Banjir Banjir Cileunyi-Rancaekek Bandung, 2.987 luka-luka

Jakarta, CNN Indonesia —

banjir Pada Jumat (24/12), Jawa Barat, Kabupaten Bandung menyerang dua kecamatan. Banjir tersebut dipicu luapan Sungai Cigalumpit, anak sungai Ciyasana, dan luapan Sungai Cibeusi. hujan deras.

Wilayah yang terkena dampak banjir adalah Desa Cileunyi Wetan, Kecamatan Cileunyi, Rancaekek Kulon dan Desa Rancaekek Wetan, Kecamatan Rancaekek.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melaporkan, 878 KK atau 2.987 jiwa terdampak. Rinciannya 2.703 orang di wilayah Rancaekek dan 284 orang di wilayah Cileunyi.

“Tidak ada laporan warga yang dievakuasi dari banjir,” kata Plt. Abdul Muhari, Direktur Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Sabtu (25/12).

Muhari mengatakan 60 rumah terkena dampak, salah satunya rusak parah. Selain itu, dua masjid terendam banjir, satu jembatan rusak parah, dan lima hektar sawah terendam banjir.

Hujan deras dan banjir di tiga sungai menyebabkan salah satu tebing mengalami longsor sepanjang 10 meter dan longsor setinggi 5 meter. Tidak ada korban jiwa akibat banjir dan tanah longsor.

BPBD Jawa Barat bekerja sama dengan BPBD Kabupaten Bandung untuk melakukan penanganan darurat tersebut. Banjir dilaporkan berangsur-angsur berkurang hingga sore ini. Tapi cuaca di lapangan masih hujan.

garut longsor

Longsor juga dilaporkan terjadi pada Sabtu (25/12) WIB 14:30 WIB di empat desa di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Tanah longsor mengancam 179 warga. Sebagian warga mengungsi ke rumah kerabat yang dianggap lebih aman.

Warga terdampak berasal dari Desa Mekarmulya, Desa Mekarwangi dan Desa Selaawi di wilayah Talegong. dan Kecamatan Sukamaju, Desa Sukamaju.

Longsor menyebabkan tiga unit Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan satu gedung Posyandu rusak parah. Dilaporkan juga bahwa akses ke dua jalan desa diblokir.

Baca Juga:  Pakar Hukum Tawarkan Hukuman Kasasi Pemeriksaan Penembak Laskar FPI Gratis

BMKG telah mengeluarkan peringatan dini cuaca hingga 30 Desember 2021 yang menyatakan bahwa Jawa Barat berpeluang mengalami cuaca ekstrem berupa puting beliung dan hujan lebat yang dapat menyebabkan banjir dan tanah longsor.

Dalam sepekan terakhir, banjir dan tanah longsor dilaporkan terjadi di Jawa Barat dan Kabupaten Bogor, seperti Kabupaten Sumedang.

BNPB mengimbau kepada pemerintah daerah untuk memperkuat kewaspadaan dan bersiap menghadapi potensi gempa susulan.

“BPBD diharapkan dapat memastikan ketersediaan logistik di daerah yang berisiko tinggi terhadap bencana hidrometeorologi basah sebagai bentuk kesiapsiagaan jika diperlukan,” kata Muhari.

(Tim/Pra)

[Gambas:Video CNN]




Terimakasih Ya sudah membaca artikel Banjir Banjir Cileunyi-Rancaekek Bandung, 2.987 luka-luka

Dari Situs Fikrirasy ID