4 Cara Mengubah SMTP Telkom IndiHome dengan Mudah

kebangkitan-nasional.or.id – IndiHome baru baru ini memberikan pernyataan resmi mengenai protokol standar internet terbaru mereka yang disebut dengan istilah SMTP Telkom IndiHome. IndiHome sendiri pastinya sudah tidak asing bagi hampir semua masyarakat Indonesia.

Pasalnya IndiHome merupakan layanan yang memberikan paket komunikasi lengkap mulai dari telepon rumah, internet hingga layanan tv interaktif yang merupakan produk unggulan dari PT Telekomunikasi Indonesia Tbk.

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai SMTP Telkom IndiHome, pahami betul apa itu SMTP dan fungsinya.

Apa itu SMTP?

Apa-itu-SMTP

SMTP atau lebih lengkapnya adalah Simple Mail Transfer Protocol yang memiliki arti sebagai standar internet untuk transmisi email. Pembaruan SMTP pada 2008 lalu menjadi protokol yang digunakan secara luas saat ini.

Fungsi utamanya sangat berguna sebagai penunjang komunikasi dengan server, tugasnya adalah dengan mengirimkan lokal email untuk dikirimkan ke server yang nantinya akan dilanjutkan menuju server penerimanya.

Proses ini sendiri akan diawasi oleh Mail Transfer Agent yang biasa disebut juga dengan MTA.

Port SMTP email default

Port 25 — Port tanpa dienkripsi

Port 426 — Port SSL / TLS, nama lainnya SMTPS 

SMTP Telkom IndiHome

SMTP-Telkom-IndiHome

SMTP Telkom sejatinya telah memberikan pengumuman resmi terkait TELKOM Speedy yang tidak bisa lagi melakukan pengiriman email melalui email client, seperti Microsoft Outlook, Outlook Express, Thunderbird, Apple mail, dan koneksi lain lantaran port 25 tidak bisa lagi digunakan. Hal ini mengakibatkan gagalnya pengiriman email.

Telkom juga telah memberikan informasi untuk pengguna Telkom Speedy atau Telkom instan hingga layanan Telkom lainnya untuk melakukan perubahan pada pengaturan atau settingan keluar yang awalnya pada port 25 untuk diubah ke port 26.

Untuk IndiHome sendiri tentunya menggunakan port 26. Lalu untuk outgoing dan incoming coba saja switch diubah dengan menyertakan port SSL.

Sertakan hostname server agar tidak terjadi pemblokiran SMTP IndiHome. Karena sudah terjadi di banyak kasus, bahwa IndiHome melakukan pemblokiran port POP3 dan SMTP. Karena memang ada akses port tertentu yang diblokir oleh Telkom.

Solusi paling awal adalah dengan me-restart modem sampai menemukan IP yang tidak ditutup port-nya.

Cara Mengubah Port SMTP

Cara-Mengubah-Port-SMTP

Untuk lebih jelasnya berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengubah port SMTP yang terdapat pada mail clien:

1. Outlook Express

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan klik tools.
  • Lalu beralih ke akun dan pilihlah email account yang digunakan.
  • Lanjutkan dengan memilih properties.
  • Pilih opsi Tab advance lalu ubah SMTIP port menjadi 26 pada bagian outgoing.
  • Tap OK.

2. Microsoft Outlook

  • Pilih opsi menu Tools dan pilih Account Setting.
  • Tap email untuk mengeditnya lalu pilih opsi more setting.
  • Pada opsi Di tab Advance Anda bisa mengubah port 25 menjadi port 26.
  • Klik OK.

3. Mail (Mac OS)

  • Pilih opsi menu Mail lanjutkan dengan memilih opsi Preference.
  • Di bagian Outgoing SMTP Server Anda bisa memilih untuk edit SMTP Server list.
  • Lanjut dengan memilih opsi Tab Advence.
  • Ganti port 25 menjadi port 26.
  • Klik OK.
Baca Juga:  X8 Sandbox Pro Mod Apk Android, iOS & PC Versi Terbaru 2021

4. Mozilla Thunderbird

  • Klik pada menu Tools lalu pilih account setting.
  • Pilih opsi Outgoing Server atau SMTP.
  • Klik edit.
  • Ganti port 25 ke port 26.
  • Klik OK. 

Membahas Lebih Lanjut Mengenai Telkom IndiHome

Membahas-Lebih-Lanjut-Mengenai-Telkom-IndiHome

Bila pelanggan telah menggunakan layanan IndiHome, maka syarat dan ketentuan terkait harus sesetujui dengan adanya tanda tangan kontrak.

Penyandang label tiga layanan dalam satu paket ini menyediakan promo baru dengan harga istimewa. Anda dapat menikmati layanan IndiHome ini mulai dari 275 ribu.

Anda juga bisa memilih paket yang diminati. Adapun jika Anda memilih Paket 2P (internet dan telepon), bisa pilih kecepatan internet sampai 100 Mbps. Tak tanggung-tanggung, IndiHome juga menyediakan penawaran menarik setiap bulannya.

Bisa dibilang jika IndiHome Fiber adalah salah satu layanan digital yang paling direkomendasikan saat ini karena sudah menggunakan teknologi fiber optik. Sehingga memberikan penawaran untuk layanan Triple Play.

Layanan ini terdiri dari telepon rumah murah, internet murah dan juga langganan TV interaktif yang lengkap.

Maka dari itu, banyak dari pengguna IndiHome yang beralih ke fiber IndiHome karena ada banyak keuntungan yang bisa didapat.

Keuntungan Menggunakan IndiHome Fiber

Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah beberapa keuntungan yang akan didapatkan jika menggunakan IndiHome Fiber:

1. Internet fiber

Internet-fiber

Internet memberikan banyak kemudahan untuk Anda dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan. Pasalnya manfaat internet sudah difungsikan secara optimal. Di zaman sekarang, internet banyak mencuri perhatian dari semua kalangan.

Tak hanya itu saja IndiHome juga hadir dengan teknologi internet fiber sehingga memberikan layanan internet dengan koneksi yang tinggi dan stabil. Dan pastinya didukung dengan kualitas terbaik karena memang IndiHome memusatkan perhatian untuk menyediakan kepuasaan bagi konsumen.

Dasarnya, internet fiber memiliki banyak keunggulan lantaran menggunakan teknologi fiber optik. Beberapa keunggulan dari internet fiber sendiri di antara, yaitu cepat, stabil, andal, dan Fikrirasy.ID.

Bagaimana tidak? Internet fiber dilengkapi dengan jaringan fiber optik yang memiliki tingkat kecepatan tinggi hingga 100 Mbps.

Selain daripada itu, sebagai provider terbaik internet fiber memiliki jaringan yang stabil dibandingkan dengan kabel tembaga saat dilakukan akses internet pada waktu bersamaan.

Tahan dengan cuaca apa pun dan merupakan teknologi penghantar data tercanggih dan terbaru menjadi keunggulan yang perlu diperhatikan. Maka dari itu tunggu apa lagi? Segera berlangganan IndiHome Fiber sekarang juga!

2. Telepon rumah

Telepon-rumah

Mungkin para keluarga pun sudah jarang menggunakan telepon rumah. Di era sekarang sudah ada smartphone yang menggantikan telepon rumah. Tapi tidak jarang juga banyak rumah yang masih menggunakan telepon konvensional di rumah mereka sebagai media komunikasi selain smartphone yang mereka miliki.

Alasannya sudah pasti karena biaya yang dikeluarkan kini menjadi lebih murah dan praktis dengan layanan kualitas yang lebih baik karena menghadirkan Fikrirasy.ID yang jernih. Keberadaan telepon di rumah juga sangat berguna

Telepon rumah juga sangat bermanfaat untuk keperluan yang penting. Salah satunya adalah pada perbankan. Apabila Anda mengirim informasi pribadi pada bank, disarankan mengirim menggunakan telepon rumah.

Alasannya adalah agar mereka percaya bahwa informasi ini benar adanya berasal dari Anda. Pasalnya sudah banyak penipuan akibat smartphone tidak dipergunakan sebagaimana seharusnya. Dengan berlangganan menggunakan IndiHome Fiber maka Anda akan mendapatkan layanan telepon gratis.

Tak tanggung tanggung layanan ini diberikan selama 17 jam setiap bulannya yang dapat Anda gunakan untuk telepon lokal maupun interlokal loh.

3. TV Interaktif (IndiHome TV)

TV-Interaktif-IndiHome-TV

IndiHome TV merupakan layanan TV interaktif pertama di Indonesia. IndiHome TV selalu memberikan tayangan berkualitas dan banyak pilihan channel berkelas. IndiHome TV juga memiliki berbagai fitur-fitur Fikrirasy.ID yang dapat memberikan kesan puas untuk Anda.

Baca Juga:  Cara membungkus Twitter untuk tweet kilas balik yang sedang tren di tahun 2021

Ada fitur playback, pause, dan rewind, TV storage, TV on demand, video on demand, hingga karaoke. Berbagai keunggulan itu dapat Anda dapatkan apabila berlangganan IndiHome Fiber. Maka, tunggu apa lagi? Segera berlangganan dan dapatkan berbagai keuntungan menarik.

Persoalan harga, tentunya IndiHome memberikan harga yang terjangkau dengan segudang keuntungan yang bisa didapatkan.

Yakin tidak mau berlangganan? Siaran TV dari IndiHome dapat diputar ulang dalam kurun waktu tujuh hari, lho! Bahkan kini internet pun menjadi lebih stabil dengan kecepatan terbaik. Namun, di balik kelebihan itu pun ada kekurangan yang juga perlu Anda pertimbangkan.

Kekurangan IndiHome

Kekurangan-IndiHome

Selain memiliki kekurangan, pastinya IndiHome Fiber juga memiliki kelebihan yang wajib untuk dipertimbangkan:

1. Netflix Diblokir oleh IndiHome

Netflix yang meluncur perdana pada tahun 2016 lalu, Telkom membarengi aplikasi tersebut dengan melakukan pemblokiran. Bukan hanya Telkom IndiHome saja, tetapi berbagai layanan di bawah Telkom juga memblokir Netflix.

Hal ini sempat menggegerkan pelanggan Telkom. Alhasil mereka berpindah layanan ke perusahaan lain.

Nun, rupanya kini Netflix dapat diakses melalui layanan IndiHome dan beberapa layanan lain milik Telkom group.

Akses ini hasil dari putusan baik lantaran kontroversi. Maka dari itu kini IndiHome menyediakan layanan dual play dan triple play.

2. Paket Internet Unlimited yang Dibatasi

Pada tanggal 1 Februari 2016 lalu, Telkom menerapkan kebijakan Fair Usage Policy (FUP) untuk pelanggannya. Kebijakan FUP merupakan pembatasan akses data usai penggunaan akses internet mencapai jumlah banyak dan dalam rentang waktu tertentu.

Hal ini menjadi masalah karena layanan yang diterapkan FUP adalah layanan tak terbatas alias unlimited. Begitu peluncuran, IndiHome langsung menetapkan kebijakan ini tanpa dirundingkan lebih dulu. Mereka langsung menggunakan kebijakan FUP tanpa adanya sosialisasi. Meskipun benar ada banyak perusahan yang menerapkan kebijakan ini. Namun, tetap saja hal ini dirasa kurang nyaman.

Namun, demikian Telkom menyatakan bahwa IndiHome telah dipesan sebanyak dua ribu setiap harinya. Pelanggan dengan respon terbaik berada di Jabodetabek. Hingga kini pelanggan IndiHome telah mencapai ratusan ribu pelanggan di seluruh Indonesia.

Lalu Telkom juga sukses menghadirkan 4K TV untuk IPTV.

Cara Daftar dan Berlangganan IndiHome

Cara-Daftar-dan-Berlangganan-IndiHome

Produk Telkom yang satu ini memang sedang banyak diminati masyarakat luas. Pasalnya IndiHome memiliki penawaran menarik yang membuat banyak orang tertarik.

Bahkan tak jarang orang-orang yang ingin mendaftar, tetapi tidak tahu caranya. Padahal sangat penting mendaftar sesuai prosedur dari Telkom untuk menghindari adanya oknum yang sifatnya menipu. Entah itu lewat online atau daftar secara langsung.

Namun, sebelum itu Anda harus tahu biaya syarat sebelum berlangganan IndiHome. Salah satunya yaitu Biaya Pasang Baru (BPS) seharga Rp. 75.000 yang ditagih pada bulan pertama pemakaian.

Syarat lain yang tidak kalah penting adalah perihal pemasangan dan setting perangkat IndiHome yang tidak dikenai biaya apa pun alias gratis.

Cara berlangganan IndiHome cukup mudah. Anda bisa melakukan hal ini secara mandiri atau tanpa bantuan dari orang lain.

1. Via Situs Resmi IndiHome

Cara paling praktis adalah mendaftar dengan cara ini. Di situs ini Anda bisa mendapatkan akses untuk segala informasi mengenai IndiHome.

Sebelum mendaftar, pastikan Anda cocok dengan paket yang akan Anda pilih. Karena ini cukup penting kedepannya.

Di situs ini Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar seputar promo terbaru dan promo IndiHome terbaru.

2. Melalui Plasa Telkom

Melalui Plasa Telkom ini Anda akan diminta mengisi berkas yang diperlukan. Setelah pendaftaran diverifikasi, proses berlanjut ke pemasangan perangkat sesuai layanan atau paket IndiHome yang Anda inginkan.

Baca Juga:  Download Minecraft PE dan game berbayar versi demo gratis di Android

3. Via Call Center 147

Untuk Anda yang terlalu sibuk, bisa menghubungi call center tersebut untuk berlangganan IndiHome. Selain menghemat waktu, mendaftar dengan jalur ini juga sangat menguntungkan agar bisa mendapat informasi penting seputar IndiHome.

4. Avenger IndiHome

Avenger IndiHome sendiri memiliki arti sebagai seles yang bertugas untuk menawarkan paket IndiHome pada khalayak umum. Avenger IndiHome juga memberikan akses yang mudah untuk Anda pada saat mendaftar. Hal ini tentunya juga sangat menghemat waktu atau bisa disebut tidak bertele-tele.

Untuk mendapatkannya Anda bisa menemukannya di mall maupun event yang dilakukan oleh Telkom. 

Berikut Perbedaan WiFi.id dan IndiHome

Berikut-Perbedaan-WiFi.id-dan-IndiHome

IndiHome menjadi salah satu layanan digital yang mewadahi lebih banyak produk ketimbang WiFi.id. bulan hanya internet saja, IndiHome juga menyediakan akses telepon rumah dan TV interaktif.

Sebaliknya, WiFi.id tidak memberikan Anda akses telepon rumah dan TV interaktif sebagaimana IndiHome. Dengan kata lain WiFi.id hanya memiliki akses internet saja.

Terlebih lagi, dukungan dari kedua layanan tersebut juga berlainan. WiFi.id bisa diakses oleh publik. Sementara, IndiHome lebih dikhususkan pada pemakaian personal saja. Sehingga jangan heran jika Anda bisa mendapatkan banyak lokasi di tempat umum dengan akses jaringan WiFi.id.

Namun untuk jaringan internet IndiHome hanya bisa didapatkan di rumah pribadi karena merupakan jaringan pribadi untuk perorangan atau rumah.

Kalaupun ada, pelanggan akan menggunakan nama AP (accept point) atau dengan kata lain hospot yang tidak bisa dilakukan WiFi.id. Maka dari itu, IndiHome sendiri mengaku jika layanan yang mereka miliki cenderung akan pas bagi pengguna yang juga membutuhkan akses internet.

Baik untuk di dalam rumah maupun untuk di kator pribadi. Sedangkan WiFi.id sendiri akan leih pas jika digunakan untuk kebutuhan masyarakat yang lebih umum. Seperti di tempat tempat layanan umum dengan benefit layanan dan cara pengaktifan yang berbeda pastinya.

Agar bisa menggunakan layanan IndiHome, Anda harus mengeluarkan kocek yang berbeda di setiap bulannya. Hal ini tergantung produk tambahan yang dipilih.

Sementara, bagi Anda yang berlangganan WiFi.id tidak rrlu sampai mengeluarkan kocek berbeda setiap bulan. Anda cukup membeli paket yang tersedia dengan rentang harga yang lebih murah.

Saat ini ada tiga jenis paket yang bisa dipilih masyarakat. Yaitu paket harian seharga lima ribu. Mingguan seharga dua puluh ribu. Atau bulanan seharga lima puluh ribu.

Anda yang berlangganan IndiHome pun perlu serangkaian proses panjang dalam, mulai dari mendaftar, mengecek ketersediaan, hingga pemasangan alat.

Hal ini akan sangat rumit dari pelanggan WiFi.id. Pasalnya pelanggan WiFi.id hanya perlu membeli voucher pada lokasi AP. Bahkan kini Anda dapat membeli paket WiFi.id melalui dompet digital seperti LinkAja.

Apalagi jika Anda tertarik untuk menggunakan dan ingin memakai WiFi.id maka Anda tidak perlu menyediakan lokasi yang digunakan sebagai tempat pemasangan perangkat. Kecuali jika Anda ingin menyediakan layanan jaringan publik dengan cara melakukan pemasangan WiFi Manage Service.

Sudah menentukan pilihanmu? Akan memilih IndiHome atau produk lain yang terkait?

Apa pun pilihanmu, produknya tetap dari PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Tentunya Anda harus mempertimbangkan segala kelebihan dana kekurangan dari suatu produk dengan bijak.

 

Ulasan kami mengenai SMTP Telkom IndiHome dan beberapa penjelasan mengenai produk IndiHome ini dapat membantu Anda yang merasa kesulitan perihal SMTP IndiHome. Baik itu karena port diblokir atau yang lainnya.

 

Lihat Juga :

Terimakasih Ya sudah membaca artikel 4 Cara Mengubah SMTP Telkom IndiHome dengan Mudah Dari Situs Fikrirasy ID

Sumber : https://kebangkitan-nasional.or.id/smtp-telkom-indihome/