Pencegahan Kebakaran Pengisi Daya Seluler Menggunakan Pengatur Waktu Listrik Analog 24 Jam – Smart Digital Parent

Tidak dapat dipungkiri bahwa kehidupan kita saat ini tidak lepas dari penggunaan handphone/smartphone. Apalagi dengan kemajuan teknologi dan semakin banyaknya aktivitas yang bisa terkoneksi melalui internet, ponsel hampir selalu ada di tangan.

Masalah dengan ponsel adalah mereka menggunakan baterai sebagai media penyimpanan energi listrik yang mereka butuhkan. Jadi ponsel Anda perlu mengisi ulang atau mengisi ulang baterainya secara teratur. Nah, proses charging ini terkadang bisa berbahaya karena proses charging atau pengisian baterai seringkali berlebihan. Sering kali kita mendapatkan berita dari media online atau aplikasi perpesanan seperti whatsapp dll tentang bagaimana ponsel terbakar/meledak saat pemiliknya menidurkan saat ponsel dicharge di malam hari.

Beberapa dari kita akhirnya takut untuk mengisi daya telepon di malam hari, yang sebenarnya menyebabkan masalah jika kita lupa mengisi daya telepon di pagi hari. Pastikan baterai ponsel Anda rendah selama aktivitas kerja pagi/siang.

Salah satu solusi yang dapat Anda gunakan untuk menghindari risiko terbakar atau meledaknya ponsel Anda saat mengisi daya di malam hari adalah dengan menggunakan pengatur waktu elektronik atau electronic time limiter. Timer ini banyak dijual di toko online dengan kata kunci “24 jam analog timer listrik” atau “24 jam analog timer socket”. Contoh produk di bawah ini.

Timer ini jauh lebih murah dari Rp. 50.000,- dan bisa bekerja 24 jam selama ada listrik. Jika daya dimatikan karena pemadaman listrik, timer akan berhenti bekerja. Timer ini memiliki indikator yang menunjukkan waktu saat ini (lingkaran merah dengan angka 1), yang dapat diatur secara manual dengan memutar lingkaran pada timer (lingkaran merah pada angka 1). Angka 2 atau lingkaran merah terluar pada lingkaran timer adalah microswitch atau saklar mikro yang dapat diatur untuk menentukan berapa lama listrik mengalir melalui lubang keluaran stopkontak timer (lingkaran nomor 3). Kontak pengatur waktu lubang keluaran stop tidak diberi energi.

Timer ini ditenagai oleh steker atau colokan di bagian belakang timer seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Untuk menyetel timer, ketika listrik mengalir melalui lubang keluaran soket timer, tekan sakelar jam tangan yang diinginkan seperti gambar di bawah ini.

Pastikan sakelar penanda waktu pas dalam lingkaran seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Pada contoh gambar di atas, tampak timer diatur untuk menyalakan listrik dari pukul 16:00 hingga 18:00. Jika Anda ingin mengatur timer agar listrik tidak mengalir pada waktu tertentu, cukup tarik sakelar timer seperti gambar di bawah ini.

Sakelar pengatur waktu akan kembali ke posisi apa pun yang menunjukkan tidak ada listrik dari lubang keluaran stopkontak pengatur waktu seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Lanjutkan mengatur sakelar pengatur waktu hingga Anda membutuhkannya. Misalnya, Anda ingin listrik dari pengisi daya ponsel diaktifkan di lain waktu.

  • Pengisi daya listrik diaktifkan mulai pukul 16:00 hingga 22:00 saat kita pulang kerja dan sebelum tidur.
  • Pengisi daya tidak berfungsi dari jam 22:00 hingga jam 3 pagi.
  • Charger diaktifkan kembali mulai pukul 03.00 pagi hingga pukul 08.00 pagi saat Anda beraktivitas di rumah sebelum berangkat kerja.
Baca Juga:  Cara Mengganti Password Gmail di Laptop dan Handphone

Berikut contoh pengaturan timer sesuai dengan skenario waktu di atas:

Jadi charger ponsel Anda hanya akan aktif saat Anda aktif di rumah, dan charger akan mati saat Anda bekerja dan tidur di luar rumah. Untuk memberi kita ketenangan pikiran dari kecelakaan di mana pengisi daya dapat mengisi daya telepon kita terlalu lama, menyebabkan telepon kita terbakar atau meledak. Anda juga dapat mengatur waktu aktif pengisi daya untuk menghemat listrik di rumah Anda saat pengisi daya tidak digunakan. Hal ini dikarenakan, sesuai dengan waktu yang kita atur, aliran listrik ke charger terputus total oleh timer.

Timer ini memiliki hotkey yang selalu memberi energi terlepas dari pengaturan timer. Tombolnya ada di samping pengatur waktu seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Saat tombol menampilkan gambar jam, listrik yang masuk melalui timer akan mengikuti pengaturan waktu yang kita tetapkan.

Jika kita menekan tombol sehingga simbol gambar terlihat seperti di bawah ini, outlet akan terus mengalir terlepas dari pengaturan waktu yang kita tetapkan.

Tombol ini berguna jika Anda perlu menggunakan listrik pada saat Anda mengatur timer untuk mati. Jadi tidak perlu mengubah pengaturan timer. Setelah Anda selesai menggunakan listrik, Anda dapat mengembalikan hotkey ke posisi semula.

Setelah semua pengaturan telah dibuat dan posisi jam pada tanda panah pada lingkaran pengatur waktu disesuaikan dengan jam saat ini, cukup pasang pengatur waktu ke dalam lubang outlet listrik di rumah Anda. Kapasitas timer ini saat ini cukup besar, jadi jika Anda ingin menggunakan timer pada beberapa pengisi daya telepon secara bersamaan, cukup sambungkan kabel ekstensi ke output beberapa outlet seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Dengan cara yang sama seperti di atas, Anda dapat mengisi daya atau mengisi daya beberapa perangkat secara bersamaan, dan dengan menyetel timer, Anda aman dari risiko pengisian daya yang berlebihan. Timer ini tidak hanya berguna untuk mengisi daya ponsel Anda. Namun, bisa juga digunakan untuk melindungi perangkat elektronik atau listrik di rumah Anda, seperti laptop, TV, lemari es, kipas angin, dll. Apa yang ingin Anda amankan saat Anda aktif atau bekerja di luar rumah dalam waktu lama.

Demikian, semoga tutorial ini mudah dipahami dan bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa untuk mengikuti kami di akun Twitter kami dan menyukai kami. @smartdigiparent dan facebook kami orang tua digital cerdas Biar lebih banyak lagi teman, saudara dan yang lain tahu agar informasi dan tutorial kami bisa bermanfaat untuk lebih banyak orang. Terima kasih!!



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Pencegahan Kebakaran Pengisi Daya Seluler Menggunakan Pengatur Waktu Listrik Analog 24 Jam – Smart Digital Parent

Dari Situs Fikrirasy ID

Leave a Comment