Tips Memilih Laptop Berkualitas Yang Wajib Kamu Ketahui

Tips Memilih Laptop Berkualitas Yang Wajib Kamu Ketahui

Fikrirasy.id – Tips Memilih Laptop Berkualitas Yang Wajib Kamu Ketahui. Tips memilih laptop yang berkualitas dan membeli laptop yang sesuai dengan kebutuhan. Berawal dari pertanyaan teman, bagaimana cara memilih laptop yang bagus dan berkualitas, saya ingin memberikan beberapa tips cara memilih laptop yang berkualitas.

Saya sengaja menulis di sini karena mungkin banyak dari pembaca juga yang bingung bagaimana memilih laptop yang bagus.
Menurut saya membeli atau mencari laptop itu seperti mencari pasangan ya sob. Mengapa demikian ? karena dalam memilih laptop tidak hanya berdasarkan bentuk fisik atau luarnya saja, tetapi juga harus pas dengan diri kita. Di sini maksudnya, pas untuk kebutuhan yang akan kita pakai nanti dengan laptop yang kita beli, pas dipakai, nyaman, suka kesempurnaan dan tentunya pas di kantong juga.

Sebelum masuk ke materi utama, saya ingin sedikit bercerita tentang perbedaan netbook, notebook, dan laptop. Netbook memiliki ukuran layar berkisar antara 6-13 inci, dan tentunya tidak memiliki spesifikasi yang tinggi, biasanya netbook hanya ditanami prosesor kelas menengah ke bawah, dan juga fitur khusus lainnya adalah netbook tidak dilengkapi DVD-ROM.

Notebook sendiri memiliki ukuran layar 13,1 – 18 inci, biasanya spesifikasi yang ditawarkan cukup memadai dan hampir setara dengan PC biasa, notebook juga dilengkapi dengan prosesor yang cukup mumpuni, kapasitas harddisk yang cukup besar, dan biasanya juga dilengkapi dengan DVD – ROM, namun ada juga notebook yang tidak menyertakannya karena tuntutan dari segi ketipisan dari notebook itu sendiri.

Berikutnya adalah laptop yang biasanya memiliki ukuran paling besar dengan ukuran layar di atas 18 inci dan tentunya juga lebih berat. Namun saat ini cukup sulit membedakan laptop mana yang notebook, karena menurut saya notebook adalah regenerasi dari laptop itu sendiri, dengan kata lain notebook adalah bentuk dari laptop masa kini.

Tips Membeli Laptop Berkualitas

Daripada terlalu banyak omong, lebih baik saya kasih saja tips memilih laptop yang bagus dan berkualitas, oke langsung saja kita simak materi utamanya bersama-sama:

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan kamu

Pertama kita harus memperhatikan kebutuhan kita sendiri, laptop apa yang ingin kita gunakan nantinya. Untuk kenyamanan, saya telah membaginya menjadi tiga kategori utama:

Laptop kantor

Untuk kebutuhan ringan seperti browsing, mendengarkan musik, tugas, atau sekedar bermain game ringan. Tidak memerlukan spesifikasi yang tinggi, cukup untuk memenuhi kebutuhan yang berhubungan dengan perkantoran.

Laptop Desain Grafis

Kebutuhan kamu terkait dengan grafis dan warna. Sesekali digunakan untuk kebutuhan pengolah kata dan juga bermain game tingkat menengah. Menggunakan laptop sebagai sarana hiburan sekaligus untuk kebutuhan kerja.

Laptop Gaming

kamu lebih banyak menggunakannya untuk kebutuhan bermain game – game berat, dengan jangka waktu yang lama, membutuhkan performa yang stabil, kualitas tampilan yang jernih dan tajam. Sesekali digunakan untuk menonton film dengan kualitas tinggi seperti blueray.

Baca Juga:  5 cara untuk mengunduh gambar dari Pinterest di ponsel dan laptop Anda

2. Perhatikan Jenis Laptopnya

Penting juga untuk memperhatikan jenis laptop apa yang akan kita beli nantinya, disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang kita miliki tentunya. Misalnya, kita membutuhkan laptop kelas gaming. Maka sesuaikan dulu dengan budget yang ada di kantong karena tentunya laptop gaming jenis ini memiliki spesifikasi yang sangat mumpuni dan tentunya harga yang tidak kalah mencolok.

Nah yang satu ini juga kadang jadi kendala sob, pastikan dulu budget yang kita miliki cukup atau tidak untuk membeli laptop yang kita inginkan, bukan karena susah banget melupakan budget kantong sendiri.

Merek bisa menjadi salah satu acuan dalam menentukan pilihan dalam membeli laptop. Bukannya saya hanya pro dengan merek (vendor) tertentu saja sobat, tetapi lebih ditekankan pada keunggulan yang diusung oleh merek laptop itu sendiri. Kita ambil contoh Toshiba yang dikenal sebagai laptop yang tahan lama dan memiliki masa pakai yang relatif lebih lama dibandingkan merek lain. Asus memiliki layanan terbaik.

3. Pastikan Garansi & Layanan

Garansi merupakan salah satu hal yang harus kita perhatikan dalam memilih laptop, karena biasanya lamanya masa garansi dapat menjadi acuan suatu produk yang memiliki kualitas baik atau tidak. Misalnya laptop Asus, ia berani memberikan garansi hingga 2 tahun. Atau Dell dengan percaya diri, ketika laptop kamu rusak, akan diganti dengan yang baru. Dalam membeli laptop pastikan juga ketersediaan service centernya, usahakan cari service centernya tidak jauh atau minimal di kota sobat. Hal ini akan memudahkan jika – jika nantinya ada masalah atau kerusakan pada laptop yang dibeli, sehingga kerusakan atau kendala yang ada dapat cepat diatasi.

4. Yang tidak kalah penting adalah harga jual kembali

Sebelum membeli laptop ada baiknya cari tahu dulu tipe, merk, atau laptop apa yang memiliki harga jual kembali yang tidak turun terlalu banyak, bukan tidak mungkin nanti kita berniat untuk menjualnya lagi, mungkin karena kita bosan, mau upgrade, mungkin kalau – kalo kenceng bro.

5. Periksa sebelum meninggalkan toko

Untuk yang satu ini tentunya hanya bisa dilakukan oleh kamu yang membeli laptop secara offline yaitu di toko laptop. Untuk satu hal ini penting, karena untuk menghindari hal-hal yang kurang nantinya. Saya pernah punya pengalaman yaitu membeli laptop tanpa saya cek. Akibatnya, ada tombol keyboard yang rusak di laptop saya. Nah itu bisa jadi pertimbangan buat kamu.

Sepertinya hanya itu yang bisa saya berikan, namun cukup menjadi bahan pertimbangan nantinya untuk memutuskan laptop jenis apa yang akan kita beli nantinya. Jadilah pembeli yang cerdas, jangan salah pilih. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment