Shinta Kamdani Ditunjuk Sebagai Ketua Forum B20

Jakarta, CNN Indonesia

Wakil Presiden Kamar Dagang Indonesia Sintha Ouijaja Kamdani Diangkat sebagai Ketua Forum Bisnis (B20) saat di kantor G20. Dia adalah pemimpin wanita pertama yang memegang posisi ini dalam latar belakang ekonomi Asia yang sedang berkembang.

Seperti diberitakan dalam keterangan resmi B20 Indonesia, Shinta Widjaja Kamdani akan menggantikan Emma Marcegaglia yang menjabat sebagai chairman pada masa kepresidenan B20 Italia 2021.

Shinta mengatakan rendahnya keterwakilan perempuan di forum ekonomi global dan kepemimpinan bisnis merupakan masalah yang kompleks.

“(Masalahnya) bermula dari ketimpangan pendidikan anak perempuan, ketimpangan kesempatan kerja dan minimnya akses perempuan terhadap manfaat ekonomi formal,” kata Shinta pada peresmian B20 Indonesia, dikutip Selasa. Satu).

Dia mengatakan inklusivitas perempuan adalah masalah global. G20 dan semua kelompok dalam G20 mempromosikan perkembangan ini, termasuk memberdayakan perempuan untuk memaksimalkan potensi ekonomi global.

“Dari sisi bisnis, saya tahu masih banyak perusahaan yang belum mengambil langkah untuk mengatasi kesenjangan gender,” kata Shinta. “Bayangkan seberapa besar potensi pertumbuhan ekonomi yang bisa dicapai jika lebih banyak perempuan yang mampu berpartisipasi dalam perekonomian. .”

Sebagai referensi, World Economic Forum (WEF) memperkirakan bahwa pemberdayaan perempuan dalam ekonomi global dapat menghasilkan pertumbuhan PDB global sebesar $28 triliun.

Tahun ini, B20 Indonesia akan fokus pada beberapa kebijakan spesifik yang disoroti dalam Rekomendasi B20 sebelumnya sekaligus mendorong pendidikan dan investasi pada bisnis yang dipimpin perempuan di antara negara-negara G20.

Hal ini tentu saja dilakukan dengan mempertimbangkan keragaman ekonomi dan jumlah penduduk masing-masing negara.

Untuk memenuhi misi tersebut, Presiden B20 Indonesia telah membentuk Women’s Business Action Committee bersama enam gugus tugas lainnya: Perdagangan dan Investasi, Pekerjaan dan Pendidikan Masa Depan, Keuangan dan Infrastruktur, Energi, Iklim dan Keberlanjutan, Integritas dan Kepatuhan. .

Baca Juga:  Mengapa NFT Ingin Memecahkan Rekor Termahal

B20 Indonesia bertujuan untuk menciptakan Satu Pemberdayaan Perempuan Global oleh pemerintah, bisnis dan pemangku kepentingan lainnya untuk mengangkat perempuan keluar dari kemiskinan.

“Prioritas strategis kami adalah mendorong pertumbuhan berkelanjutan yang kolaboratif, inovatif, dan inklusif dengan memperkuat ketahanan bisnis yang dipimpin perempuan dan mempercepat dukungan infrastruktur bagi pengusaha perempuan dan usaha kecil,” kata Shinta.

[Gambas:Video CNN]

(tdh/bir)




Terimakasih Ya sudah membaca artikel Shinta Kamdani Ditunjuk Sebagai Ketua Forum B20

Dari Situs Fikrirasy ID