Aplikasi BOP 2021 Kemendikbud Terbaru Download & Cara Isinya

Pernahkah Anda mendengar tentang aplikasi BOP. Jika jawaban Anda belum maka sebaiknya Anda tetap berada pada halaman ini. Meskipun sebagai orang awam, Anda tetap harus mengetahui tentang aplikasi ini.

Ya, aplikasi ini peruntukannya memang bukan untuk khalayak umum. Aplikasi ini khusus bagi para tenaga pendidik jenjang PAUD dari Sabang sampai Merauke. Namun tak menutup kemungkinan bagi Anda untuk mengetahuinya.

Mengenal Aplikasi BOP PAUD Tahun 2021

Mengenal-Aplikasi-BOP-PAUD-Tahun-2021

Barangkali Anda pernah mendengar sepintas atau tak sengaja mendengarkan para tenaga pendidik PAUD membicarakan tentang BOP. BOP memang aplikasi yang khusus untuk para guru PAUD.

Akan halnya PAUD, Anda pasti sudah mengerti kalau PAUD adalah singkatan dari Pendidikan Anak Usia Dini. Lebih jelasnya PAUD ini merupakan pendidikan prasekolah.

Sistem pendidikan pada PAUD sangat menyenangkan karena perpaduan antara belajar dan bermain ala anak balita. Sehingga bisa membantu perkembangan otak pada anak didik.

Setelah melalui jenjang PAUD, selanjutnya adalah TK (Taman Kanak-Kanak) sebelum akhirnya masuk pada jenjang Sekolah Dasar (SD).

Nah, kembali pada aplikasi BOP. Para tenaga pendidik PAUD jelas harus paham tentang hal ini. Karena ini ada kaitannya dengan Biaya Operasional Penyelenggaraan untuk jenjang PAUD.

Lebih jelasnya BOP 2021 adalah aplikasi bantuan penyelenggaraan (BOP) yang dirilis oleh Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. Pemberian Bantuan Operasional Penyelenggaraan ini langsung oleh Kemendikbud.

Sasaran pemberian bantuan ini adalah jajaran petugas dan guru pada PAUD dengan cara mengirimnya langsung ke rekening yayasan PAUD. Sebenarnya program ini telah lama berjalan dan sangat berfungsi dengan baik sampai sekarang.

Manfaat Dana BOP

Manfaat-Dana-BOP

BOP yang telah masuk dalam rekening yayasan sangat membantu dan bermanfaat bagi pihak sekolah. Dalam hal ini adalah PAUD. Penggunaan dana BOP yang telah masuk biasanya untuk keperluan berbagai hal yang berkaitan dengan sekolah. Misalnya adalah:

  • Untuk penerimaan peserta didik baru.
  • Sangat berguna untuk pengembangan profesi guru serta tenaga pendidik lainnya.
  • Membantu dalam hal pengeluaran rutin daya serta jasa.
  • Untuk membantu dalam hal perawatan sarana dan prasarana sekolah.
  • Selanjutnya BOP juga membantu dalam menyediakan alat mulimedia untuk pembelajaran.
  • Penggunaan BOP bisa untuk penyelenggaraan asesmen dan evaluasi pembelajaran.
  • Untuk keperluan administrasi sekolah.
  • Membantu dalam hal pembayaran honor guru dan tenaga pendidik lainnya.

Dengan banyaknya manfaat dari BOP ini, akhirnya rilislah aplikasi untuk mendukung perencanaan dan laporan BOP ini yang bernama aplikasi BOP.

Fungsi Aplikasi BOP PAUD

Fungsi-Aplikasi-BOP-PAUD

Bagi kalangan pendidik pada jenjang PAUD tentu saja aplikasi ini sangat penting. Karena itu tidak ada salahnya jika Anda juga mengetahui apa saja fungsi aplikasi ini. Adapun fungsi aplikasi BOP ini adalah:

  • Untuk pengolahan data.
  • Sebagai alur untuk pencairan.
  • Media untuk laporan keuangan.
  • Untuk menyusun ringkasan proposal.

Cara Download Aplikasi PAUD

Cara-Download-Aplikasi-PAUD

Agar bisa menggunakan aplikasi ini, Anda harus masuk pada web browser Kemendikbud. Mengapa, karena aplikasi ini tidak tersedia dan tak bisa Anda download melalui Play Store atau App Store. Untuk lebih lengkap dan jelas silakan ikuti panduannya berikut ini.

  • Pertama-tama silakan Anda buka web browser yang ada pada ponsel.
  • Lalu masuk pada link Aplikasi BOP Kemendikbud
  • Selanjutnya silakan menunggu sampai situs tersebut loading dan terbuka secara keseluruhan.

Bila sudah terbuka sempurna, Anda tinggal membuka dan menggunakan Aplikasi BOP untuk keperluan pekerjaan.

Cara Menggunakan Aplikasi BOP

Cara-Menggunakan-Aplikasi-BOP

Setelah melakukan download, kini Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk membantu pekerjaan Anda. Lebih jelasnya berikut adalah panduan cara menggunakan aplikasinya.

  • Silakan buka website
  • Berikutnya Anda bisa login ke situs ini supaya dapat memakai aplikasi ini.
  • Yang harus Anda perhatikan adalah usahakan memakai aplikasi tersebut pada saat senggang supaya aman dan tak mengalami ledakan pemakaian.
  • Kemudian Anda bisa tekan SSO, lalu masukkan user name dan sandi supaya dapat langsung masuk pada aplikasi.
  • Perlu Anda ketahui aplikasi ini lebih banyak menampilkan data dengan tema grafik dan berkas laporan data.
  • Selanjutnya silakan Anda memilih fitur Perencanaan Data lalu Paket Penggunaan, silakan Anda scroll saja ke bawah.
  • Sesudah itu akan muncul Rencana Kegiatan serta Anggaran Satuan, silakan Anda isi data ini dengan lengkap.
  • Setelah itu silakan simpan hasil yang sudah Anda isi sebelumnya apabila hendak menyimpan data tersebut.
  • Langkah terakhir adalah tekan Data Report lalu silakan memilih Reporting pada aplikasi BOP.

Cara Membuat Rencana Pada Aplikasi BOP 2021

Cara-Membuat-Rencana-Pada-Aplikasi-BOP-2021

Ketika sedang menyiapkan pencairan BOP setiap jenjang PAUD yakni TK, KB dan SPS wajib melaporkan dana BOP PAUD. Laporan tersebut harus Anda kerjakan dengan online menggunakan aplikasi BOP dari Kemdikbud.

Menggunakan aplikasi ini sangat mudah sebab sudah ada panduan penggunaanya dari Kemdikbud. Namun agar Anda lebih memahaminya berikut adalah rangkuman panduan menggunakan aplikasi BOP PAUD 2021.

1. Buka Aplikasi BOP 2021 Melalui Website Kemdikbud

Sebagai langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk pada aplikasi BOP melalui situs https://bop.kemdikbud.go.id/. Selanjutnya pilih login BOP dengan menggunakan SSO Dapodik yang warnanya hijau tua. Lalu masukkan username dan password.

Ketika berhasil masuk pada aplikasi, Anda akan menemukan ragam menu seperti: data Dapodik, data untuk perencanaan, serta data untuk laporan.

  • Data Dapodik isinya adalah jumlah peserta didik yang cocok dengan kriteria, tidak sesuai kriteria, serta peserta didik ganda. Peserta didik sesuai kriteria maksudnya adalah yang memenuhi syarat untuk memperoleh dana BOP tahun 2021.

Peserta didik yang tak sesuai dengan kriteria adalah anak didik yang tidak memenuhi syarat karena data yang tidak akurat. Atau bisa juga karena umur anak yang tidak cukup.

Sedangkan peserta didik ganda adalah anak didik yang terdaftar secara ganda dengan sekolah lainnya. Bila ingin mengetahui adanya kriteria sesuai atau tidak sesuai, Anda bisa melihatnya melalui data Dapodik dengan cara scroll ke bawah.

Anda juga bisa melihat data revisi pada peserta didik tersebut melalui melalui situs vervalpd yakni pada menu residu.

  • Data untuk perencanaan meliputi rencana anggaran sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya BOP PAUD yang sebelumnya telah Anda buat.
  • Data untuk laporan meliputi laporan realisasi yang sesuai dengan rencana anggaran yang telah Anda buat.

3. Cara Membuat Rencana Anggaran Dana BOP

Agar bisa input atau isi data anggaran Anda harus menyiapkan RAD BOP PAUD. Supaya saat Anda tidak mengalami kesalahan daat mengisi Rencana Angaran Dana pada aplikasi BOP.

Bila data telah siap silakan Anda memilih menu data perencanaan lalu scroll ke bawah. Anda akan melihat menu perencanaan yang  berupa:

  • Jenis komponen, meliputi pelaksanaan kegiatan operasional pembelajaran, pelaksanaan kegiatan pendukung pembelajaran serta pemenuhan administrasi satuan pendidikan.
  • Jenis penggunaan, tergantung pada jenis komponen yang Anda pilih.
  • Nama barang/jasa yang telah Anda belanjakan
  • Jumlah barang yang telah Anda belanjakan
  • Satuan
  • Harga satuan

Pada pelaksanaan kegiatan operasional pembelajaran, beberapa jenis penggunaannya meliputi pasir kinetik, bola dunia, kartu gambar binatang, puzzle. Bisa juga berupa replika kendaraan, komponen kendaraan, pakaian adat, alat musik tradisional, peralatan masak, replika makanan.

Serta perlengkapan atau bahan lainnya yang cocok dengan tema dalam pembelajaran dan bermain. Pada pelaksanaan pendukung pembelajaran dalam aplikasi BOP, ragam penggunaannya adalah menyediakan makanan sehat, menyediakan alat deteksi seta tumbuh kembang.

Selain itu melaksanakan pertemuan dengan orang tua anak didik, membayar uang honor. Serta  penyediaan bahan lainnya yang bisa mendukung proses belajar dan bermain anak.

Adapun pemenuhan administrasi satuan pendidikan jenis penggunaan barang dan jasa terdiri dari menyediakan alat administrasi, obat-obatan peralatan kebersihan atau kesehatan. Menyediakan peralatan untuk merawat sarana dan prasarana.

Juga termasuk dalam hal ini adalah menyediakan jasa dan daya berupa listrik, internet, telepon, air. Serta menyediakan alat lain yang berkaitan dengan pendidikan.

Anda harus memasukkan semua data setiap komponen barang atau jasa dalam perencanaan. Setelah selesai silakan Anda simpan hasil input perencanaan Anda,

4. Membuat Laporan Realisasi BOP

Saat Anda telah menyelesaikan data perencanaan, yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah membuat laporan realisasi penggunaan dana pada aplikasi BOP. Mengisi menu laporan sama saja dengan saat Anda mengisi menu perencanaan.

Yakni Anda harus memasukkan jenis komponen, jenis penggunaan dan sebagainya yang sesuai dengan data perencanaan yang telah Anda isi sebelumnya.

Cara Input Laporan Penggunaan Dana Bagi Satuan Pendidikan BOP PAUD

Cara-Input-Laporan-Penggunaan-Dana-Bagi-Satuan-Pendidikan-BOP-PAUD

Adapun fungsi dari pelaporan ini adalah untuk melaporkan penggunaan dana pada Satuan Pendidikan. Tentunya Satuan Pendidikan yang telah menerima dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan atau BOP pada PAUD. Lebih jelasnya berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Sebagai langkah yang pertama adalah buka aplikasi SIMDAK pada laman ini https://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/simdak.
  • selanjutnya masukkan nama pengguna dan sandi yang sesuai dengan akun dapodik kemudian klik tombol masuk.
  • Berikutnya silakan pilih BOP PAUD.
  • Kemudian pilih Penyerapan BOP agar bisa melihat data penyerapan BOP ke satuan pendidikan. Selanjutnya akan muncul data penyerapan BOP yang sudah terisi oleh Admin/Operator Kabupaten.
  • Apabila ada perbedaan pada penerimaan jumlah dana, data peserta didik penerima, dan tanggal penerimaan ke rekening, silakan hubungi admin. Bisa juga melalui operator pada kabupaten kota masing-masing.
  • Bila ingin input pelaporan silahkan pilih Laporan Penggunaan Dana lalu tunggulah beberapa saat sampai muncul format laporan Penggunaan Dana.
  • Selanjutnya untuk memilih data laporan yang akan Anda input pilih Semester kemudian tekan Cari. Silakan tunggu beberapa saat, nantinya akan muncul jumlah dana penyaluran di kolom Penyaluran pada tabel tampilan aplikasi BOP.
  • Silakan input laporan penggunaan dana tiap komponen dengan menekan tombol edit atau ikon berbentuk pensil.
  • Setelah selesai input maka pada tampilan berikutnya akan muncul laporan Rencana Kegiatan Anggaran Satuan.

Cara Verifikasi Rekening BOP PAUD 2021

Cara-Verifikasi-Rekening-BOP-PAUD-2021

Verifikasi rekening BOP sangat perlu agar proses pencairan dana bisa lancar tanpa hambatan. Namun tak sedikit PAUD, TK dan jenjang pendidikan yang setara tidak bisa melakukan verifikasi rekening ini.

Tujuan verifikasi ini adalah untuk mengetahui kebenaran nomor rekening yang ada pada Dapodik dan bank yang terkait. Jika ada perbedaan nomor rekening pada Dapodik PAUD maka pada aplikasi BOP akan muncul pesan status sekolah belum verifikasi.

Karena itu sebaiknya segera perbaiki data pada Dapodik yang terbaru dan sesuaikan dengan rekening sekolah. Berikut adalah cara untuk verifikasi rekening BOP PAUD 2021.

1. Menyiapkan dokumen pendukung untuk proses verifikasi rekening BOP

Satu saja dokumen yang harus Anda siapkan untuk proses verifikasi ini yaitu, buku rekening sekolah. Buku rekening yang akan Anda gunakan sebaiknya yang memiliki nama sekolah. Selain itu perhatikan juga nomor rekeningnya. Gunakanlah nomor rekening yang masih aktif.

Apabila kebetulan nomor rekening sudah tak aktif lagi maka mintalah bantuan dari CS bank untuk segera mengaktifkan kembali nomor rekening.

2. Memperbaiki data rekening sekolah pada aplikasi Dapodik PAUD versi 2022

Saat data pendukung berupa nomor rekening sudah siap, yang harus Anda lakukan berikutnya adalah input nama dan nomor rekening pada aplikasi Dapodik. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama silakan masuk pada aplikasi Dapodik tahun 2022 lalu masukkan email atau nama pengguna dan sandi. Selanjutnya pilih login.
  • Kemudian pilih menu sekolah lalu geser ke bawah. Masukkan data rekening BOP sekolah yang meliputi: nomor rekening, nama bank, cabang kcp dan rekening atas nama. Selanjutnya silakan Anda pilih simpan.
  • Setelah itu kirimkan data yang sudah Anda isi dengan memilih menu validasi dan sinkronisasi pada aplikasi Dapodik versi 2022.

3. Verifikasi Pada Laman Aplikasi BOP / BOS Kemendikbud

Saat melakukan verifikasi pada laman BOP / BOS Kemendikbud yang harus Anda siapkan adalah foto buku rekening BOP sekolah dalam bentuk JPG. Pada foto tertera nomor rekening serta nama rekening sekolah. Setelah itu silakan Anda ikuti langkah berikut:

  • Pertama silakan masuk pada laman BOP/BOS Kemendikbud yaitu pada https://bos.kemdikbud.go.id/
  • Setelah masuk pada laman ini pilihlah login type yakni sekolah kemudian pilih login SSO Dapodik.
  • Silakan Anda masukkan user name / email serta password kemudian pilih masuk.
  • Selanjutnya masuk pada menu upload buku tabungan / giro. Jangan lupa pastikan berkas yang akan Anda upload adalah file yang berukuran tak lebih dari 1 MB. Foto nomor rekening dan nama rekening harus tampak jelas.
  • Kemudian silakan masuk pada menu berikut yakni konfirmasi
  • Saat Anda masuk pada menu ini, Anda harus mengisi data update Apabila ada pergantian nomor rekening atau kesalahan silakan isi kode bank, nomor rekening, nama rekening dan cabang bank.
  • Sebagai langkah terakhir silakan pilih update.

Penggunaan BOP Selama Masa Pandemi

Penggunaan-BOP-Selama-Masa-Pandemi

Melihat kondisi sekarang sedang dalam masa pemulihan akibat pendemi, mungkin banyak yang bertanya bagaimana penggunaan aplikasi BOP selama masa pandemi. Apakah tetap sesuai dengan petunjuk teknis.

Jawabannya adalah ya, selama masa pandemi penggunaan proporsi BOP sesuai dengan peraturan Mendikbud tahun 2020 yaitu pada nomor 20. Yang isinya yakni tidak menggunakan persentase seperti yang ada pada peraturan Mendikbud tahun 2020 pada nomor 13.

Tak hanya itu, selama masa pandemi penggunaan dana BOP juga bisa untuk membayar gaji tenaga honor yang ada pada sekolah. Hal ini berdasar pada peraturan Mendikbud tahun 2020 yakni nomor 13 dan dalam pasal 9 A pada ayat 1.

Hal ini untuk memenuhi beban belanja termasuk sistem mengajar dari rumah selama masa darurat pandemi berlaku. Demikianlah pembahasan mengenai aplikasi BOP. Semoga membantu pemahaman Anda mengenai hal ini.

 

Lihat Juga :

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Aplikasi BOP 2021 Kemendikbud Terbaru Download & Cara Isinya Dari Situs Fikrirasy ID

Sumber : https://rsddrsoebandi.id/aplikasi-bop-2021/

Baca Juga:  Download Kinemaster Pro Tanpa Watermark Full Unlock 2022