Jokowi di pertemuan B20 menawarkan bisnis energi dan transportasi kepada investor global

Jokowi di pertemuan B20 menawarkan bisnis energi dan transportasi kepada investor global
Presiden Indonesia Joko Widodo berbicara dengan para pemimpin dunia selama KTT G20 di Roma, Italia, pada tanggal 10 (waktu setempat). Foto: Laily Rachev/Kantor Pers Kantor Kepresidenan

Presiden Jokowi Resmikan Jokowi B20 pertemuan pendiri, salah satu rangkaian acara kepresidenan Indonesia di G20. Pada pertemuan yang dihadiri oleh para pemimpin bisnis, pejabat senior pemerintah dan asosiasi bisnis global, Jokowi mengatakan Indonesia telah memberikan sebanyak mungkin peluang kepada investor yang ingin berinvestasi.

Salah satu yang ditawarkan Jokowi adalah investasi di sektor ekonomi hijau, dari transisi energi dari bahan bakar fosil ke energi terbarukan hingga pengembangan transportasi berbasis listrik.

Dia mengatakan Indonesia akan pensiun dari pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) dan beralih ke pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) dan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Jumlah PLTU yang akan pensiun mencapai ribuan, tersebar di Pulau Jawa dan Sumatera.

"Dan kita dapat melibatkan sektor swasta untuk berinvestasi dalam transisi energi ini. Saat ini ada pembangkit listrik 5,5 gigawatt yang siap untuk program tersebut. pensiun dini“, kata Jokowi saat membuka acara B20. pertemuan pendiriKamis (27/1).

Menurut Jokowi, Indonesia saat ini memiliki potensi energi baru terbarukan sebesar 418 gigawatt dari air, panas bumi, angin, dan matahari. Jokowi mengatakan Indonesia mulai beralih dari energi fosil ke EBT. Jokowi optimistis kebijakan transisi energi ini akan membantu memastikan kepastian investasi.

“Transisi menuju ekonomi hijau yang berkelanjutan merupakan tanggung jawab sekaligus peluang besar. Potensi sektor EBT harus diikuti dengan skenario dan roadmap yang jelas, termasuk pendanaan dan investasi.”

Jokowi di pertemuan B20 usulkan bisnis energi dan transportasi ke investor global (1)
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengunjungi PLTP Fikrirasy.ID Kecil Dieng. Foto: Dok. bendahara

Selain itu, Jokowi telah mengusulkan investasi di bidang elektrifikasi transportasi. Seperti diketahui, Indonesia telah mulai melakukan dekarbonisasi sektor transportasi seiring dengan perkembangannya. kota massal Transportasi seperti LRT dan MRT di Jakarta. Selain itu, pemerintah mendorong investasi di pabrik kendaraan listrik.

Baca Juga:  Sandiaga Uno mengajak kaum milenial ke sebuah peluang metaverse.

Untuk itu, Jokowi menyarankan agar anggota B20 juga dapat berpartisipasi dalam transformasi energi di sektor transportasi.

“Dalam hal pendanaan dan kemitraan, solusi global ada dalam agenda kami, termasuk transfer teknologi untuk mendorong produksi berbasis ekonomi hijau. Kami merekomendasikan investasi yang dapat menciptakan nilai tambah yang saling menguntungkan.”

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Jokowi di pertemuan B20 menawarkan bisnis energi dan transportasi kepada investor global

Dari Situs Fikrirasy ID