Baca Doa Takviratul Iram dan Iftita meaningful

Fikrirasy.ID – Gerakan dan bacaan doa yang benar termasuk dalam rukun ibadah. Oleh karena itu, Anda perlu memahami cara membaca takbiratul ihram yang benar.

Jika seorang Muslim berdoa dengan baik, ia akan menerima berkah dan pahala dari Allah SWT. Namun jika shalatnya tidak baik, maka ia akan dirugikan. Salah satu amalan sholat yang perlu diperhatikan adalah pembacaan Takviratul Ihram.

Berikut adalah deskripsi dari . membaca takviratul iram Dan doa Iftitah yang harus dipahami umat Islam dengan baik.

Baca Takviratul Iram

Baca juga:
Hujan Hujan Badai Tasikmalaya, Warga Seru Allahu Akbar

Takbiratul ihram atau nama lain takbiratul ula, yaitu takbir pertama di awal shalat dan diawali dengan niat. Ketika takbiratul ihram atau takbiratul ula adalah takbir, bacaannya adalah:

“Allahu Akbar” artinya “Tuhan Maha Besar”.

Rasulullah SAW membacakan Takvir dengan keras hingga orang-orang di belakangnya bisa mendengarnya. Jadi bagaimana dengan ibu? Rasulullah SAW pun memerintahkan takbir. Saat mempelai wanita mengucapkan “Allaahu akbar”, ucapkan “Allaahu akbar”. (HR Ahmad dan Baihaqi).

baca iftita

Setelah takbiratul ihram kita juga sunnah membaca doa berbuka puasa dengan puji syukur kehadirat Allah SWT. Rasulullah SAW “Tidak sempurna shalat seseorang sampai dia membaca Takvir, memuji Allah, memujinya, dan membaca Al-Qur’an yang mudah baginya” (HR Abu Dawud dan Hakim).

Baca juga:
Kapan batas waktu shalat Isya? penjelasan ulama.

Berikut adalah sebagian dari bacaan Iftita yang diajarkan oleh Nabi.

Sholat Iftita 1

Alloohumma baa’id bainii wa baina khothooyaaya kamaa baa’adta bainal masyriqi wal maghribi. Alloohumma naqqinii minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minad danas.

Artinya: “Ya Allah, peliharalah aku dari dosa-dosaku sebagaimana Engkau menjaga timur dan barat. Ya Allah, bersihkanlah aku dari dosa-dosaku sebagaimana Engkau mengenakan jubah putih yang bersih dari debu. Ya Allah, dengan air dan salju dan air. Bersihkan dosa-dosaku, embun.” , (HR Bukhari dan Muslim).

Baca Juga:  Update Covid-19 per 21/11/21: Tambah 314 kasus, DKI Jakarta terbaik

Sholat Iftita 2

“Alloohu akbar kabiirow wal hamdu lillaahi katsiiroo wasubhaanalloohi bukrotaw wa-ashiilaa”, Artinya: “Allah Maha Besar, pujilah Allah dengan banyak pujian. Maha Suci Allah di pagi dan sore hari”, (HR Muslim).

Sholat Iftita 3

“Innii wajjahtu wajhiya lilladzii fathoros samaawaati wal ardlo haniifaa wamaa ana minal musyrikeen. Inna sholaatii wa nusukii wamahyaa wa mamaatii lillaahi robbil ‘aalamiin. Artinya: “Aku menghadapkan wajahku kepada Tuhan yang menciptakan langit dan bumi dalam ketaatan dan aku bukan musyrik. Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Tuhan Allah. Dunia. Untuk tidak ada sekutu baginya, dan dengan itu aku diberi perintah, dan akulah yang pertama menyerah.” (HR Ibnu Majah).

jadi membaca takviratul iram Dan doa iftitah yang harus Anda baca ketika Anda berdoa.

Kontributor: Rishna Maurina Pratama



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Baca Doa Takviratul Iram dan Iftita meaningful

Dari Situs Fikrirasy ID