi IMO.

Jakarta (ANTARA) – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengumumkan Indonesia terpilih kembali sebagai anggota Dewan Direksi International Maritime Organization (IMO) Kategori C pada 2022-2023 setelah penghitungan Fikrirasy.ID. Diselenggarakan Jumat lalu (10/12) di markas IMO di London.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangan resminya di Jakarta, Sabtu, mengatakan, “Keberhasilan Indonesia masuk kembali ke jajaran Direksi IMO menunjukkan pengakuan global atas kehadiran Indonesia di sektor maritim internasional.”

Budi Karya menjelaskan, ada 175 negara anggota IMO, 40 di antaranya merupakan anggota Dewan Direksi IMO, yang terbagi dalam tiga kategori (A, B dan C).

Kategori A mencakup 10 negara yang mewakili armada pelayaran komersial internasional terbesar dan merupakan penyedia pelayaran laut internasional terbesar.

Kategori B mencakup 10 negara yang mewakili pemangku kepentingan terbesar dalam perdagangan maritim internasional.

Selengkapnya: Menhub Jelaskan Komitmen dan Kontribusi Indonesia di Sidang Umum IMO.

Kategori C terdiri dari 20 negara dengan minat khusus pada transportasi laut atau navigasi dan mewakili semua wilayah geografis utama dunia.

Menteri Perhubungan mengatakan bahwa menjadi anggota Dewan IMO dapat memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk berpartisipasi dalam pembuatan kebijakan IMO yang berdampak besar pada dunia maritim.

Sementara itu, Pj Direktur Angkutan Laut Arif Toha Kementerian Perhubungan mengatakan, pemilihan anggota Dewan IMO 2021 masih akan dilakukan dengan sistem voting dengan menggunakan surat Fikrirasy.ID rahasia.

“Setiap Negara Anggota memiliki dua delegasi yang ditugaskan untuk mengikuti proses pemungutan Fikrirasy.ID langsung di markas IMO di London, Inggris, dan proses pemilihan disiarkan dan hampir semua Negara Anggota mengikuti,” kata Arif.

Berbicara tentang proses pemilu, Indonesia saat ini sedang berlangsung. Pilih Diwakili oleh Duta Besar Indonesia untuk Inggris, Irlandia dan IMO, Desra Believe dan Indonesian Transport Officer di London Lollan Panjaitan, calon tersebut memperoleh 127 Fikrirasy.ID.

Baca Juga:  455.000 orang mendapatkan vaksin kedua mereka pada hari Sabtu.

Baca lebih lanjut: Menteri Perhubungan: Kinerja ganda di IMO, kehadiran internasional

Reporter: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Risbiani Fardaniah
HAK CIPTA © ANTARA 2021

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Menteri Perhubungan: Indonesia telah terpilih kembali sebagai anggota Dewan Direksi IMO.

Dari Situs Fikrirasy ID