15 Aplikasi Edit Foto Terbaik Pro untuk HP dan PC/Laptop

kebangkitan-nasional.or.id – Aplikasi edit foto terbaik untuk HP atau komputer sebenarnya ada banyak dan bisa dipilih sendiri sesuai dengan kebutuhan. Hanya saja tidak semuanya bisa cocok pada komputer ataupun HP sehingga butuh spesifikasi khusus. Itulah kenapa tidak ada salahnya untuk membaca beberapa rekomendasi akan dibahas dalam artikel ini.

Aplikasi akan dibahas bisa digunakan untuk melakukan proses edit foto secara. Artinya, kamu tidak perlu melakukan banyak hal. Khususnya yang terlalu teknikal seperti pada aplikasi penyunting foto lainnya seperti Photoshop atau CorelDraw.

Jadi cukup menggunakan aplikasi sederhana yang bisa digunakan menghasilkan foto dengan kualitas yang baik. Untuk mengetahui aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk melakukan proses penyuntingan baik dari HP maupun komputer bisa disimak di bawah ini.

Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk HP

Aplikasi edit foto yang digunakan untuk HP khususnya Android ada banyak dan bisa diunduh secara gratis. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi edit foto yang bisa digunakan.

1. VSCO Cam

VSCO-Cam

Aplikasi ini biasanya digunakan untuk melakukan proses pemotretan. Selanjutnya foto yang sudah diambil bisa langsung disunting. Biasanya dengan menggunakan beberapa jenis filter. Kamu bisa melakukan penyuntingan dengan mengubah Beberapa elemen sesuai dengan kebutuhan.

Proses penyuntingan yang dilakukan di sini berjalan secara manual dengan mengubah beberapa elemen. Jadi foto yang nantinya dihasilkan bisa lebih sesuai dengan kebutuhan. Meski demikian juga ada proses filter yang dilakukan secara otomatis.

Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di Play Store dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Meski demikian apabila ingin menggunakannya sangat disarankan memiliki ponsel dengan spesifikasi RAM di atas 3 GB dan juga memori internal paling tidak tersisa 3 GB ke atas.

2. Adobe Lightroom

Adobe-Lightroom

Aplikasi Adobe lightroom juga tersedia untuk versi Android. Aplikasi ini dikembangkan oleh Adobe yang sudah terkenal sebagai salah satu produsen dari aplikasi penyuntingan terbaik di dunia. Meski demikian Mereka menyediakan aplikasi ini secara gratis untuk digunakan.

Karena berjalan is aplikasi yang digunakan secara gratis tanpa fitur yang ada di dalamnya tidak akan pelengkap. Beberapa fitur yang biasanya ada pada versi komputer juga dihilangkan. Namun untuk penyuntingan sederhana saja, aplikasi ini sudah cukup dan bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Aplikasi ini membutuhkan memori penyimpanan yang cukup besar dan juga RAM paling tidak 3 GB. Apabila memiliki spesifikasi ponsel di bawah itu kemungkinan besar tidak akan bisa menggunakan aplikasi ini secara maksimal. Bahkan saat dibuka langsung menutup dengan sendirinya.

3. Snapseed

Snapseed

Aplikasi gratis ini adalah salah satu yang wajib dicoba dari beberapa jenis aplikasi edit foto terbaik. Apalagi aplikasi ini memiliki setidaknya 29 alat untuk melakukan proses penyuntingan. Selain itu aplikasi ini juga memiliki kemampuan untuk melakukan penyuntingan berbagai jenis file foto.

Apabila kamu memiliki file foto mentah dalam bentuk RAW yang biasanya ada pada kamera digital. Bisa juga dibuka di sini untuk diolah dan menghasilkan foto dengan kualitas yang sempurna. Itulah kenapa sangat disarankan untuk mencoba aplikasi ini terlebih dahulu.

Berbagai alat yang tersedia pada aplikasi ini bisa digunakan untuk memodifikasi hingga tingkat lanjut. Bahkan hasil foto yang nantinya menjadi output bisa sempurna dan cocok sekali untuk dibagikan ke media sosial. Dengan kemampuan ini tentu membutuhkan RAM dan juga chipset yang sempurna dari ponsel.

Baca Juga:  1000++ nama Cool FF terbaru dan tidak terpakai 2022

Apabila ingin menggunakan aplikasi ini paling tidak memiliki RAM minimal 3 GB. Selanjutnya memori internal juga harus lega. Jika tidak kemungkinan besar akan sulit untuk melakukan modifikasi karena akan macet saat menggunakan alat.

4. Prisma

Prisma

Sedikit berbeda dengan aplikasi yang sudah dibahas sebelumnya. Aplikasi bernama prisma ini memiliki kemampuan untuk melakukan proses edit sesuai dengan filter yang sudah mereka sediakan. Jadi jika menggunakan aplikasi ini kamu tidak perlu melakukan proses penyuntingan foto secara manual.

Setidaknya Mereka menyediakan sekitar 300 filter yang bisa digunakan untuk membuat foto menjadi lebih. Selanjutnya, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membuat foto terlihat seperti karya seni yang sempurna. Semua bisa dilakukan secara instan dan cepat cepat.

Bahkan setiap hari ada lebih dari 1filter terbaru yang mereka rilis. Jadi kamu tidak akan kebingungan apabila ini menggunakan filter apapun setiap harinya. Oh ya, sebagian besar filter yang ada di sini bisa digunakan secara gratis sehingga kamu bisa melakukan edit foto dengan mudah.

5. Polarr

Polarr

Ada 2 kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi ini. Pertama adalah melakukan proses penyuntingan secara manual. Tersedia banyak sekali alat yang bisa digunakan untuk menyunting gambar mentah menjadi gambar yang memiliki kualitas baik. Kamu bisa mengganti banyak hal di sini termasuk warna tinggal latar belakang.

Kelebihan kedua yang bisa dilakukan adalah mampu melakukan proses penyuntingan secara singkat. Tersedia banyak sekali filter yang bisa digunakan secara langsung. Umumnya filter tersebut sudah disediakan oleh aplikasi atau dibuat oleh orang lain sehingga dibagikan secara gratis.

Apabila ingin menggunakan aplikasi ini ada baiknya untuk menyiapkan RAM dengan ukuran yang cukup besar. Jika tidak proses penyuntingan tidak bisa berjalan dengan baik karena sedikit macet saat digerakkan. Itulah kenapa tidak semua ponsel bisa menggunakan aplikasi ini.

6. Picsay

Picsay

Aplikasi bernama Picsay ini digunakan bukan untuk mempercantik tampilan gambar atau foto secara langsung. Jadi tidak bisa digunakan untuk mengedit kontras warna atau sejenisnya. Tetapi masih bisa digunakan untuk memberikan Beberapa elemen pada foto.

Seperti namanya aplikasi ini digunakan untuk menambahkan semacam sticker. Aplikasi menyediakan banyak sekali stiker sesuai dengan kategorinya. Jadi kalian cukup membuka foto atau gambar lalu bisa ditambahkan beberapa elemen lain ke dalamnya sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu juga bisa ditambahkan tulisan atau teks. Teks ini juga bisa diubah-ubah jenis font dan juga warnanya. Jadi aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat postingan untuk keperluan Instagram atau sejenisnya.

7. PicsArt

PicsArt

Aplikasi edit foto selanjutnya yang bisa digunakan adalah PicsArt. Seperti namanya kamu pasti sudah mengetahui jika aplikasi ini digunakan untuk melakukan penyuntingan agar sesuai dengan seni. Jadi foto yang nantinya dihasilkan bisa lebih menarik.

Apabila ingin melakukan proses editing atau penyuntingan dengan menggunakan aplikasi. Kamu bisa memilih sendiri jenis dari file yang dibutuhkan. Normalnya kamu bisa menggunakan file yang digunakan untuk foto atau gambar. Biasanya file dengan ekstensi JPG atau JPEG dan PNG bisa digunakan.

Sementara itu untuk melakukan proses penyuntingan, kamu bisa langsung memilih apa saja filter yang akan digunakan. Ada puluhan filter yang tersedia disini dan bisa langsung dimanfaatkan untuk membuat foto tampak lebih menarik. Prosesnya cepat dan bisa langsung disimpan pada ponsel.

Selain itu kamu juga bisa menambahkan Beberapa elemen lainnya seperti stiker maupun tulisan. Dengan begitu foto yang nantinya dihasilkan memiliki kualitas yang baik dan cocok sekali dibagikan ke media sosial.

Baca Juga:  Boom Live Mod Apk Download Live Streaming Unlocked Room

8. Photo Lab

Photo-Lab

Photo Lab juga merupakan aplikasi yang bisa diandalkan untuk melakukan proses edit foto. Apalagi aplikasi ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan spesifikasinya tidak terlalu tinggi. Jadi, bisa digunakan di berbagai jenis ponsel khususnya yang sudah menggunakan Android versi atas.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk melakukan proses penyuntingan dengan lebih mudah dan juga cepat. Setidaknya aplikasi ini bisa merubah tampilan dari foto menjadi bentuk yang menarik. Filter bisa menjadikan foto jadi tampak seperti lukisan atau tampilan kartun.

Ada puluhan filter yang bisa digunakan di sini secara gratis. Filter ini bisa digunakan untuk menjadikan foto menjadi lebih menarik. Sayangnya koleksi filter ini terlalu banyak sehingga kemungkinan besar kamu akan mengalami bosan.

Selain itu beberapa filter dan juga aset yang ada di sini juga tidak bisa digunakan secara gratis. Jadi tidak bisa digunakan secara maksimal. Kecuali kamu sudah membeli versi premium baru bisa digunakan seluruhnya.

9. Pixlr

Pixlr

Aplikasi bernama Pixlr ini bisa digunakan untuk melakukan proses penyuntingan sederhana hingga ke tingkat lebih tinggi. Proses penyuntingan sederhana bisa dilakukan dengan mengganti warna ataupun dengan membuatnya menjadi redup atau lebih terang.

Sementara itu untuk proses penyuntingan lebih lanjut bisa dilakukan dengan mengganti latar belakang dari suatu foto. Selain itu juga bisa mengubahnya menjadi bentuk lain yang lebih menarik. Intinya filter yang ada di sini bisa digunakan untuk membuat foto menjadi lebih baru.

Apabila ingin menggunakan aplikasi ini kamu tidak perlu menggunakan ponsel dengan spesifikasi yang terlalu tinggi. Ponsel dengan spesifikasi yang sederhana sekalipun masih bisa digunakan. Yang paling penting adalah memori penyimpanan cukup tinggi sehingga kamu bisa melakukan modifikasi banyak foto atau gambar.

10. Canva

Canva

Terakhir dan kemungkinan besar sudah dikenal oleh banyak orang adalah aplikasi bernama Canva. Aplikasi ini bisa digunakan untuk melakukan proses penyuntingan berbagai jenis foto sesuai dengan kebutuhan. Apalagi kanvas juga menyediakan cukup banyak filter dan juga template.

Sebenarnya jika dibilang melakukan proses edit, Canva lebih bisa dibilang sebagai aplikasi untuk memodifikasi gambar agar lebih sesuai dengan kebutuhan. Bisa dibuat menjadi postingan dalam bentuk memanjang seperti Story yang ada pada Instagram dan juga Facebook. Selanjutnya bisa dibuat kotak-kotak untuk instagram.

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi berbayar ini adalah koleksi dari template yang sangat beragam. Jadi kamu bisa langsung menggunakannya lalu mengganti pada bagian foto. Jadi bisa langsung membuat foto yang bisa diposting ke media sosial atau digunakan untuk apapun.

Untuk menggunakan aplikasi ini secara gratis dan juga mendapatkan semua aset yang ada di dalamnya tentu dibutuhkan biaya berlangganan. tetapi untuk proses penyuntingan standar saja sebenarnya tidak perlu sampai melakukan proses berlangganan.

Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk PC

Selanjutnya jika ingin melakukan proses edit dengan menggunakan komputer atau PC, gunakan beberapa aplikasi di bawah ini.

1. Photoscape

Photoscape

Selanjutnya aplikasi edit foto terbaik yang digunakan pada komputer atau PC adalah photoscape. Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis dan kamu bisa langsung download melalui situs resmi atau situs mirror yang terpercaya di internet.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah bisa melakukan proses editing secara menyeluruh. Artinya kamu bisa mengubah warna pada foto hingga melakukan proses pemotongan sesuai dengan kebutuhan. Misal dipotong dengan ukuran tertentu atau dipotong sesuai dengan standar atau rasio yang ada.

Baca Juga:  15 Game Menghasilkan Uang Langsung Dengan Akun Resmi 2021 Terbaru

Aplikasi juga bisa digunakan untuk melakukan kolase dari beberapa jenis gambar. Kamu bisa memilih sendiri bingkai yang nantinya digunakan untuk melakukan proses kolase. Selanjutnya bisa langsung disimpan sesuai dengan kebutuhan.

Saat melakukan proses penyimpanan kamu bisa sekalian melakukan proses Kompres dengan baik. Artinya nantinya gambar yang akan disimpan akan menggunakan ukuran yang asli atau ukurannya dikecilkan sesuai dengan kebutuhan. Jadi file yang dihasilkan bisa memiliki ukuran yang lebih kecil tanpa merusak visual.

2. GIMP

GIMP

Aplikasi edit foto kedua yang digunakan untuk komputer atau PC bernama GIMP. Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis. Bahkan, kamu juga bisa melakukan modifikasi sendiri pada aplikasi berbasis open source ini.

Orang yang bisa menggunakan aplikasi ini adalah mereka yang menggunakan berbagai jenis sistem operasi pada komputer atau laptop. Jadi tidak Hanya mereka yang menggunakan sistem operasi Windows aja, mereka yang menggunakan Linux sekalipun juga masih bisa menggunakannya.

Cara fungsi aplikasi ini tidak ubahnya dengan aplikasi edit foto lain seperti Photoshop. Berbagai jenis penyuntingan bisa dilakukan sehingga foto yang nantinya dihasilkan bisa sempurna. Sayangnya beberapa fitur Kemungkinan tidak ada, tapi untuk proses penyuntingan standar saja sudah.

3. Paintshop Pro

Paintshop-Pro

Apabila ingin menggunakan aplikasi sejenis Photoshop atau aplikasi premium lain dengan harga yang cenderung lebih murah. Paintshop Pro bisa digunakan sebagai salah satu alternatif. Apalagi aplikasi ini bisa didownload dengan lebih mudah melalui internet.

Aplikasi ini memiliki fungsi yang kurang lebih sama layaknya Photoshop atau sejenisnya. Berbagai fungsi untuk melakukan proses penyuntingan tersedia sehingga kamu bisa melakukan manipulasi pada gambar atau foto yang dimiliki dengan lebih mudah dan bebas.

Hanya saja aplikasi ini hanya bisa digunakan pada laptop atau komputer dengan spesifikasi tertentu. Paling tidak memiliki RAM sekitar 4 GB. Selanjutnya, aplikasi juga harus menggunakan versi terbaru agar berjalan dengan lancar.

4. Photo Pos Pro

Photo-Pos-Pro

Aplikasi penyuntingan ini bisa digunakan secara gratis.  Meski demikian fungsi yang ada di dalamnya sangat lengkap termasuk fitur untuk melakukan manipulasi berbagai jenis foto atau gambar.

Meski demikian apabila ingin menggunakan versi yang penuh kamu harus melakukan proses pembayaran. Jika hanya ingin menggunakannya untuk edit standar saja aplikasi versi gratis bisa digunakan.

5. DxO Photolab

DxO-Photolab

Aplikasi terakhir yang bisa digunakan untuk edit foto adalah DxO Photolab. Versi yang terbaru dari aplikasi ini adalah versi ke-4. Sementara itu untuk kemampuan atau fiturnya juga semakin bertambah dari versi sebelumnya.

Aplikasi ini sebenarnya bisa digunakan secara gratis tetapi hanya dalam bentuk trial. Apabila ingin menggunakan versi penuh maka harus melakukan pembelian lisensi. Kamu bisa memberikan lisensi di berbagai situs jual beli online di Indonesia dengan harga yang murah.

Aplikasi edit foto terbaik ternyata tergantung dengan spesifikasi dari gadget yang sedang kamu gunakan. Apabila menggunakan Gadget yang salah maka aplikasi yang baik sekalipun tidak akan bisa digunakan. Itulah kenapa sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan saja.

Selain itu, aplikasi edit foto juga harus disesuaikan dengan apa yang dibutuhkan. Terkadang fitur yang ada di dalamnya tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Jadi daripada memasang aplikasi yang salah ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu kira-kira apa saja fitur yang diberikan.

 

Lihat Juga :

Terimakasih Ya sudah membaca artikel 15 Aplikasi Edit Foto Terbaik Pro untuk HP dan PC/Laptop Dari Situs Fikrirasy ID

Sumber : https://kebangkitan-nasional.or.id/aplikasi-edit-foto/