Cara mengatasi memori internal penuh di hp android

Cara mengatasi memori internal penuh di hp android[Ilustrasi: Pixabay]

Gadget – Memori internal merupakan bagian penting dari sebuah ponsel karena dapat digunakan untuk menyimpan data seperti aplikasi dan file.

Tetapi bagaimana jika ponsel Anda menunjukkan pesan bahwa penyimpanan internal hampir habis? Selain pemberitahuan yang mengganggu ini, keseluruhan memori internal secara umum dapat menyebabkan sistem ponsel Anda berjalan sedikit lebih lambat.

Memori internal penuh ini disebabkan oleh banyaknya file dan aplikasi terinstal yang tersimpan di ponsel. Jika Anda mengalami masalah ini, ada beberapa solusi untuk mengatasi masalah ini.

Cara mengatasi memori internal penuh

Menggunakan microSD untuk data pribadi

Memori internal penuh biasanya disebabkan oleh terlalu banyak file yang tersimpan di ponsel Anda. Untuk itu, microSD dapat digunakan untuk menyimpan data seperti foto, video, dan lagu.

Di sisi lain, Anda tidak boleh memindahkan aplikasi ke microSD karena kecepatan tulis dan baca tidak secepat memori internal. Bahkan sekarang, banyak sistem operasi tidak mengizinkan pemindahan aplikasi ke microSD karena hal ini sering menimbulkan masalah.

Pindahkan data ke penyimpanan eksternal

Jika ponsel Anda tidak mendukung microSD, Anda perlu memindahkan file seperti video atau foto yang tidak lagi Anda perlukan ke penyimpanan eksternal seperti penyimpanan cloud, HDD eksternal, SSD eksternal, Flashdrive, atau penyimpanan komputer.

Selama Anda memiliki akses internet, Anda dapat dengan mudah memanfaatkan penyimpanan cloud gratis seperti Google Drive atau OneDrive langsung dari ponsel cerdas Anda. Sedangkan jika Anda ingin memindahkan data dari ponsel ke HDD eksternal, SSD eksternal atau Flashdrive, Anda dapat memanfaatkan fitur USB On-The-Go.

Baca Juga:  Tdomino Boxiangyx Alat Mitra Download Apk (Login + Daftar)

Anda dapat dengan mudah mentransfer file dari ponsel ke penyimpanan komputer melalui kabel data. Namun, kini sudah ada aplikasi yang bisa mentransfer data ke komputer secara nirkabel.

hapus cache aplikasi

Beberapa jenis aplikasi, seperti game, chat, atau jejaring sosial, biasanya memiliki cache yang menumpuk dan memakan banyak ruang penyimpanan. Ini jelas salah satu faktor yang mengisi memori internal. Anda dapat menghapus cache dari halaman Aplikasi di menu Preferensi ponsel Anda.

Bersihkan dengan aplikasi yang lebih bersih

Ponsel masa kini biasanya sudah memiliki aplikasi pembersih bawaan. Namun, jika Anda tidak memilikinya di perangkat, Anda dapat langsung mengunduh aplikasi pembersih pihak ketiga seperti CCleaner, Phone Cleaner, dan lainnya dari Google Play Store.

Secara umum, aplikasi pembersih akan memeriksa ponsel Anda dan menghapus berbagai file sampah yang tidak perlu. Bahkan, aplikasi ini juga menyarankan foto, video, dokumen atau lagu yang perlu dihapus, digandakan atau dipindahkan untuk menghindari mengisi memori internal.

Hapus aplikasi yang menghabiskan data

Secara umum, beberapa aplikasi jejaring sosial saat ini memiliki data yang memakan banyak memori internal. Untuk alasan ini, Anda dapat menghapus aplikasi ini dari ponsel Anda dan, sebagai alternatif, membukanya langsung dari situs web resmi browser Anda.

Juga, jika memori internal ponsel Anda tidak terlalu besar, Anda bahkan tidak perlu menginstal game berukuran data besar. Anda juga bisa menghapus aplikasi yang jarang Anda gunakan agar tidak menumpuk.

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Cara mengatasi memori internal penuh di hp android

Dari Situs Fikrirasy ID