Cara Cek SIM Asli atau Palsu Secara Akurat

Cara Cek SIM Asli atau Palsu Secara Akurat

Fikrirasy.id – Cara Cek SIM Asli atau Palsu Secara Akurat. Bagaimana cara memeriksa apakah SIM saya asli atau palsu? Sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan dengan mengikuti panduan di bawah ini sampai selesai. Apalagi sekarang keberadaan Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk kendaraan bermotor menjadi sangat penting.

Cara Cek SIM Asli atau Palsu Secara Akurat

Namun, banyak orang kemudian mencari cara mudah dengan membuat SIM palsu dengan alasan tidak bisa mendapatkan yang asli atau karena memotret menggunakan jasa calo. Jadi, apakah lisensi menembak itu asli dan terdaftar? Jawabannya, belum tentu iya. Oleh karena itu sobat perlu mengecek SIM asli atau palsu dengan mengikuti panduan dari postingan ini.

Meski Smart SIM sebenarnya lebih sulit dipalsukan daripada SIM lama, nyatanya kamu bisa menemukan beberapa SIM palsu yang beredar.

Nah, buat kamu yang belum tahu cara cek SIM asli atau palsu, langsung saja simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

Cara Cek SIM Asli atau Palsu, Ini Ciri-cirinya!

Untuk bisa mengetahui apakah SIM kamu palsu atau tidak, penting bagi kamu untuk mengetahui ciri-ciri SIM asli dan palsu yang banyak beredar di pasaran.

Berikut ciri-ciri kartu SIM palsu:

1. Logo Polisi

Pada smart SIM asli terdapat simbol atau logo polisi yang berwarna emas dan dapat memantulkan cahaya di bagian atasnya. Hal ini berbeda dengan contoh gambar SIM palsu dimana logo Polisi meski sama-sama berwarna emas tidak bisa memantulkan cahaya alias redup.

2. Tulisan Polri

Berbeda dengan surat izin mengemudi asli, surat izin mengemudi palsu memiliki tulisan “Polri” yang cenderung sedikit pudar dan tidak setajam aslinya. Tulisan ini akan sangat jelas dirasakan oleh aparat kepolisian yang melakukan razia.

3. Latar Belakang Foto

Cara cek SIM asli bisa dilihat di dokumen kolom foto yang menggunakan background foto dengan lambang Polri di dalamnya. Sedangkan SIM palsu biasanya tidak mencantumkan lambang Polri di kolomnya. Kalaupun ada lambang Polisi di kolom foto, terlihat bahwa itu didapat dari editan saja.

4. Nomor SIM

Cara paling efektif untuk memeriksa keaslian dokumen SIM adalah dengan memeriksa nomor SIM. Dokumen SIM asli tentu saja nomor SIM tercatat di database kepolisian. Cara mengecek apakah nomor SIM C sudah terdaftar atau tidak biasanya akan dilakukan langsung oleh pihak kepolisian saat pemiliknya terjaring razia.

Baca Juga:  Bus Simulator Indonesia (Bussid) Mod Apk Download + Themes

5. Kode Barcode Tidak Terdaftar

SIM palsu memang memiliki barcode seperti SIM asli pada umumnya. Namun, barcode ini tidak terdaftar dan hanya untuk hiasan.

SIM palsu memang sekilas terlihat seperti aslinya, namun barcode dan nomor SIM tidak terdaftar di database Polri. Selain itu, terlihat bahwa latar belakang SIM memiliki warna putih yang sedikit pudar.

Hindari menggunakan jasa calo untuk membuat SIM karena sudah pasti dokumen SIM yang dibuat adalah Smart SIM palsu. Menggunakan dokumen palsu dapat membuat kamu terancam hukuman penjara baik bagi pemilik SIM maupun orang yang memperantarai SIM tersebut. Pelaku dapat dikenakan pasal berupa 266 KUHP atau 263 KUHP terkait pemalsuan dokumen.

Cara Cek SIM Terdaftar atau Tidak Online

Selain cara di atas, sekarang cara cek SIM asli atau palsu bisa online. Tentu saja kita bisa melihat kartu SIM terdaftar atau tidak di sistem online.

Untuk menghindari SIM palsu, kamu harus memahami cara memeriksa SIM C, SIM A atau jenis SIM apa pun yang terdaftar atau tidak. Untuk Smart SIM, kamu tidak perlu ke kantor polisi untuk mengecek asalkan memiliki smartphone Android dengan fitur NFC.

Berikut cara cek sim terdaftar atau tidak online:

  • Download dan install aplikasi Korlantas Digital POLRI.
  • Siapkan NIK (Nomor Induk Kependudukan), karena pemeriksaan SIM online memerlukan NIK pada KTP.
  • Masukkan NIK di aplikasi.
  • verifikasi kartu identitas.
  • Data SIM kamu akan segera ditampilkan.
  • Jika data SIM kamu tidak muncul, kemungkinan SIM yang kamu miliki adalah SIM palsu.
  • Selain sebagai cara untuk mengecek apakah sebuah SIM terdaftar atau tidak, aplikasi ini digunakan oleh pemilik SIM untuk mengetahui data forensik pribadinya. Dia dapat memeriksa data titik penalti serta catatan mengemudinya.

Demikian pembahasan cara cek SIM asli atau palsu, semoga bisa bermanfaat ya!

Leave a Comment