Alamat untuk transmisi data, pelajari alamat IP

Pernahkah Anda mendengar istilah alamat IP? Alamat ini sebenarnya sudah tidak asing lagi jika membahas dunia digital. Hampir segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi digital berkaitan dengan alamat IP. Jika Anda tidak tahu alamat ini, Anda mungkin bertanya-tanya apa alamat IP ini. Jadi apa alamat IP? Apa fungsi atau tujuan dari alamat IP? Apakah ada klasifikasi yang membedakan satu jenis alamat IP dari yang lain? Untuk menjawab pertanyaan ini dan untuk mempelajari lebih lanjut tentang alamat ini, mari kita lihat deskripsi alamat IP berikut!

Cari tahu alamat IP Anda

Apa itu alamat IP? Alamat IP atau alamat Protokol Internet mengacu pada alamat yang mengidentifikasi perangkat di Internet atau di jaringan lokal. Alamat tunggal ini biasanya digambarkan sebagai urutan angka yang unik. Jadi tidak semua pengguna perangkat akan memiliki IP yang sama. Jumlah ini terkait dengan setiap aktivitas online yang dilakukan setiap pengguna. Apakah konsepnya mirip dengan alamat yang kita gunakan untuk pengiriman?

Protokol internet dapat mengelola proses penetapan unik setiap perangkat ke alamat IP-nya. Hal ini bertujuan untuk memudahkan dalam melihat perangkat mana yang mengirim, meminta atau meminta informasi.

Sama seperti alamat kehidupan nyata, alamat IP juga berfungsi untuk memastikan transfer data ke lokasi yang benar. Konsepnya sama dengan mengirim surat atau barang melalui pos. Alamat digital juga diperlukan untuk mengirim dan menerima data dan informasi.

Tahukah Anda bahwa alamat IP tidak dibuat secara acak, melainkan dibuat oleh sebuah institusi? Internet Assigned Numbers Authority, atau IANA, biasa disingkat IANA, adalah sebuah divisi dari ICANN atau Corporation for Assigned Names and Numbers yang bertugas secara sistematis menghasilkan angka-angka ini untuk penugasan selanjutnya di Internet.

Baca juga: Anda perlu mengetahui tentang jaringan komputer dan jenis perangkatnya.

fungsi alamat IP

Ingin tahu untuk apa alamat IP sebenarnya? Pada dasarnya, fungsi dari alamat yang satu ini sama dengan yang telah dijelaskan sebelumnya. Tapi itu tidak semua! IP juga memiliki kemampuan untuk menangani koneksi antar perangkat yang mengirim dan menerima informasi melalui jaringan. Alamat IP secara unik mengidentifikasi setiap perangkat di Internet. Komponen tunggal ini juga memungkinkan perangkat komputasi seperti komputer pribadi dan tablet untuk berkomunikasi dengan layanan streaming dan tujuan lainnya.

Baca Juga:  3 Penghargaan Wisuda Sebelumnya: Kumlaud, Magna Kumlaud, Summa Kumlaud

Komputer dan perangkat lain memerlukan alamat IP untuk berkomunikasi dengan perangkat dan jaringan online lainnya. Pemetaan situs web dan transfer data adalah salah satu tujuan atau fungsi lain dari IP. Jika Anda tidak menggunakan IP, internet tidak akan menanggapi permintaan Anda karena tidak ada alamat yang jelas.

IP Anda juga dapat membantu Anda mengatur internet, jadi menyembunyikan, mengubah, dan melindungi alamat IP Anda adalah penting. Juga ditemukan bahwa alamat ini juga dapat mengekspos informasi sensitif. Ini termasuk pelacakan lokasi fisik perusahaan, detail pribadi, dan perilaku online konsumen.

Baca juga: Program CLI untuk mempelajari konektor jaringan sistem komputer

Bagaimana cara menemukan atau melacaknya?

Cara termudah untuk memverifikasi alamat IP Anda adalah dengan menggunakan mesin pencari. Cukup ketikkan kueri seperti “Apa alamat IP saya?” dan mesin pencari akan membantu Anda menampilkannya ke halaman teratas. SERP.

Anda juga dapat menggunakan alternatif lain seperti beberapa situs web. Seperti mesin pencari, situs web membantu menampilkan informasi yang terkait dengan alamat IP Anda. Saat Anda mengunjungi sebuah situs, situs tersebut dapat secara otomatis melihat IP Anda karena router mengirimkan permintaan untuk menampilkan informasi.

Secara default, melakukannya hanya akan menampilkan perkiraan lokasi. Jika Anda melakukan ini, pastikan Anda keluar dari VPN. Mendapatkan alamat lokasi fisik yang sebenarnya untuk alamat IP publik tidak dapat dilakukan tanpa izin dan surat perintah penggeledahan untuk diserahkan ke ISP.

Masuk ke router jika Anda perlu menentukan alamat IP perangkat lain di jaringan. Secara umum, untuk mengakses router gateway, Anda harus dapat memasukkan alamat IP router gateway ke browser web di jaringan yang sama. Misalnya, Anda harus pergi ke Perangkat yang Terhubung dan Anda akan melihat daftar semua perangkat yang saat ini terhubung ke jaringan, termasuk IP mereka.

Baca juga: Tahapan pengembangan perangkat lunak menggunakan metode waterfall

Jenis alamat IP (kelas)

Alamat IP dibagi menjadi beberapa kategori atau kelas. Kategori atau kelas ini juga dibagi lagi menjadi beberapa jenis. Langsung bahas kategori atau kelas alamat IP dan jenis kategori tersebut!

Baca Juga:  Tsunami Tonga tidak datang ke Indonesia

1. Alamat IP konsumen

semua perangkat yang terhubung jaringan internet Saya memiliki alamat IP pribadi. Apakah perangkat memiliki kemampuan Bluetooth, seperti komputer, tablet, ponsel, atau speaker. dengan perkembangan Internet of Things (IoT)Jumlah alamat IP pribadi di rumah Anda dapat meningkat.

Jenis alamat ini adalah alamat utama yang terkait dengan seluruh jaringan. Setiap perangkat memiliki IP unik, tetapi juga milik alamat IP primer jaringan. Alamat IP publik digunakan untuk mengidentifikasi jaringan Anda ke semua perangkat di luar jaringan Internet Anda.

Alamat IP dinamis berubah secara teratur dan otomatis. Secara berkala, ISP menetapkan kembali dan memasukkan alamat IP lama ke dalam kumpulan data mereka untuk digunakan oleh pelanggan lain. Alasan untuk melakukan ini adalah untuk meminimalkan biaya yang terlibat.

IP statis adalah IP yang tergolong konsisten. Setelah jaringan memberikan alamat IP, IP itu akan tetap sama selamanya. Kebanyakan individu dan perusahaan tidak menggunakan jenis IP ini. Namun, ada pengecualian untuk bisnis yang ingin melakukannya. hosting server Penting untuk memiliki IP statis.

2. Alamat IP bersama

Situs web yang mengandalkan paket hosting bersama penyedia layanan hosting biasanya dihosting di server yang sama. Jadi website yang menggunakan paket shared hosting juga akan memiliki alamat IP yang dibagikan. Ini adalah kasus untuk situs web individual karena volume lalu lintas dapat dikelola dan dibatasi oleh banyak faktor.

3. Alamat IP khusus

Beberapa paket hosting web biasanya memberi Anda opsi untuk membeli alamat IP khusus. Tentu saja, ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan sertifikat SSL dan mengaktifkan serta menjalankan server Anda. Protokol Transfer File (FTP).

kesimpulan

Alamat IP adalah komponen digital yang penting. Selain untuk mengirim data, alamat IP juga dapat digunakan untuk melacak perangkat lain di jaringan Anda. Alamat IP juga dapat dilacak ke perkiraan alamat sebenarnya jika tidak dilindungi dengan benar. Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan alamat IP dengan cara apa pun, pertimbangkan kembali apa risikonya jika Anda tidak hati-hati menggunakannya.

Disediakan oleh Sekawan Media Layanan Pengembangan Aplikasi Web, aplikasi seluler, Situs webDan integrasi sistem Membantu Anda mentransformasikan bisnis Anda secara digital. Hubungi Pemasaran untuk penawaran khusus.

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Alamat untuk transmisi data, pelajari alamat IP

Baca Juga:  Drone taksi katak Indonesia akan dipamerkan di Expo Dubai

Dari Situs Fikrirasy ID