Daftar ukuran ID nasional dan internasional (cm,in,px)

KTP sudah menjadi persyaratan wajib bagi pegawai instansi tertentu. Kartu identitas juga berguna di acara-acara untuk membedakan antara penyelenggara dan peserta. Tapi tahukah Anda bahwa ada berbagai ukuran ID card? Beda kegunaan, beda ukuran KTP.

Mengetahui ukuran berbagai jenis KTP sangatlah penting. Apalagi sebelum pergi ke perusahaan percetakan. Jangan bingung, salah pesan KTP. Kartu ID Anda dapat mengacaukan acara Anda.

fungsi ID

Kebanyakan orang masih menganggap bahwa KTP hanyalah kartu identitas. Padahal KTP itu banyak jenisnya. Mulai dari sertifikasi akreditasi hingga sertifikasi profesi. Ada juga banyak jenis dan fungsi kartu ID:

1. Dokumen resmi

dokumentasi resmi

KTP biasanya merupakan dokumen resmi yang menunjukkan identitas seseorang. Misalnya KTP, SIM, Paspor, Visa, Kartu BPJS, dll. KTP resmi dapat digunakan untuk urusan administrasi kependudukan. Misalnya KTP dan Paspor.

2. Bukti Keanggotaan

anggota bukti

Selain status resmi, ada juga KTP yang membuktikan keikutsertaan atau keanggotaan. Indonesia punya banyak contoh. Misalnya kartu anggota supermarket, anggota kursus, anggota minimarket, anggota klub olahraga.

3. Berpartisipasi dalam acara

Acara keikutsertaan

Apakah Anda pernah menghadiri seminar atau acara pendidikan? Salah satu tanda hukum untuk memasuki suatu ruangan adalah memiliki name tag atau ID tag. Telah ditemukan bahwa identifikasi lanyard juga dapat termasuk dalam kategori identifikasi. Begitu juga dengan panitia yang harus memiliki KTP sendiri.

4. Kartu nama

Kartu bisnis

Kartu nama tidak dapat menjadi bukti sah untuk urusan administrasi resmi, seperti tanda pengenal. Namun, kartu nama biasanya digunakan oleh karyawan untuk atasan mereka di perusahaan besar. Kartu nama adalah ID pendek di selembar kertas kecil.

Fungsi kartu nama adalah untuk memberikan informasi yang ringkas dan jelas. Kartu nama biasanya diberikan kepada mitra bisnis atau orang yang berminat. Kartu nama bisa dipermudah nantinya saat orang tersebut ingin menghubungi Anda kembali.

Ukuran kartu ID standar internasional

Ukuran kartu ID standar internasional

Ternyata di dunia internasional juga ada standar ukuran KTP. Biasanya, KTP ini merupakan dokumen penting bagi warga yang bepergian ke luar negeri. Bahkan aturan baku ini sah secara hukum melalui International Organization for Standardization (ISO).

Baca Juga:  Cara Daftar SME Online Gratis 2021

Menurut aturan ISO, ada 4 ukuran standar ID card (KTP) menurut regulasi internasional.

jenis identitas ukuran utilitas umum
kartu identitas tipe 1 85.6×53.98mm Kartu kredit

kartu debit

Kartu Tanda Penduduk (KTP).

SIM

Kartu sehat (seperti kartu BPJS).

Kartu ATM Visa

Kartu ATM biasa atau rekening giro.

kartu identitas tipe II 105x74mm Kartu Tanda Penduduk yang dapat dilipat hampir mirip dengan Kartu Tanda Penduduk 2.

Kartu identitas jenis ini jarang digunakan secara internasional.

Kartu Identitas Tipe III 125x88mm Dokumen internasional dalam format berikut:

visa tinggal

paspor

Kartu identitas tipe IV 15x25mm Ini adalah jenis kartu SIM yang ditemukan di ponsel atau smartphone. Kartu tempat tinggal digital ini dapat ditemukan di negara maju. Identitas warga dapat disimpan di ponsel tanpa harus membawa dokumen fisik.

Ukuran kartu ID standar nasional

Ukuran kartu ID standar nasional

KTP internasional jelas bukan satu-satunya kriteria pembuatan KTP. Indonesia juga punya ukuran sendiri. Ukuran ini biasanya digunakan untuk dokumen tentang persyaratan nasional. Sedangkan di tingkat internasional, standar ISO masih digunakan.

Misalnya, ukuran ID antara negara-negara Asia dan negara-negara Eropa jelas berbeda. Contoh paling mudah adalah ukuran KTP dan SIM. Karena kedua dokumen ini bersifat dokumen nasional, maka masing-masing negara memiliki karakteristik ukuran yang berbeda.

Namun, ukuran antar negara Asia Tenggara umumnya masih serupa. Berikut adalah contoh perbedaannya.

jenis identitas ukuran asia ukuran negara yang berbeda
Indo 90x54mm
(Malaysia, Indonesia, Singapura, Hong Kong, Cina).
85x55mm

(Negara-negara Uni Eropa)

Kartu Tanda Penduduk (KTP) 85×53.98mm

(Indonesia)

85x55mm

(Benua Eropa)

Kartu bisnis 90x55mm

(India, Taiwan, Indonesia, Vietnam, Selandia Baru).

89x51mm

(Belanda, Amerika Serikat dan Kanada)

Ukuran kartu ID untuk kartu nama

Kartu nama ukuran kartu ID

Secara khusus, dalam kasus Indonesia, ternyata ukuran kartu nama juga berbeda. Anda bisa mencetak kartu nama sesuai selera Anda. Namun, biasanya perusahaan percetakan sudah memiliki berbagai ukuran standar. Hal ini berkaitan dengan kenyamanan saat bepergian.

Anda harus memiliki banyak kartu nama di dompet Anda. Jadi kalau terlalu besar akan merepotkan. Jika terlalu kecil, Anda tidak akan dapat membaca teks penting di dalamnya. Sebelum memikirkan desain yang cocok, ada baiknya mengetahui ukurannya sebagai berikut:

Baca Juga:  X8 Sandbox Pro Mod Apk Android, iOS & PC Versi Terbaru 2021
jenis identitas reguler
Identifikasi resmi (misalnya kartu anggota) 85.60 x 53.98mm

(sesuai dengan standar ISO 7810)

kartu nama perusahaan 90x55mm

80x53mm

Ukuran kartu ID standar untuk dicetak

Standar-ID-Card-Size-in-Printing

Ternyata ada perusahaan kertas yang membuat bahan pembuatan KTP. Anda dapat menyebutnya sebagai ID kertas. Anda tidak perlu lagi memotong kertas ini. Ukurannya sangat bervariasi tergantung kebutuhan konsumen. Berikut beberapa ukuran standar menurut produksi pabrik.

jenis kertas ukuran fungsi
Kartu ID Seri B1 10,2 x 6,5 cm Berfungsi sebagai id card panitia yang bisa ditempelkan di lanyard. kebanyakan ukuran ID Sering digunakan dalam seminar, workshop, dll.
Kartu ID seri B2 12,6 x 7,9 cm Bentuk KTP lebih besar.

Tipe B2 dapat menampilkan gambar, teks, dan gambar latar dengan lebih jelas dan lebih besar.

Cocok untuk seminar atau workshop.

Kartu ID Seri B3 12,6 x 9,5 cm ID premium atau khusus.

Biasanya digunakan untuk acara premium perusahaan.

kartu identitas B4 13,5 x 9,5 cm (kertas)

15 x 10.5 cm (ukuran tutup plastik)

KTP ini berguna untuk acara kepanitiaan seperti seminar, workshop, dan pameran.

Ukurannya yang besar dapat menampilkan detail informasi pribadi dan gambar peserta.

Kartu ID seri A1 10×6.8 cm Seri A1 umumnya berguna sebagai kartu ID lanskap.

Ini berfungsi sebagai kartu identitas yang disimpan di tas atau meja (tidak ditanggung peserta).

Kartu ID seri A2 10,6 x 8,2 cm Berguna sebagai tanda pengenal karyawan perusahaan yang dipajang di depan meja kerja. Contohnya seperti KTP teller dan customer service bank.

Cara membuat KTP yang menarik

Mengetahui ukuran kartu ID Anda sangat penting. Karena bagaimanapun juga kami akan mendesain ID card sesuai dengan ukuran standar. Sekarang setelah Anda mengetahui ukurannya, ada beberapa langkah untuk membuat kartu ID Anda.

1. Komposisi desain yang menarik

Menulis - Menawan - Desain

Sebenarnya Anda tidak perlu pergi ke jasa desain grafis untuk membuat KTP pribadi. Anda bahkan tidak perlu menggunakan perangkat lunak pengedit gambar/foto yang bagus. Karena saat ini sangat mudah untuk membuat sebuah desain. Ada tiga jenis perangkat lunak yang tersedia:

  • PowerPoint yang dapat diedit menjadi unik dalam desainnya. Kemudian simpan slide PPT dalam format gambar (.png atau .jpeg).
  • Gunakan layanan desain online seperti Canva. Layanannya sangat mudah dan juga banyak template kartu nama yang bisa Anda copy. Cukup lakukan beberapa pengeditan ringan dan Download hasilnya dalam format .jpg.
  • Bagi yang mahir dalam desain grafis, saya menggunakan aplikasi Coreldraw.
Baca Juga:  Biodata Jungkook BTS, Profil dan Fakta Unik

2. Sisipkan foto diri

masukkan gambar diri

Jika Anda ingin membuat KTP pribadi, sertakan foto Anda sendiri langsung di desain. Namun, kartu ID yang dicetak dengan printer biasa biasanya mengaburkan gambar. Jadi, Anda harus melakukan trik berikut:

  • Siapkan kotak kosong pada bagian kertas ID saat mendesain.
  • Kemudian pilih foto yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda. Printer foto mencetak foto dengan ukuran yang sesuai.
  • Kemudian, tempelkan foto yang dicetak ke kertas ID. Anda dapat menggunakan perekat atau selotip dua sisi.
  • Jika ingin membuat KTP orang lain, gunakan cara yang sama. Kemudian minta peserta atau rekan untuk menyiapkan foto sesuai ukuran.

3. Cetak sendiri

cetak sendiri

Kertas KTP dapat dibeli di toko alat tulis/percetakan. Apalagi jika Anda membutuhkannya dalam jumlah banyak. Kemudian cetak id card sesuai ukuran dengan printer biasa. Namun, juga dapat mencetak pada kertas besar. Begini caranya.

  • Siapkan kertas atau folio ukuran A4.
  • Kemudian buka Microsoft Office.
  • Masukkan desain yang Anda simpan sebagai gambar.
  • Salin dan tempel gambar dan tata letak yang diatur pada halaman 1 (lembar).
  • Pastikan ada cukup ruang untuk memotong kertas.
  • Kemudian cetak dokumen dengan sistem page copy sesuai nomor yang Anda butuhkan.
  • Maka Anda perlu memotong kertas.
  • Anda juga dapat meminta fotokopi untuk memotong kertas ID.

4. Cetak kartu ID pada printer

Pencetakan-Kartu-Kartu-Dalam-Pencetakan

Jika Anda tidak ingin mencetak file desain Anda sendiri, Anda dapat mengirimkannya ke printer. Secara umum, bahkan printer kecil pun sudah menawarkan layanan pembuatan kartu ID. Yang harus Anda lakukan adalah mengirimkan desain Anda ke perusahaan percetakan.

Mohon sebutkan ukuran dan jumlah KTP yang Anda butuhkan. Pilih juga jenis kertas yang diinginkan. Terkadang ada printer yang membuat kertas kartu nama dengan bahan seperti plastik mika.

Mengetahui ukuran ID Anda juga penting untuk rata-rata orang. Mudah didiskusikan saat dicetak. Selain itu, dengan panduan ukuran ini, Anda dapat dengan mudah mendesain kartu nama atau kartu identitas Anda sendiri tanpa membayar jasa desain.

Lihat juga:

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Daftar ukuran ID nasional dan internasional (cm,in,px)

Dari Situs Fikrirasy ID

Sumber : https://officialjimbreuer.com/ukuran-id-card/