Pengertian Printer : Sejarah, Cara Kerja, Jenis-Jenis dan Kelebihannya

Pengertian Printer : Sejarah, Cara Kerja, Jenis-Jenis dan Kelebihannya

fikrirasy.id – Printer adalah sebuah perangkat elektronik yang digunakan untuk mencetak dokumen atau gambar dari komputer atau perangkat mobile. Printer telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari karena kebutuhan untuk mencetak dokumen yang sangat tinggi. Namun, sebelum memahami cara kerja, jenis-jenis, dan kelebihannya, mari kita bahas dahulu mengenai sejarah printer.

Sejarah Printer

Sejarah printer dimulai pada tahun 1843 ketika Charles Babbage mengembangkan mesin cetak pertama yang disebut dengan mesin Analytical Engine. Mesin ini dapat mencetak teks dengan menggunakan jari-jari logam yang dipukul oleh martil. Namun, mesin ini tidak pernah dibuat karena keterbatasan teknologi saat itu. Kemudian, pada tahun 1875, E. Remington and Sons mengembangkan mesin cetak pertama yang digunakan untuk mencetak teks pada kertas.

Setelah itu, pada tahun 1951, Xerox Corporation mengembangkan mesin cetak pertama yang menggunakan teknologi fotokopi. Kemudian, pada tahun 1969, Canon mengembangkan mesin cetak pertama yang menggunakan teknologi inkjet. Dan pada tahun 1984, HP mengembangkan mesin cetak pertama yang menggunakan teknologi laser.

Cara Kerja Printer

Sekarang, mari kita bahas mengenai cara kerja printer. Printer dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu printer inkjet dan printer laser. Printer inkjet mencetak dengan menyemprotkan tinta pada kertas melalui ujung-ujung kecil yang disebut dengan nozzle. Sedangkan, printer laser mencetak dengan menempelkan toner pada kertas melalui proses pemanasan.

Jenis-Jenis Printer

Selain itu, ada juga beberapa jenis printer lain yang digunakan untuk keperluan khusus seperti printer 3D, printer thermal, dan printer dot matrix. Printer 3D digunakan untuk mencetak objek tridimensional, printer thermal digunakan untuk mencetak barcode dan label, dan printer dot matrix digunakan untuk mencetak teks dan angka dengan hasil cetak yang sangat baik.

Baca Juga:  Tambah, potong Jalan Trans Kalimantan di lokasi banjir

Kelebihan Printer

Setelah memahami cara kerja dan jenis-jenis printer, sekarang mari kita bahas mengenai kelebihannya. Printer inkjet memiliki kelebihan dalam hal hasil cetak yang sangat baik, sedangkan printer laser memiliki kelebihan dalam hal kecepatan cetak yang sangat tinggi. Printer 3D memiliki kelebihan dalam hal kemampuan mencetak objek tridimensional, printer thermal memiliki kelebihan dalam hal efisiensi dan kemudahan dalam mencetak barcode dan label, dan printer dot matrix memiliki kelebihan dalam hal kemampuan mencetak teks dan angka dengan hasil cetak yang sangat baik.

Selain itu, printer saat ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti wireless printing, mobile printing, dan cloud printing. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mencetak dokumen dari jarak jauh atau dari perangkat mobile mereka.

Kesimpulan

printer adalah perangkat elektronik yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari karena kebutuhan untuk mencetak dokumen yang sangat tinggi. Dengan memahami cara kerja, jenis-jenis, dan kelebihannya, kita dapat memilih jenis printer yang sesuai dengan kebutuhan kita dan meningkatkan efisiensi dalam mencetak dokumen.