5 Tips Sederhana Menyimpan Pisau Dapur Di rumah Agar Tetap Tajam

5 Tips Sederhana Menyimpan Pisau Dapur Di rumah Agar Tetap Tajam

fikrirasy.id – 5 Tips Sederhana Menyimpan Pisau Dapur Di rumah Agar Tetap Tajam. Pisau adalah peralatan dapur yang sering digunakan untuk memotong makanan. Berbagai jenis pisau, dari pisau untuk memotong daging, pisau sayur, dan pisau khusus untuk memotong buah.

Dengan pisau yang bagus, proses pemotongan makanan akan lebih mudah. Oleh karena itu, kita harus memilih pisau dapur yang baik dan merawatnya dengan baik. Jika tidak, pisau akan mudah tumpul dan berkarat.

5 Tips Sederhana Menyimpan Pisau Dapur Di rumah Agar Tetap Tajam

Bagaimana cara Agar pisau tetap tajam dalam waktu lama, perhatikan perawatannya di bawah ini.

1. Bersihkan Pisau Dengan Benar

Setelah menggunakan pisau, cuci dan bersihkan setiap bagian pisau dengan sabun cuci piring. Kemudian, bersihkan pisau sampai benar-benar kering. Hindari menggunakan mesin pencuci piring untuk hasil yang lebih baik.

Jika ada timbangan yang menempel di pisau dapur, olesi dengan minyak sayur. Saat ini, untuk menghilangkan bau ikan pada pisau, Anda bisa membersihkannya dengan pasta gigi.

Lain halnya jika ada getah pohon yang menempel, Anda bisa mengoleskan minyak goreng pada pisau dan diamkan sebentar agar minyak menyerap getahnya. Setelah itu, cuci dan cuci bersih dengan sabun.

2. Simpan pisau di tempat yang kering

Setelah mencuci pisau, letakkan kembali di tempat yang kering dan tidak lembab untuk mencegah karat.

Namun, hindari mencampur pisau dengan peralatan dapur lainnya agar tidak mudah rusak. Sebaiknya sediakan tempat yang aman sesuai dengan jenis dan penggunaannya, seperti berikut ini.

3. Gunakan pisau sesuai dengan fungsinya

Jika kamu menggunakan pisau untuk memotong semua jenis makanan, hentikan kebiasaan itu. Pasalnya, pisau memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda-beda. Misalnya, pisau daging memiliki tingkat ketajaman yang tinggi karena menyesuaikan dengan jenis bahan yang akan dipotong.

Baca Juga:  5 Cara Menjual Foto di NFT OpenSea dan Yang Perlu Anda Ketahui!

Jika kamu menggunakan pisau buah untuk memotong daging, itu dapat merusak pisau dan membiarkan kontaminasi lewat.

4. Mengasah Pisau Secara Teratur

Untuk menjaganya tetap tajam, tentunya kamu harus selalu mengasah pisau kamu. Semakin banyak digunakan, semakin perlu ditingkatkan.

Misalnya, pisau daging perlu dilatih lebih dari pisau sayur dan buah. Sebagai gantinya, pertajam bentuk mata pisau dengan rautan khusus.

5. Gunakan talenan saat memotong

Selain mengasah pisau secara rutin, sebaiknya juga menggunakan talenan saat memotong untuk menjaga kualitas pisau.

Anda dapat memilih dari berbagai jenis papan kayu, seperti plastik, bambu, dan papan kayu. Selain kebersihan yang tepat, memotong makanan langsung di atas meja dapur granit dan marmer akan merusak ujung pisau.

Sekarang Anda tahu cara merawat peralatan dapur dengan benar. Jadi, pastikan Anda memilih pisau dapur yang tajam dan bagus.

Leave a Comment