9 Cara Daftar Shopee Food 2022, Fitur dan Keuntungannya

Saat ini berbagai macam bisnis bisa dikembangkan secara mudah dan praktis melalui aplikasi online. Tentunya ada banyak keuntungan dari bisnis dengan sistem online ini, karena bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Tidak heran jika banyak yang mencari informasi tentang cara daftar Shopee Food.

Berjualan produk makanan di Shopee Food memang memiliki potensi yang sangat menguntungkan, baik bagi merchant, driver dan bahkan konsumen. Sebagai salah satu aplikasi marketplace yang sudah terpercaya, Shopee membuka peluang bagi para pebisnis kuliner yang ingin bergabung.

Apa itu Shopee Food?

Apa-itu-Shopee-Food

Anda pasti sudah tidak asing dengan GoFood maupun GrabFood yang menyediakan layanan pesan antar makanan dari aplikasi ojek online GoJek dan Grab. Nah, layanan Shopee Food ini menggunakan konsep yang sama yaitu mengantar pesanan makanan melalui mitra driver.

Sebelumnya Shopee dikenal sebagai marketplace yang menjadi tempat bagi para pemilik usaha dalam menjual berbagai macam produknya. Namun saat ini Shopee telah mengembangkan bisnisnya dengan merambah dunia kuliner melalui layanan Shopee Food.

Shopee Food sendiri sebenarnya sudah mulai dikenalkan sejak Januari 2021 dan rupanya mendapatkan sambutan bagi dari penggunanya. Hingga akhirnya layanan kuliner ini secara resmi dilaunching pada April 2021.

Memang peluang usaha kuliner dianggap sebagai bisnis yang menguntungkan saat ini. Terlebih di masa pandemi yang membatasi mobilitas masyarakat. Hingga akhirnya banyak masyarakat yang memanfaatkan layanan online pesan antar sebagai solusi praktis tanpa perlu repot keluar rumah.

Dengan peluang bisnis yang menjanjikan tersebut, Shopee meluncurkan Shopee Food yang merupakan layanan pesan antar makanan melalui perantara mitra driver. Tidak mau kalah dengan layanan sejenis, Shopee Food dilengkapi dengan beragam fitur menarik.

Fitur-fitur Shopee Food

Fitur-fitur-Shopee-Food

Shopee Food memang ingin memberikan layanan yang terbaik bagi penggunanya, itulah mengapa aplikasi ini dilengkapi dengan beberapa fitur menarik seperti berikut ini:

1. Voucher Diskon hingga 60%

Bagi Anda yang gemar melakukan pemesanan makanan secara online, maka fitur dari Shopee Food ini tidak boleh dilewatkan. Fitur ini paling banyak dicari karena menawarkan diskon hingga 60% maksimal Rp 25 ribu yang bisa Anda dapatkan secara gratis setiap hari.

Selain itu, voucher diskon dari Shopee Food juga bervariasi seperti berikut ini:

  • Diskon 50% maksimal Rp 20 ribu untuk pembayaran melalui ShopeePay dan partner.
  • Diskon 30% maskimal Rp 20 rbu khusus partner dan diskon menarik lainnya.

2. Voucher Gratis Ongkir setiap Hari

Fitur lainnya yang tidak kalah menarik adalah voucher gratis ongkir setiap hari sehingga Anda tidak perlu memikirkan biaya pengiriman untuk pesanan yang Anda lakukan. Shopee Food telah menyediakan voucher gratis ongkir hingga Rp 12 ribu setiap hari.

3. Pengiriman Cepat

Demi memberikan pelayanan yang cepat bagi para pelanggan, Shopee Food sudah memiliki mitra driver sendiri yang akan mengantar pesanan makanan dan minuman Anda. Tidak perlu menunggu lama, driver akan segera mengantarkan pesanan Anda kapanpun Anda memesan.

Di Shopee Food Anda tidak akan bosan dengan menu yang itu-itu saja, karena telah tersedia berbagai macam menu dari puluhan ribu merchant yang ada di Shopee Food. Mulai dari makanan rumahan hingga brand terkenal seperti Burger King, KFC, ChaTime dan lain-lain.

5. Sistem Pemesanan dan Pembayaran Mudah

Di Shopee Food ini Anda tidak memerlukan aplikasi maupun metode pembayaran tambahan karena semua sudah terintegrasi dengan aplikasi Shopee Food dan sistem pembayaran ShopeePay sehingga sangat praktis dan mudah.

Selain metode pembayaran ShopeePay, tersedia pula metode pembayaran lainnya yang bisa digunakan sesuai kebutuhan. Diantaranya adalah transfer bank, kartu kredit hingga E-Wallet.

Apa Keuntungan Menggunakan Shopee Food?

Apa-Keuntungan-Menggunakan-Shopee-Food

Sebagai aplikasi belanja yang sudah sangat populer, Shopee senantiasa ingin memberikan yang terbaik bagi penggunanya. Dalam hal ini, ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan ketika menggunakan Shopee Food. Keuntungan tersebut adalah:

1. Keuntungan sebagai Merchant Shopee Food

Bagi para pengusaha kuliner yang bergabung menjadi merchant di Shopee Food akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti berikut:

  • Mampu memperluas jangkauan pasar karena aplikasi Shopee diakses oleh banyak orang.
  • Bisa menjadi media promosi yang murah dan efektif.
  • Berpotensi menaikkan pendapatan karena pasar yang semakin luas.
  • Pemasaran produk kuliner dilakukan secara mudah dan praktis.
  • Mendapatkan dukungan promo dari Shopee.
  • Sistem pembayaran mudah, cepat dan kapanpun bisa dicairkan.
  • Sistem kerja dilakukan secara online sehingga lebih fleksibel.

2. Keuntungan sebagai Driver Shopee Food

Bukan hanya menguntungkan merchant saja yang menjual berbagai macam produk makanan di Shopee Food, mitra driver yang bertugas mengantar makanan juga akan mendapatkan keuntungan seperti berikut:

  • Penghasilan sebagai mitra driver di Shopee Food cukup besar karena menggunakan sistem bagi hasil.
  • Berpotensi meningkatkan pemasukan bulanan maupun harian, terlebih dengan adanya insentif dan bonus yang disediakan.
  • Banyak pesanan yang masuk sehingga tidak perlu khawatir sepi orderan.
  • Sistem pembayaran yang mudah dan didukung banyak fasilitas perbankan.

3. Keuntungan sebagai Konsumen

Menggunakan aplikasi Shopee Food pastinya juga akan menguntungkan para penggunanya. Adapun keuntungan menggunakan layanan Shopee Food antara lain adalah:

  • Aplikasi Shopee Food tergabung dengan Shopee sehingga tidak perlu instal lagi.
  • Makanan yang dipesan langsung diantar oleh driver.
  • Layanan pesan antar 24 jam.
  • Mendapatkan potongan atau bahkan gratis ongkir secara langsung.
  • Bisa menggunakan voucher diskon sebesar 50% hingga nominal Rp 25.000.
  • Pilihan merchant atau restoran dan menu sangat beragam.
  • Sistem pembayaran mudah dan praktis.

Cara Pemesanan Makanan di Shopee Food

Cara-Pemesanan-Makanan-di-Shopee-Food

Sebelum membahas bagaimana cara daftar Shopee Food sebagai merchant, ada baiknya Anda juga mengetahui bagaimana cara pemesanan makanan di Shopee Food seperti berikut ini:

  1. Langkah pertama silahkan buka aplikasi Shopee yang telah diinstal di smartphone Anda.
  2. Selanjutnya di halaman beranda silahkan klik menu Shopee Food. Jika menu tersebut tidak muncul maka bisa klik link berikut: https://Shopee.co.id/ShopeeFood.
  3. Jika halaman Shopee Food sudah muncul maka Anda bisa mulai mencari makanan atau minuman yang diinginkan melalui berbagai merchant yang tersedia.
  4. Selanjutnya silahkan pilih metode pembayaran yang akan digunakan, apakah ShopeePay, pembayaran tunai atau metode lainnya sesuai kebutuhan.
  5. Langkah selanjutnya cukup klik tombol Beli Sekarang atau Pesan Makananmu Sekarang untuk melakukan pemesanan yang diinginkan.
  6. Silahkan tunggu merchant mempersiapkan pesanan dan driver mengambil pesanan.
  7. Driver akan menuju alamat Anda dan mengantarkan pesanan.

Cara Kerja Shopee Food

Cara-Kerja-Shopee-Food

Bagi yang belum pernah menggunakan aplikasi Shopee untuk memesan makanan di Shopee Food tentu masih sedikit bingung tentang cara kerja Shopee Food ini. Agar tidak semakin bingung, berikut ini adalah sistem kerja di Shopee Food yang perlu diketahui:

1. Proses Pemesanan Konsumen

Pertama, konsumen akan melakukan pemesanan makanan melalui aplikasi Shopee yang sudah diinstal di smartphone. Pada saat proses pesanan dimulai maka secara otomatis sistem akan mengirimkan sinyal kepada merchant dan juga driver.

2. Pick Up Driver

Mitra driver akan menerima pesanan melalui aplikasi dan langsung menuju ke outlet merchant untuk mengambil pesanan.

3. Merchant Menyiapkan Pesanan

Selanjutnya merchant akan mempersiapkan pesanan sesuai dengan pesanan konsumen yang masuk ke aplikasi. Jika driver sudah sampai di outlet merchant maka akan melakukan pembayaran tunai atau non tunai dan wajib mengunggah foto struk pembayaran melalui sistem.

4. Driver Mengantar Pesanan

Selanjutnya driver akan menuju ke rumah konsumen dan mengantarkan makanan yang dipesan sebelumnya.

5. Konsumen Melakukan Pembayaran

Konsumen akan melakukan pembayaran tunai atau non tunai ketika driver sampai untuk mengantarkan pesanan. Sampai di sini maka pembayaran secara otomatis akan langsung diselesaikan oleh sistem ketika sudah memastikan pesanan tersebut sampai di alamat tujuan.

Syarat Pendaftaran Merchant di Shopee Food

Syarat-Pendaftaran-Merchant-di-Shopee-Food

Bagi Anda yang tertarik menjadi merchant dan ingin mengetahui bagaimana cara daftar Shopee Food, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu apa saja yang perlu dipersiapkan untuk persyaratannya. Berikut ini adalah syarat pendaftaran merchant di Shopee Food:

1. Jenis Usaha Perseorangan

Bagi yang ingin menjadi merchant Shopee Food dengan jenis usaha peseorangan, maka syaratnya adalah:

  • KTP atau KITAS.
  • Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (SPPKP)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak Daerah (NPWPD).
  • Foto halaman depan buku tabungan
  • Lima foto menu yang diandalkan dengan dimensi 720×720 pixel, format JPG/JPEG/PNG dan memiliki resolusi tinggi.

2. Jenis Usaha Berbadan Hukum

Adapun bagi calon merchant yang memiliki jenis usaha berbadan hukum, berikut ini adalah syarat yang haris dipersiapkan:

  • KTP atau KITAS.
  • SIUP/TDUP.
  • TDP/NIB.
  • Akta Pendirian
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Foto halaman depan buku tabungan.
  • Surat Keterangan Domisili jika lokasi outlet di luar Jakarta

Jika semua persyaratan yang telah ditetapkan oleh Shopee, maka langkah selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara daftar Shopee Food agar bisa  secepatnya berjualan di aplikasi tersebut.

Cara Daftar Shopee Food

Cara-Daftar-Shopee-Food

Pada dasarnya pendaftaraan menjadi merchant di Shopee Food sangat mudah dan tidak ribet. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah beberapa tahap yang harus Anda lakukan.

1. Mengisi Formulir Pendaftaran Shopee Food

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mendaftar sebagai merchant Shopee Food adalah mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan. Anda bisa mengaksesnya melalui link berikut ini:

https://shopee-support.formstack.com/forms/shopeefood_and_shopeepay_merchant_registration

Jika Anda sudah melakukan klik pada link tersebut maka akan diarahkan menuju ke halaman baru yang mewajibkan Anda untuk memasukkan alamat email yang digunakan. Pastikan alamat email tersebut aktif. Setelah mengisi formulir bisa langsung klik Next.

2. Mengisi Data Diri

Cara daftar Shopee Food selanjutnya adalah mengisi data diri sesuai dengan formulir yang telah disediakan. Adapun data diri yang harus diisikan meliputi nama lengkap pemiliki outlet usaha sesuai nama dengan yang tertera di KTP, nomor HP dan alamat email yang masih aktif.

Selanjutnya Anda bisa klik Next dan nanti akan muncul halaman baru yang mengharuskan Anda untuk mengisi apakah sebelumnya sudah terdaftar di Merchant Shopee Food, jika belum maka silahkan pilih opsi Tidak dan lanjutkan dengan klik Next.

3. Mengisi Alamat Lokasi Usaha secara Detail

Cara daftar Shopee Food berikutnya yang harus dilakukan adalah mengisi alamat lokasi usaha secara detail. Pada alamat lokasi usaha ini sudah tersedia pilihan kota seperti Jakarta, Bodetabek, Surabaya, Bali, Semarang, dan kota-kota lainnya.

Jika alamat lokasi Anda tidak tercantum pada pilihan tersebut maka Anda bisa memilih opsi Others dan silahkan isi alamat lokasi usaha yang sesuai. Selanjutnya klik Next.

4. Mengisi Nama dan Jenis Usaha

Cara daftar Shopee Food selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah mengisi nama dan jenis usaha yang dimiliki. Silahkan isi nama usaha Anda dan jenis usaha tersebut, pastikan nama yang diisikan sudah benar demikian juga dengan jenis usahanya.

Apakah usaha Anda termasuk jenis usaha perseorangan atau jenis usaha berbadan hukum. Setelah mengisi nama dan jenis usaha, maka langkah selanjutnya adalah mengisi alamat kantor pusat, termasuk kota dan kode posnya.

Pastikan saat mengisi alamat tersebut Anda sudah melakukannya dengan benar dan tepat karena alamat yang diisikan akan dijadikan acuan para mitra driver untuk mengambil pesananan makanan di tempat Anda. Jika sudah silahkan klik Next.

5. Mengisi Kategori dan Bentuk Usaha

Setelah mengisi nama dan jenis usaha, cara daftar Shopee Food selanjutnya adalah mengisi kategori dan bentuk usaha. Pada halaman ini Anda bisa memilih kategori usaha yang dimiliki, apakah milik sendiri, badan usaha atau franchise.

Anda juga bisa menuliskan berapa jumlah cabang yang dimiliki. Sementara untuk bentuk usahanya Anda bisa memilih kategori restoran atau rumah makan, catering rumah atau bentuk usaha mikro. Jika sudah memilih silahkan klik Next.

6. Mengunggah Foto Outlet Usaha

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengunggah foto outlet usaha yang dimiliki. Pada cara daftar Shopee Food ini ada beberapa panduan yang harus diikuti pada saat melakukan pemotretan untuk outlet milik Anda.

Setidaknya ada dua foto outlet yang harus Anda kumpulkan, yaitu foto outlet usaha dari depan dan foto di dapur produksi. Anda bisa mengunggah kedua foto tersebut dengan klik Add File dan selanjutnya silahkan klik Next.

7. Melakukan Konfirmasi Pendaftaran

Jika foto outlet usaha sudah berhasil diunggah, maka langkah selanjutnya adalah melakukan konfirmasi pendaftaran. Pada tahap ini Anda akan diminta untuk mengisi darimana Anda mengetahui cara pendaftaran merchant di Shopee Food ini.

Akan tersedia beberapa pilihan dan Anda bisa memilih yang paling sesuai. Selain itu, Anda juga akan diminta untuk mengisi pernyataan bahwa seluruh data yang telah Anda masukkan adalah benar. Jika sudah, lanjutkan dengan klik Submit.

8. Verifikasi

Cara daftar Shopee Food berikutnya yang tidak kalah penting adalah tahap verifikasi. Jika Anda sudah melakukan pendaftaran maka Tim Shopee Food akan melakukan verifikasi terhadap data yang masuk.

Pada tahap ini Anda bisa menunggu proses verifikasi tersebut dan nantinya akan dihubungi melalui email atau nomor telepon yang telah dimasukkan saat pendaftaran.

9. Kelengkapan Berkas

Pada saat proses verifikasi berlangsung, pihak Shopee Food akan meminta Anda untuk melengkapi berkas yang dibutuhkan. Diantaranya adalah Perjanjian Kerja Sama (PKS) untuk merchant yang akan bergabung di Shopee Food.

Anda bisa mengisi formulir kelengkapan berkas yang dikirimkan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan. Langkah selanjutnya adalah mengirimkan berkas tersebut ke tim Shopee Food dalam format softcopy melalui email dan hardcopy ke kantor Shopee.

Setelah pengiriman tersebut, tim Shopee Food akan mengunjungi outlet merchant maksimal 15 hari di jam kerja untuk melakukan training Shopee Food kepada pemilik usaha. Jika proses training selesai maka Anda sudah bisa mulai berjualan sebagai merchant Shopee Food.

Melalui Shopee Food Anda bisa menikmati layanan pesan antar secara online. Hal ini menjadi peluang bisnis yang menjanjikan karena jangkauan pasarnya semakin luas. Dengan mengetahui cara daftar Shopee Food Anda bisa melakukan pendaftaran dan mengembangkan bisnis kuliner secara efektif.

 

 

Lihat Juga :

Terimakasih Ya sudah membaca artikel 9 Cara Daftar Shopee Food 2022, Fitur dan Keuntungannya Dari Situs Fikrirasy ID

Sumber : https://rsddrsoebandi.id/cara-daftar-shopee-food/

Baca Juga:  Tips kerja produktif Samsung Galaxy Z Fold3