5 Emulator PS4 Terbaik untuk Android & PC (Gratis)

Seiring perkembangan zaman, dunia game dan teknologi pun mengalami modernisasi. Salah satu wujud nyatanya adalah dengan adanya emulator PS4. Emulator ini memungkinkan Anda memainkan game lama yang tidak lagi dirilis di PC.

Selain itu, emulator ini mendukung game offline dan online. Menggunakan emulator juga dapat meningkatkan grafis dan audio game. Berikut beberapa info lebih lanjut tentang emulator PS4.

Memahami emulator

Memahami emulator

Sebelum kita membahas emulator PS4 lebih jauh, mari kita pahami dulu apa yang dimaksud dengan emulator itu sendiri. Emulator adalah program atau komputer yang bertujuan untuk meniru atau meniru program lain.

Di era modern ini, emulator sering digunakan dengan berbagai cara. Contoh sederhananya adalah Anda masih bisa membuka aplikasi HP melalui PC Anda untuk tampilan yang lebih besar. Namun, saat ini istilah emulator sering digunakan dalam konteks video game.

Di dunia esports, Anda dapat memainkan game konsol lama di desktop modern menggunakan emulator, membuat game lebih mudah dan realistis. Sedangkan emulator gamenya sendiri sudah ada dari PS1 hingga PS4 terbaru.

Mengapa menggunakan emulator?

Mengapa menggunakan emulator?

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Anda harus menggunakan emulator PS4. Ternyata, ada banyak alasan penting mengapa Anda harus melakukan ini. Dua di antaranya adalah:

  1. Perangkat lunak biasanya dibuat hanya untuk perangkat tertentu. Jadi Anda bisa mencoba software lain tanpa perlu emulator dan membeli perangkat.
  2. Emulator memainkan peran penting dalam dunia digital, khususnya esports.

Elemen Dukungan Emulator PS4

Keberadaan emulator PS4 tentunya didukung oleh faktor-faktor tertentu. Tanpa adanya elemen pendukung, emulator ini tidak akan tercipta dan akan mempengaruhi kemajuan dunia digital. Berikut beberapa faktor di balik munculnya emulator PS4:

Baca Juga:  11 Aplikasi Trading Terbaik Terpercaya Sudah OJK dan Aman!

1. Popularitas

kepopuleran

Semakin populer suatu sistem, semakin banyak pihak yang menirunya. Belakangan ini PS4 sedang ramai diperbincangkan dan diminati oleh banyak gamer. Saya membuat emulator ini dan berharap banyak pengguna akan menggunakannya.

2. Ketersediaan informasi

ketersediaan informasi

Membuat emulator membutuhkan banyak informasi yang komprehensif dan akurat. Jika emulator berhasil dibuat, informasi yang diperoleh sudah cukup. Semakin banyak informasi yang Anda dapatkan, semakin baik kinerja emulator.

3. Hal-hal teknis

hal-hal teknis

Terakhir, keberadaan emulator PS4 mungkin didukung oleh faktor teknis. Secara teknis Anda harus memiliki kemampuan tinggi untuk meniru sistem perangkat. Enkripsi data juga penting.

Mungkin tidak banyak orang yang paham teknologi di masa lalu. Namun, di dunia modern, hampir setiap orang memiliki pendidikan dasar di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Padahal, sudah banyak anak muda berbakat yang bisa membuat emulator berkualitas tinggi.

Padahal, ketiga faktor yang menopang keberadaan emulator PS4 ini sangat bergantung satu sama lain. Agar perangkat dapat menemukan banyak informasi, perangkat tersebut harus terlebih dahulu mendapatkan popularitas. Setelah Anda menemukan dasar-dasarnya, Anda akan dapat menebak masalah teknis yang lebih mendalam dengan mudah.

Rekomendasi Emulator PS4 Terbaik

Keberadaan emulator PS4 tahun lalu masih menjadi ide atau cerita yang penuh harapan. Kami akhirnya mendapat kabar baik untuk pecinta game Playstations di awal tahun 2021. Berikut adalah beberapa opsi emulator PS4 yang dapat Anda gunakan dan mungkin cocok untuk Anda.

1. PCSX4

PCSX4

Pertama, ada emulator PCSX4. Emulator ini bisa digunakan di PC 64-bit mulai dari Windows 7, 8 hingga Windows 10 terbaru. Sementara itu, pengguna PC 32-bit masih belum bisa menikmati layanan emulator ini.

Dengan tampilan yang sederhana, emulator ini sangat mudah digunakan oleh pemula. Dalam hal kinerja, PCSX4 dapat berjalan pada 60 frame per detik. Berkat jumlah fps ini, emulator PCSX4 menghasilkan gambar yang halus dan berkualitas tinggi.

Baca Juga:  Cara mudah mencari referensi artikel lengkap menggunakan Publish or Perish – Student Zone

Sayangnya emulator ini baru rilis tahun ini, jadi speknya lumayan berat. Untuk menggunakan emulator ini, GPU Anda harus SSE-4.2 GPU dan AXV atau lebih tinggi. Pastikan juga Anda memiliki memori dan RAM yang cukup.

2. PS4Emus

PS4Emu

Jika Anda benar-benar mengikuti pengembangan emulator, PS4Emus akan familiar. Emulator ini sudah ada sejak awal tahun 2013. Maka tidak heran jika emulator ini masuk dalam daftar emulator Fikrirasy.ID.

PS4Emus memiliki beberapa fitur yang tidak dimiliki emulator lain. Pertama, PS4Emus dapat digunakan baik online maupun offline. Kemudian emulator ini juga memiliki antarmuka sederhana yang mudah digunakan.

PS4Emus juga cocok untuk mereka yang ingin mengubah video game mereka. Berkat antarmukanya, Anda dapat mengunduh game tanpa batas melalui emulator ini.

Sayangnya, emulator ini hanya tersedia untuk laptop atau PC kelas atas. Bahkan laptop dengan spesifikasi lebih rendah dapat digunakan, tetapi kualitas gambarnya lebih buruk dan tidak mulus.

3. Orbit Emulator PS4

Orbital-PS4 - Emulator

Kali ini ada kabar gembira bagi para pengguna setia Linux. Emulator sekarang tersedia untuk laptop Windows dan juga Linux. Hadir pada Februari 2021, Orbital PS4 Emulator memungkinkan Anda merasa seperti sedang bermain PS4 di laptop Linux.

Dalam hal kontrol dan pemetaan joystick, Orbital jauh lebih unggul dari emulator lain. Selain itu, resolusi gambar yang diberikan cukup baik dan tidak mudah pecah.

Karena berbagai keunggulan tersebut, Orbital terus meningkatkan kinerjanya dan membuatnya tersedia untuk banyak orang. Sayangnya aplikasi ini membutuhkan spesifikasi dan RAM yang cukup tinggi.

Untuk dapat mengaksesnya, laptop Anda harus memiliki RAM minimal 16 GB dan ekstensi AVX. Walaupun sedikit merepotkan, akan terbayar dengan memuaskan saat kamu bermain nantinya.

Baca Juga:  Download Game PPSSPP Naruto Ultimate Ninja Impact Small Size 70MB

4. Emulator Stasiun SNES

SNES-Stasiun-Emulator

Anda harus akrab dengan Emulator Stasiun SNES dari hari-hari emulator PS1. Anda dapat menggunakan emulator legendaris ini di laptop Windows dan Mac OS tanpa masalah.

Sayangnya, menginstal emulator ini cukup sulit dan memakan waktu. Namun seiring berjalannya waktu, para developer mulai mengatasi hal tersebut dengan memberikan tutorial cara memasangnya. Anda dapat menonton video tutorial ini di media sosial resmi Emulator Stasiun SNES.

Jika Anda mengikuti petunjuk ini, Anda tidak akan gagal untuk mengakses emulator ini. Dari tampilannya, emulator ini sangat mudah digunakan dan berkinerja baik.

5. PS4 EMX

PS4-EMX

Terakhir, PS4 EMX. Faktanya, emulator ini masih dalam pengembangan atau belum dirilis. Namun, PS4 EMX telah menggelitik rasa ingin tahu orang-orang karena bukan lagi pemain baru di dunia emulator.

Jadi, kami berharap banyak dari emulator ini akan dapat memulai pasar pada akhir tahun 2021. Emulator PS4 EMX yang dibuat oleh para profesional TI akan memanjakan Anda dengan banyak fitur dan manfaatnya.

Sesuai aturan yang beredar, emulator ini bisa berjalan di laptop berukuran sedang. Dengan hanya 2GB RAM dan AMD Nvidia, Anda sudah dapat menjalankan emulator PS4 EMX. Selain data ini, tidak ada informasi lain tentang emulator ini.

Emulator PS4 yang sangat populer belakangan ini justru membuat para developer berlomba-lomba untuk membuatnya. Pengguna harus memiliki beragam emulator sehingga jika satu emulator tidak berfungsi, tersedia opsi lain.

Lihat juga:

Terimakasih Ya sudah membaca artikel 5 Emulator PS4 Terbaik untuk Android & PC (Gratis)

Dari Situs Fikrirasy ID

Sumber : https://officialjimbreuer.com/ps4-emulator/