4 Cara Menangkap Screenshot dengan Mengambil Screenshot di Laptop atau PC Windows Anda

Cara screenshot header windows

Gadget – Screenshot atau mengambil screenshot dapat dilakukan di komputer atau laptop berbasis Windows maupun di ponsel, tetapi dengan cara yang sangat berbeda.

Dukungan untuk mengambil screenshot atau mengambil screenshot di komputer berbasis Windows secara khusus dikenal sebagai layar cetak. Fitur ini tersedia di hampir semua versi sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft.

Dukungan print screen di komputer Windows memiliki fitur yang mirip dengan screenshot di ponsel. Dapat digunakan untuk menangkap tampilan layar dari aplikasi, browser, game, hingga antarmuka sistem itu sendiri.

Satu-satunya downside adalah fitur tangkapan layar yang panjang. Namun di luar itu, layar cetak untungnya menawarkan dukungan yang lebih baik daripada tangkapan layar di ponsel, seperti opsi untuk menambahkan hasil langsung ke aplikasi.

Bagi Anda yang belum tahu, ada beberapa cara menggunakan print screen di komputer berbasis Windows, yang biasanya bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Cara mengambil tangkapan layar di Microsoft Windows

Tangkapan layar penuh untuk penggunaan langsung

  1. Buka halaman yang ingin Anda jadikan permanen
  2. ketuk tombol layar cetak di papan ketik
    Cara Screenshot Windows - 1
  3. Buka aplikasi yang ingin Anda tambahkan gambar tangkapan layar.
  4. Jika perlu, letakkan kursor di tempat yang Anda inginkan.
  5. tombol secara bersamaan tombol Ctrl + V atau gunakan menu adonan
  6. Sesuaikan dan simpan sesuai kebutuhan

Tombol Print Screen dicantumkan dengan simbol yang berbeda untuk setiap perangkat, beberapa disertakan sebagai tombol. PrtScr Ada yang menggunakan singkatan. PrtScn.

Jika layar tidak disalin dan menu lain diluncurkan saat Anda menekan tombol Print Screen, coba tekan bersamaan dengan tombol tersebut. FN. Biasanya, dalam hal ini, pengaturan tombol komputer sudah diatur ke fungsi lain.

Cara Screenshot Windows - 3

Simpan otomatis tangkapan layar layar penuh

  1. Kunjungi Lihat untuk melihat tangkapan layar.
  2. ketuk tombol jendela mulai dan layar cetak bersama
    Cara Screenshot Windows - 2
  3. Lepaskan tangan Anda segera saat layar berkedip.
Baca Juga:  Tips menulis esai yang baik dan akurat, jangan salah paham! – Zona Siswa

Cara ini akan otomatis menyimpan screenshot ke dalam folder. film > tangkapan layar. Anda dapat membukanya langsung melalui File Explorer atau menggunakan menu. adonan dalam aplikasi lain.

Jika tombol Print Screen diatur ke fungsi lain, jangan lupa untuk menambahkan tombol Fn juga. Pada komputer yang tidak memiliki kunci PrtScn atau PrtScr, coba ubah kombinasi dengan menekan tombol tersebut. FN + jendela mulai + ruang angkasa.

Tangkapan layar hanya di Windows yang terbuka

  1. Jalankan aplikasi yang diinginkan
  2. tekan tombolnya Alt dan layar cetak bersama
    Cara Screenshot Windows - 4
  3. Jika tidak ada yang muncul, jangan khawatir.
  4. Buka aplikasi yang ingin Anda tambahkan tangkapan layar.
  5. gunakan menu adonan atau tekan tombol Ctrl + V
  6. lanjutkan sesuai kebutuhan

Opsi screenshot ini sama dengan cara pertama yang hasilnya tidak langsung disimpan. Oleh karena itu, Anda akan memerlukan aplikasi tambahan seperti Word atau Paint untuk menyimpannya ke komputer Anda.

Bedanya, screenshot ini tidak mengambil gambar full screen, hanya membutuhkan bentuk aplikasi yang akan dicopy sehingga ukurannya bisa bervariasi tergantung pada jendela yang sedang terbuka.

tangkapan layar dengan alat snipping

  1. Buka tampilan yang ingin Anda screenshot.
  2. kran air ledeng jendela mulai Kemudian cari aplikasi dan buka. alat pemotong
  3. atau gunakan tombol jendela mulai + bergerak + S biar lebih ringkas
    Cara Screenshot Windows - 5
  4. Pilih mode tangkapan layar pilihan Anda
    Cara Screenshot Windows - 6
  5. Seret kursor sesuai dengan mode yang dipilih.
  6. Buka aplikasi tempat Anda ingin menempelkan gambar tangkapan layar.
  7. gunakan menu adonan atau ketuk tombol tombol Ctrl + V
  8. Atau, jika Anda membuka aplikasi Snipping Tool default, menu mengajukan > simpan sebagai Untuk menyimpan hasil secara langsung

Menariknya, opsi screenshot di komputer berbasis Windows tidak hanya berbentuk kotak tergantung tampilan layar atau aplikasinya, tetapi juga bisa dilakukan pada beberapa model lain dengan menggunakan aplikasi Snipping Tools.

Snipping Tool itu sendiri adalah aplikasi Windows asli. Anda memiliki opsi untuk mengambil tangkapan layar dalam mode tampilan yang berbeda seperti persegi, bulat, layar penuh, dan bentuk bebas sesuai kebutuhan.

Terimakasih Ya sudah membaca artikel 4 Cara Menangkap Screenshot dengan Mengambil Screenshot di Laptop atau PC Windows Anda

Dari Situs Fikrirasy ID